British propolis adalah salah satu merk yang juga bisa merupakan jenis dari propolis dilihat dari tempat asalnya. Karena lebah yang terdapat di berbagai negara yang ada di dunia berbeda-beda sehingga berbeda pula propolis yang dihasilkan. Bagaimana cara mengkonsumsi propolis agar memperoleh khasiatnya secara efektif?

Dengan mengetahui cara mengkonsumi propolis dengan benar, efek samping penggunannya juga dapat dihindari. Karena tubuh manusia berbeda-beda bahkan ada juga yang alergi terhadap ekstrak alami dari sarang lebah yang satu ini. Nah, simak informasi seputar propolis dan cara mengkonsumsinya berikut ini.

Seputar Propolis

Keberadaan propolis ternyata bukan baru-baru ini saja. Meskipun produk British Propolis Ippho Santosa memiliki tampilan yang modern. Namun ternyata bahan alami yang didapat dari lebah ini sudah ada sejak masa yang lampau. Bagaiaman sejarahnya?

Sarang Lebah, sumber : Fatih Kitchen
Sarang Lebah, sumber : Fatih Kitchen

Dilansir dari wikipedia, Awalnya, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan mengawetkan mumi. Dalam dunia kedokteran Arab, propolis diidentifikasi oleh Ibnu Sina sebagai malam yang berwarna gelap, sebagai sisa kotoran dari sarang. Sementara malam yang berwarna bening dikenali sebagai bahan untuk membuat sarang.

Malam yang berwarna gelap ini diketahui memiliki sifat membersihkan. Namun tertulis juga dalam catatan Ibnu Sina, jika dicium akan menyebabkan bersin. Bangsa Asiria kuno mempercayai propolis sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor. Sementara Bangsa Yunani menggunakannya untuk mengobati bisul.

Dalam pengobatan tradisional Georgia, ditemukan salep yang mengandung propolis untuk mengobati beberapa penyakit. Propolis digunakan untuk bayi yang baru lahir atau diusapkan kepada mainannya. Propolis juga digunakan untuk mengobati kutil, jika terjadi gangguan pernapasan, dan juga dalam kasus luka bakar dan angina. Manfaat propolis bisa ditelusuri dari sifat antimikrobanya.

Begitu banyak klaim pengobatan tradisional yang menggunakan propolis, namun khasiatnya di era modern belum bisa sepenuhnya dibuktikan. Karena itu, jika berminat dan ingin mengkonsumsi bahan alami dari lebah ini secara rutin, ikuti terus perkembangan informasinya dari sumber yang terpercaya.

Flavonoid

Bagi Anda yang memilih British Propolis sebagai suplemen harian, tentu harusnya sudah familiar dengan kandungan flavonoid di dalamnya. Manfaat flavonoid ini ternyata penting untuk menjaga kebugaran tubuh bahkan saat situasi pandemi seperti yang terjadi sekarang ini. Simak berbagai informasinya berikut ini.

Ilustrasi Sistem Imun, sumber Kompas Health
Ilustrasi Sistem Imun, sumber Kompas Health

Flavonoid adalah senyama kimia yang bisa didapatkan pada tumbuh-tumbuhan. Terdapat lebih dari 2000 senyawa flavonoid yang berasal dari tumbuhan yang telah terindentifikasi. Inilah definisi flavonoid dilihat dari zatnya. Sedangkan sebagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, pembahasannya berbeda.

Flavonoid adalah zat yang serupa dengan antioksidan. Jika sudah familiar dengan antioksidan, maka pasti akan memiliki gambaran bahwa zat ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun tentu saja, tetap ada hal negatif yang juga harus dihindari jika mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini karena kondisi tubuh dan takarannya.

Menurut situs alodokter, beberapa manfaat flavonoid yang bisa ditemukan diantaranya :

  • Sebagai bantuan untuk meningkatkan efek vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.
  • Dapat membantu mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.
  • Dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.
  • Diduga mampu meningkatkan suasana hati Anda yang diakibatkan oleh gangguan mood, mudah marah, dan beberapa hal yang menandai adanya depresi.
  • Berdasarkan data yang ada, mengonsumsi flavonoid diduga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Studi mengenai manfaat flavonoid tersebut sejauh ini masih banyak yang terbatas pada studi terhadap hewan. Data dari penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini kemungkinan dapat mengurangi risiko terkena kanker, penyakit jantung, asma, dan juga stroke. Tetapi data ini masih perlu didukung dengan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Cara Mengkonsumsi

Cara mengkonsumsi propolis berbeda tergantung kebutuhan setiap orang. Jika dibutuhkan untuk mengobati bagian dalam tubuh maka cara pemakaiannya akan berbeda dibandingkan untuk mengobati bagian luar tubuh. Lantas, bagaimana cara mengkonsumsinya dengan benar?

Manfaat dan Khasiat Produk ini diantaranya membantu bekerja melawan bakteri, virus dan jamur, membantu mengatasi luka ringan, jerawat, sariawan, herpes, membantu mengatasi masalah amandel. Sebagai obat kumur yang membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan peradangan setelah operasi mulut.

British Propolis, sumber Tokopedia
British Propolis, sumber Tokopedia

Selain itu juga untuk membantu meredakan inflamasi (radang), membantu mengatasi sakit gigi, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lebih tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Membantu proses penyembuhan berbagai penyakit dengan cara memperbaiki fungsi organ tubuh. Jika dikonsumsi sebagai suplemen, British Propolis dapat membantu menambah nafsu makan pada anak serta menambah tenaga.

Lantas, apa keluhan yang Anda rasakan sehingga Anda mengkonsumsi propolis? Jika Anda mengkonsumsi propolis untuk mengobati gangguan seperti virus, bakteri dan jamur di dalam tubuh, teteskan 5 – 7 tetes pada air hangat. Konsumsilah dengan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

Untuk anak usia 5-12 tahun: Teteskan 2-3 tetes British Propolis ke dalam 50 ml air hangat. Minum 2x sehari pagi dan malam dengan dosis serupa. Anak dibawah usia 5 tahun: Teteskan 1-2 tetes British Propolis ke dalalam 1 sendok teh air hangat, minum 1x sehari. Sedangkan penggunaan untuk wanita hamil, bayi dibawah usia 2 tahun, dan manula diatas 60 tahun, maksimal 2 tetes 2 kali sehari.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara mengkonsumsi propolis untuk kebutuhan Anda? Silahkan berikan jawabannya di kolom komentar ya. Semoga informasi ini dapat membantu dan simak terus berbagai ulasan lainnya di halaman ippho.com.

Open chat
Konsultasi via WA?