Tubuh pada umumnya memerlukan yang namanya glukosa untuk kebutuhan energi pada tubuh. Sumber glukosa dperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi. Namun, kelebihan glukosa pada tubuh akan menyebabkan penyakit diabetes atau gula darah. Diabetes adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh meningkatnya gula di dalam darah. Lalu, bagaimana cara mengobati penyakit diabetes?

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai penyakit diabetes yang tentunya menjadi penyakit paling banyak dialami oleh warga Indonesia. Salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes adalah berkurangnya produksi insulin pada tubuh. fungsi dari insulin adalah mengantarkan glukosa ke dalam sel-sel tubuh.

Diabetes dikatakan sebagai penyakit kronis dikarenakan, dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan oleh gula darah yang tinggi sehingga, menyebabkan kerusakan pada otak. Dalam penobatan diabetes ada cara yang dapat dilakukan yaitu, pengobatan jika sudah semakin parah dan pendekatan tanpa pengobatan jika baru terjadi gejala ringan.

Penyebab Penyakit Diabetes  

faktor penyebab diabetes
Mengkonsumsi makan manis, sumber: halodoc.com

Jika dilihat lebih dalam lagi penyakit diabetes disebabkan oeh gangguan dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh tidak dapat membuat glukosa darah ke dalam sel. Sehingga terjadi penumpukan glukosa pada tubuh dan yang menyebabkan terganggu kinerja dari sistem organ tubuh lainnya.

Penyakit diabetes dikenal dengan dua tipe yaitu, tipe 1 dan tipe 2. Dimana tipe 1 disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, sehingga bukannya menyerang virus atau bakteri melainkan menyerang sel pengahsil insulin. Sedangkan untuk tipe 2 diesebabkan oleh insulin yang dihasilkan oleh tubuh tidak dapat digunakan secara normal.

Banyak faktor yang menyebabkan diabetes pada seseorang. Faktor yang paling banyak terjadi disesbabkan oleh pola makan tidak sehat dan teratur. Ditambah juga faktor ginetik keluarga yang pernah ada riwayat terkena penyakit diabetes. Masih banyak lagi faktor lainnya yang menyebabkan penyakit diabetes.

Gejala Jika Terkena Penyakit Diabetes

gejala penyakit diabtes
Gejala penyakit diabetes, sumber: p2ptm.kemenkes.go.id

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan jika terkena penyakit diabetes. Gejala yang dialami pada setiap orang berbeda-beda tapi, pada umumnya hampir sama. Hal yang akan dirasakan pertama kali adalah peningkatan rasa haus, peningkatan frekuensi buang air kecil, kelelahan terus menerus, gangguan penglihatan, dan terjadinya infeksi terus menerus (pada bagian kulit dan gusi).

Gejala ini akan dirasakan baik untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2 dimana, bisa menjadi indicator bahwa tubuh terkena penyakit diabetes. Untuk wanita akan mudah dilihat jika mulai adanya infeksi pada bagian area vagina. Jadi, selalu waspada jika mulai adanya faktor-faktor penyakit diabetes untuk segera berobat atau menanyakan dokter.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes

mengobati penyakit diabetes
Makanan rendah gula, sumber; liputan6.com

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit diabetes yaitu, cara alami dan cara pengobatan. Jika penyakit diabetes yang dialami sudah mencapai tingkat 4 (kategori parah) disarankan untuk berobat dan berkonsultasi ke dokter. Namun, jika penyakit diabetes yang dialami baru berupa gejala bisa dilakukan dengan cara alami.

Tentu dengan menggunakan cara yang alami akan membantu dalam pengeluaran biaya pengobatan. Cara mengobati penyakit diabetes seperti ini bisa juga dilakukan baik untuk tipe 1 dan 2. Berikut ini cara yang bisa diikuti untuk meminimalkan dan mencegah dari komplikasi penyakit diabetes diantaranya:

1. Membatasi Asupan Kalori

Tujuan dari membatasi asupan kalori untuk mengurangi terjadinya diabetes dan mengidap penyakit diabetes dalam kurun waktu yang lama. dengan mengkonsumis makanan yang seimbang akan membantu dalam proses penyembuhan bagi para penderita penyakit diabetes.

Komposisi yang dianjurkan karbohidrat: 60-70 persen, protein: 10-15 persen, dan lemak: 20-25 persen. Semua komposisi ini adalah untuk mencukupi kalori harian yang dibutuhkan sesuai dengan cakupan gizi yang baik.

2. Memilih Jenis Bahan Makan Rendah Gula

Jika memilih bahan makanan untuk memenuhi energi dalam sehari haruslah diperhatikan kadar gula yang terkandung di dalamnya. Jangan sampai kadar gula yang terkandung melebihi batas kebutuhan gula bagi tubuh yaitu, 300 mg per hari.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan yang namanya sumber lemak. Untuk memilih makan yang kaya akan sumber lemak bisa memilih bahan nabati. Dimana kandungan yang terdapat dalam bahan nabati terdiri dari asam lemak jenuh dan tak jenuh.

Sebagai bahan pencukupan gizi dalam sehari bisa memilih sumber protein yang berasal dari hewani dan nabati. Banyak kandungan protein yang terdapat pada bahan makanan tersebut seperti ikan, ayam, tahu, tempe, dan masih banyak lagi.

3. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Serat

Bagi para penderita penyakit diabetes sangatlah penting untuk memperhatikan asupan serat bagi tubuh. Jumlah serat yang harus dipenuhi minimal 25 gr per hari untuk dapat membantu penyerapan lemak pada tubuh.

Jenis makan yang kaya akan serat adalah buah-buahan dan sayur. Selain mengandung serat yang tinggi buah dan sayur juga kaya akan sumber vitamin. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

4. Olahraga Dengan Teratur

Jarang dari pendirita diabetes yang mengetahui bahwa dengan olahraga teratur membantu dalam proses peyembuhan. Kini telah ada dokter olahraga untuk melakukan konsultasi mengenai jenis olahraga yang cocok bagi penderita diabetes.

Biasanya jenis olahraga yang disanrankan adalah olahraga yang ringan. Dimana gerakan yang dilakukan tidaklah berat dan menyulitkan salah satu contonya seperti jalan sehat. Manfaat olahraga teratur bagi penderita diabetes adalah membantu dalam menjaga kadar gula darah tetap normal

5. Memperbanyak Minum Air Putih

Kandungan yang terdapat dalam air putih yang netral sangatlah baik dalam menstabilkan gula darah dalam tubuh. terutama bagi para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk memperbanyak air putih ketimbang minuman kemasan. Selain mencegah dari cepatnya dehidarasi, mengkonsumsi air putih juga akan sangat membantu membuang kelebihan gula melalui urine.

Jadi, selalu sediakan air putih kemana saja pergi dalam beraktivitas. Hindari minum kemasan yang mengandung glukosa buatan yang akan membuat penyakit diabetes semakin parah. Jangan lupa untuk konsumsi air putih secara teratur agar gula dalam darah tetap terkontrol.

6. Mengkonsumsi Obat Herbal

Jika Anda penderita penyakit diabetes dan kurang cocok dengan obat-obatan kimia. Bisa mencoba berbagai obat herbal yang kaya akan manfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Kini telah banyak produk obat herbal dalam mengobati penyakit diabetes. Sehingga tidak akan sulit dalam menemukannya.

Salah satu obat herba yang direkomendasikan bagi para penderita diabetes adalah British Propolis. Untuk manfaatnya tidak perlu ditanyakan lagi dan dapat mengobati berbagai jenis penyakit selain diabetes.

7. Mengontrol Tingkat Stress

Terkadang tak dapat dihindari bagi para penderita penyakit diabetes merasakan yang namanya stress. Biasa hal ini disebabkan dari sakit atau efek yang ditimbulkan dari diabetes yang dialami. Rasa sakit yang diakibatkan infeksi pada bagian anggota tak jarang membuat stress.

Ketika stress hormon glukagon dan kortisol disekresi yang akan berdampak pada kenaikan gula darah. Untuk dapat menghindari terjadinya stress ada anjuran dari studi yang telah dilakukan. Dimana untuk mengurangi atau mencegah stress dapat dilakukan dengan olahraga, relaksasi, dan meditasi. Salah satu kegiatan yang bisa dikatakan sangat baik untuk mentrol stress adalah yoga.

8. Mengecheck Secara Rutin Gula Darah

Ini merupakan salah satu cara bagi para penderita untuk dapat mengendalikan penyakit diabetes. Dengan melakukan pengechekan gula darah secara rutin akan membantu memonitor asupan glukosa yang dikonsumsi. Sehingga akan ada penyesuaian terutama untuk makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Agar membantu untuk mengetahui perkembangan kadar gula darah, bisa untuk dicatat setiap kali melakukan pengechekan. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengatur pola makan dan pola hidup sehat yang sedang dijalani dalam proses penyembuhan penyakit diabetes.

9. Menjaga Kualitas Tidur

Bagi para penderita diabetes penting untuk dapat menjaga kualitas tidur. Dimana dengan menjaga kualitas tidur yang baik dan sesuai dengan waktu untuk beristirahat. Akan sangat membantu dalam mengendalikan insulin dalam tubuh dalam mengontrol gula dalam darah.

Dampak yang akan dialami jika tidak dapat menjaga kualitas tidur dengan baik. tentu akan mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar koristol. Dimana kedua hormon ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengontorl kestabilan gula dalam darah.

10. Menambah Asupan Magnesium dan Chromium

Jenis makanan yang memiliki kandungan magnesium dan chromium akan mencegah dan membantu dalam mengobati penyakit diabetes. Dimana dengan mengkonsumsi makanan dengan kandugan tersebut akan membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam jangaka panjang.

Untuk mendapatkan makanan dengan kaya akan kandungan magnesium dan chromium. Bisa memilih jenis makanan seperti produk biji-bijian, kacang-kacangan, sayur, dan buah. Selalu untuk pastikan asupan makanan yang tinggi akan magnesium dan chromium dapat dipenuhi dalam sehari. Bukan hanya memenuhi kebutuhan akan mineral, protein, dan kalsium.

Terkena penyakit diabetes tentunya merupakan hal yang tentuny tidak ingin terjadi. Maka dari itu, selalu peduli akan kesehatan tubuh dan tetap selalu terapkan pola hidup sehat dan teratur. Agar penyakit diabetes dan jenis penyakit lainnya tidak mudah menyerang tubuh.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna. Terutama bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes mudah-mudahan dapat membantu dan semoga lekas sembuh.

Open chat
Konsultasi via WA?