Cara mengobati amandel secara alami adalah metode yang paling aman bagi para penderita penyakit ini. Namun tentu saja tidak selalu cara mengobati amandel secara alami ini menjadi metode satu-satunya. Lantas, bagaimana petunjuk metode yang tepat untuk mengobati amandel?

British Propolis yang merupakan propolis dari lebah dikenal sejak lama bahkan sejak zaman mesir kuno sebagai salah satu herbal yang dipakai untuk pengobatan alami. Termasuk cara mengobati amandel secara alami juga melalui salah satunya propolis. Namun perlu ada petunjuk dari dokter seputar penyakit yang dialami sehingga diizinkan untuk memilih menggunakan cara ini.

Informasi Seputar Amandel

Menurut beberapa situs informasi dokter, amandel adalah reaksi tubuh atas hal tertentu sebagai bentuk pertahanan atau sistem imun. Amandel biasanya terjadi pada anak-anak dan bagi orang dewasa fungsi pertahanan dengan reaksi amandel ini sudah tergantikan. Lantas, bagaimana cara mengobati amandel secara alami?

Amandel Pada Anak, sumber Liputan 6
Amandel Pada Anak, sumber Liputan 6

Radang amandel atau tonsilitis adalah kondisi di mana terjadi peradangan akibat infeksi pada tonsil. Tonsil atau amandel yang berada pada bagian belakang tenggorokan ini merupakan kumpulan kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai penyaring untuk menjebak kuman yang masuk ke saluran napas. Tonsil juga memproduksi antibodi untuk melawan infeksi. Namun, tonsil sendiri juga dapat terinfeksi.

Tonsilitis umum terjadi pada anak-anak dan mudah kambuh. Meski demikian, seiring dengan bertambahnya usia di mana sistem kekebalan tubuh semakin kuat, perlahan tugas tonsil untuk melindungi tubuh dari infeksi mulai tergantikan. Saat tonsil sudah tidak lagi bertugas, organ ini perlahan akan menyusut.

Radang amandel sering kali disebabkan oleh virus, namun tidak menutup kemungkinan bisa disebabkan oleh bakteri. Penularan bakteri atau virus pada penyakit amandel ini terjadi melalui kontak langsung. Misalnya saat tanpa sengaja memegang permukaan yang telah terkontaminasi virus atau bakteri. Serta tanpa sengaja turut menghirup udara yang dikeluarkan oleh pengidap radang amandel.

Virus penyebab radang amandel diantaranya yaitu Rubeola, merupakan virus penyebab campak; Adenovirus, merupakan virus penyebab diare; Enterovirus, merupakan virus penyebab penyakit mulut, kaki dan tangan; Influenza, merupakan virus penyebab flu; Rhinovirus, merupakan virus penyebab pilek.

Radang amandel ditandai dengan membengkaknya amandel dan muncul rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, radang amandel juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti Suara serak, Demam, Bau mulut, Batuk, Sakit kepala. Berdasarkan lama gejala yang dirasakan, tonsilitis ini bisa dibedakan menjadi tonsilitis akut (kurang dari 2 minggu) dan tonsilitis kronis (lebih dari 2 minggu).

Diagnosa Radang Amandel

Amandel, sumber Tribun Jogja
Amandel, sumber Tribun Jogja

Sebelum menggunakan cara mengobati amandel secara alami, perlu ada diagnosa dari dokter seputar seberapa parah penyakit yang sudah muncul. Karena jika sudah terlalu parah, bahkan dokter perlu melakukan operasi dan tidak lagi cara mengobati amandel secara alami dapat dilakukan. Nah, bagaimana diagnosa dokter yang pernah dilakukan?

Dokter dapat menentukan diagnosis radang amandel dari gejala dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan fisik bertujuan melihat langsung ke bagian dalam belakang tenggorokan untuk menilai kelenjar tonsil. Terkadang, dokter akan mengambil sampel usap tonsil untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan darah di laboratorium bisa diperlukan untuk memastikan kondisi lain yang dialami oleh penderita radang amandel.

Berbagai Cara Pengobatan Radang Amandel

Menurut situs klikdokter.com, terdapat beberapa cara pengobatan radang amandel alami, maupun cara lainnya. Setidaknya ada dua penyebab dari radang amandel. Nanti dokter akan mendiagnosanya kemudian menentukan metode yang tepat untuk mengobatinya.

Pengobatan radang amandel atau tonsilitis tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi virus, tubuh harus melawan sendiri infeksi tersebut.

Beberapa hal dapat dilakukan agar membantu proses penyembuhan, seperti istirahat yang cukup, minum air hangat atau yang sangat dingin untuk melegakan nyeri tenggorokan, makan makanan yang halus atau lembut, menggunakan vaporizer atau humidifier di kamar. Selain itu juga dengan berkumur dengan air garam hangat, menghisap tablet hisap, mengonsumsi obat nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Pada peradangan yang disebabkan bakteri, dibutuhkan antibiotik untuk mengobati radang amandel. Walaupun dalam beberapa hari gejala sudah membaik. Penting mengonsumsi antibiotik sampai habis untuk mencegah resistensi.

Minuman Untuk Mengobati Amandel, sumber SINDONews
Minuman Untuk Mengobati Amandel, sumber SINDONews

Cara pengobatan amandel secara alami dapat ditempuh setelah diagnosis oleh dokter mengizinkannya. Seperti menggunakan herbal dan bahan alami lainnya semisal british propolis. Jika setelah didiagnosis ternyata tidak bisa diobati dengan obat, maka harus dibedah.

Pembedahan untuk mengangkat seluruh kelenjar tonsil atau tonsilektomi mungkin diperlukan ketika tonsilitis yang sering kambuh, tonsilitis yang persisten atau tidak sembuh, tonsilitis yang menutup jalur napas, tonsilitis yang membuat penderita sulit makan.

Tonsil adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, jadi proses tonsilektomi tidak akan dilakukan jika tidak ada indikasi. Tonsilektomi dapat dilakukan secara tradisional menggunakan pisau bedah atau laser, gelombang radio, ataupun kauter.

Operasi tonsilektomi dilakukan dalam pembiusan umum dan berlangsung dari 30–45 menit. Biasanya penderita yang menjalani tindakan ini dapat pulang ke rumah 4 jam setelah operasi dan akan sembuh total dalam waktu 10 hari. Pasca operasi, penderita dapat mengalami nyeri tenggorokan, telinga, rahang dan leher, demam dan sedikit perdarahan dari hidung atau air liur. Obat demam dan anti nyeri akan membantu proses pemulihan.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar cara mengobati amandel secara alami serta berbagai informasi lainnya yang terkait. Apakah referensi ini membantu Anda? Silahkan berikan jawabannya di kolom komentar ya. Simak terus berbagai informasi lainnya di ipphoright.com.

Open chat
Konsultasi via WA?