Setiap orang pastinya membutuhkan makanan sebagai asupan untuk tetap menjaga stamina tubuh. Sudah menjadi hal yang mutlak bahwasannya tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas disertakan dengan serat dan gizi. Pertanyaannya adalah bagaimana sih, cara mengatur pola makan sehat? agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Pola makan yang tidak sehat tentu akan menimbulkan berbagai masalah pada tubuh. Tertutama tubuh akan mudah terserang penyakit dikarenakan pola asupan makanan yang tidak teratur dan bergizi. Nah, jadi sudah sangat penting untuk menjaga pola makan sehat agar fungsi dari tubuh dapat bekerja dengan maksimal.

Cara mengatur pola makan sehat tidaklah sulit kok, hanya saja harus ada pengaturan pola makan yang dibuat. Bukan hanya itu saja komitmen juga perlu dibuat agar pola makan sehat tetap berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat.

Dampak Pola Makan Tidak Teratur

pola makan tidak teratur
Pola makan yang tidak teratur, sumber: orami.co.id

Menjadi hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi pada diri Anda. Mengenai damapak dari pola makan tidak teratur yang akan berakibat pada kesehatan tubuh. Untuk membuat Anda semakin peduli dengan kesehatan tubuh berikut ini beberapa dampak pola makan tidak teratur diantaranya:

1. Masalah Gangguan Penceranaan

Gangguan pencernaan terjadi akibat dari menurunnya kinerja efek termal pada tubuh. Efek termal merupakan energi yang digunakan untuk membantu dalam proses pencernaan dan meyerap zat gizi. Sehingga sudah dapat dipastikan jika pola makan yang tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang rendah gizi. Akan menyebabkan gangguan pencernaan pada tubuh.

Sedikit informasi bahwa pencernaan merupakan mesin dari tubuh untuk mengolah berbagai gizi dari asupan yang dikonsumsi. Pengolahan dari pencernaan akan berkerja kurang lebih selama 8-10 jam. Jadi, selalu pastikan bahwa tubuh Anda menerima asupan gizi sesuai dengan ritme sirkadian. Agar tidak terjadi masalah pencernaan yang akan berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Berat Badan Mudah Bertambah

Kebiasaan dari pola makan tidak teratur ditambah dengan jenis makanan yang minim kandungan gizi. Akan membuat tubuh mudah untuk mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Jelas hal ini akan sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, dimana akan lebih mudah terseran penyakit obesitas.

Masih berkaitan dengan ritme sirkadian tubuh dimana, pola makan yang tidak teratur mengakibatkan kinerja dari ritme sirkadian menjadi terganggu. Gangguan tersebut terjadi pada ritme pemberi sinyal lapar dan kenyang tubuh. Salah satu indicator yang paling mudah terlihat adalah tubuh akan sering merasakan lapar. Sehinga memicu untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

3. Meningkatnya Kadar Gula Darah

Bisa menjadi pengetahuan baru bagi Anda, bahwa setiap kali selesai makan pankreas akan melepaskan hormon insulin yang berguna untuk mengikat glukosa dalam darah dan menstabilkan. Dimana akan dialirakan ke tubuh yang akan digunakan sebagai sumber energi.

Kebiasaan dari pola makan tidak teratur dan jenis makanan yang dikonsumsi memiliki kadar gula darah tinggi. Akan membuat gula darah dalam tubuh cepat meningkat. Jelas hal ini akan memicu terjadinya penyakit diabetes pada tubuh.

4. Mudah Terserang Berbagai Penyakit

Resiko terserang berabagai penyakit jika tidak menjaga pola makan sehat dan teratur sangtalah besar. Jika dilihat memang hal ini terlihat sepele namun, akan beradampak pada sistem pencernaan. Bukan hanya itu dapat juga mengganggu peredaran darah, sistem hormone, dan sistem tubuh lainnya.

Jadi, usahakan jangan menyepelehkan pola makan sehat dan teratur. Agar kesehatan tubuh Anda akan tetap terjaga dan tidak mudah diserang berbagai penyakit. Karena jika tubuh sudah terserang penyakit, tentunya akan mengjabat berbagai aktivitas yang dilakukan.

Cara Mengatur Pola Makan Sehat

panduan gizi seimbang
Panduan Gizi Seimbang, sumber: publichealth.hscni.net

Jika sering mendengar sebuah slogan “4 Sehat 5 Sempurna” yang menjadi tagline dari pola makan sehat. Kini slogan tersebut tidak digunakan lagi untuk menjadi tolak ukur dalam mengatur pola makan sehat. Dengan terus berkembangya zaman maka, diganti dengan “Pedoman Gizi Seimbang” atau bisa disingkat  (PGS).

Dalam PGS mengatur pola makan sehat yang harus dicukupi untuk kebutuhan tubuh sehari-hari. Dengan menggunakan PGS akan sangat membantu untuk mencukupi berbagi sumber gizi yang terdapat pada makan. Sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menerapkan pola makan sehat.

Lalu bagaimana cara mengatur pola makan sehat agar tetap menjaga kondisi tubuh tetap fit?. Untuk itu Anda bisa menyimak caranya berikut ini

1. Sarapan Tepat Pada Waktunya

Jangan menganggap bahwa sarapan dilakukan hanya ketika perlu saja untuk makan pagi. Jika melihat dari fungsi sarapan pagi adalah untuk memberikan tubuh stamina sebelum memulai berbagai aktivitas dalam sehari. Dimana tubuh memerlukan asupan energi dari makanan untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Perlu diperhatikan juga makanan yang hendak dikonsumsi pada saat sarapan pagi. Hindari makan berat seperti nasi dan makan tinggi karbohidrat. Pilihlah makan yang kaya serat dan protein agar mencukupi asupan gizi tubuh pada pagi hari. Disisi lain bertujuan untuk mencegah resiko dari berbagai penyakit, seperti diabetes.

2. Lebih Banyak Mengkonsumsi Air Putih

mengkonsumsi air putih
Mengkonsumsi air putih, sumber: klikdokter.com

Mengkonsumsi air putih tentu sudah bukan hal yang baru untuk Anda ketahui. Tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup agar tidak mudah dehidarasi akibat kurangnya cairan. Perlu diperhatikan juga bahwa setiap tubuh masing-masing orang kebutuhan akan air berbeda-beda. Tak perlu dipermasalahkan, cukup Anda penuhi standar minimal untuk mengkonsumsi air yaitu, 8 gelas per hari.

Kurangi megkonsumsi minuman yang berwarna dan memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Hal ini bukan hanya menganggu sistem pencernaan tapi, juga akan meningkatkan gula darah dan kelebihan berat badan. Jadi, lebih aman jika mengkonsumsi air puith yang lebih banyak.

3. Memilih Makanan yang Tinggi Serat

Pola makan sehat juga ditentukan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung tinggi serat bisa dikatakan menjdi menu wajib yang harus ditambahkan. Dengan memilih jenis makanan yang mengandung serat akan menjaga kualitas kesehatan tubuh. Salah satu contohnya adalah melancarkan sistem pencernaan pada tubuh.

Jenis makanan yang tinggi akan serat seperti nasi merah, roti gandum, kacang merah, dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi makan yang mengandung serat akan membantu mengurangis resiko terserang penyakit kronis salah satunya penyakit jantung.

4. Banyak Mangkonsumsi Buah dan Sayur

Kandungan yang terdapat pada buah dan sayur tentu kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Pola makan sehat yang Anda jalankan jangan sampai terlewat untuk memasukannya kedalam menu makan sehari-hari. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur akan membantu dalam memenuhi kebutuhan energi dalam sehari.

Ada satu kandungan lagi pada buah dan sayur yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. kandungan tersebut adalah antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi resiko dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

5. Hindari Makan yang Terlalu Berlebihan

dampak makan berlebihan
Makan yang terlalu berlebihan, sumber: sehatq.com

Mengkonsumsi makan yang berlebihan tentu merupakan salah satu hal yang tidak baik bagi tubuh. Dimana tubuh sudah memiliki kapasitas dalam menerima berbagai asupan yang akan diolah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan. Dampak yang ditimbulkan jika mengkonsumsi makanan yang berlebih adalah akan mengganggu sistem pencernaan tubuh.

Jika Anda yang masih merasa lapar setelah makan, bisa mencoba untuk menunggu kira-kira 10 menit. Biarkanlah tubuh untuk mencerna dari asupan yang dikoinsumsi dan makanlah lagi dengan secukupnya. Dengan bagitu berbagai resiko berbagai gangguan kesehatan dapat dihindari.

6. Mengkonsumsi Makanan yang Tinggi Flavonoid

Mungkin bagi Anda yang belum mengetahuinya, Flavonoid adalah salah satu jenis atioksidan yang banyak terkandung dalam berbagai jenis buah. Tidak semua buah memiliki kandungan flavonoid hanya beberapa saja seperti apel, sirsak, belimbing wuluh, dan lainnya. Dengan terpenenuhinya antioksidan akan membantu tubuh dalam menangkal berbagai radikal bebas yang akan menyebabkan gangguan pada kesimbangan kekebalan tubuh.

Untuk memenuhi antioksidan pada tubuh Anda, kini sudah ada British Propolis suplemen yang juga memiliki kandungan flavonoid alami dari lebah hitam pilihan. Untuk manfaatnya sudah dirasakan oleh banyak orang yang terbukti dalam menjaga kesehatan tubuh. Sehingga tak perlu repot-repot untuk mencari makanan yang mengandung flavonoid.

Itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai cara mengatur pola makan sehat. Semoga apa yang telah Anda baca dapat membantu dalam menerapkan pola makan sehat. Karena kesehatan sangatlah penting untuk selalu dijaga jadi, jangan bosan untuk hidup sehat.

Open chat
Konsultasi via WA?