Aktivitas yang dijalani sehari-hari tentu dilakukan saat tubuh dalam kondisi optimal dan sehat. Karena tanpa tubuh yang sehat maka, segala aktivitas tidak dapat dijalani sebagaimana mestinya. Ada cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat diikuti agar tidak mudah terserang penyakit. Melakukan pencegahan lebih awal merupakan tindakan yang harus bisa diambil.

Mungkin tanpa Anda sadari kegiatan sehari-hari yang dilakukan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Namun kegiatan tersebut yang dilakukan belum optimal, sehingga perlu adanya keseriusan dalam menerapkannya. Semua dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan dan usia.

Jadi, dengan menjaga kesehatan tubuh akan membantu Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan mudah. Terserang penyakit tentu, tidak ingin dirasakan oleh semua orang. Melakukan pencegahan dan konsisten dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Menjadi salah satu kunci berhasilnya Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa disimak dan diikuti diantaranya:

1. Mengkonsumsi Makan Bergizi

jenis makanan sehat
Jenis makanan sehat, sumber: detik.com

Makan merupakan sumber energi bagi tubuh namun, bisa juga sebagai sumber dari penyakit. Hal ini bisa dialami jika mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Sehingga penting untuk Anda dapat mengatur dan memilih makanan dengan kandungan gizi yang seimbang.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang masih sulit dilakukan oleh sebagian orang. Tapi, dengan mulai adanya berbagai makan bergizi yang disajikan secara mudah dan menarik. Tentu akan membuat Anda yang masih sulit mengatur pola makan, menjadi mudah untuk mengkonsumsi makanan bergizi.

Berbagai makan bergizi yang bisa Anda konsumsi seperti sayuran hijau, ikan segar, buah, umbi-umbian, dan lain sebagainya. Semua jenis makan tersebut dapat dijumpai dengan mudah baik di pasar tradisional dan supermarket.

2. Mengkonsumsi Vitamin

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menjaga kesehatan tubuh. Perlu ada tambahan asupan sebagai pendamping dari makan yang menjadi sumber energi untuk tubuh. asupan pendamping tersebut adalah vitamin yang sangat baik bila dikonsumsi secara rutin. Jenis vitamin yang direkomendasikan adalah vitamin D untuk tetap menjaga sistem kekebalan tubuh.

Disamping itu Anda juga bisa mengkonsumsi jenis vitaminnya yang memiliki kandungan manfaat yang banyak. Jenis vitamin tersebut seperti British Propolis merupakan suplemen makan herbal yang berasal dari lebah pilihan. Dengan mengkonsumsinya kesehatan dan kondisi tubuh Anda akan terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Terkadang tanpa disadari tubuh akan mudah dehidrasi dimana, terjadi karena kekurangan air putih. Sehingga akan membuat mudah cepat merasakan haus dan membuat tubuh mudah lelah. Meminum air putih sudah menjadi salah satu rutinitas yang wajib untuk dilakukan agar tubuh tidak mudah kekurangan cairan.

Jadi, selalu pastikan bahwa air putih yang dikomsumsi minimal 8 gelas per harinya (2 liter). Ukuran tersebut merupakan hitungan cairan yang dubutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Kurangi konsumsi minuman kemasan atau tidak sehat yang akan membuat tubuh mudah terserang penyakit.

4. Mengkonsumsi Teh Hijau

Teh hijau, sumber: alodokter.com

Salah satu jenis teh yang memiliki kandungan dan manfaat yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Teh  hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dapat juga membantu dalam menurunkan tekanan darah dan mengurangi penyakit kardioviskular.

Jika Anda suka minum teh atau bahkan ingin mencobanya menjadi kebiasan rutin. Ada baiknya jika memilih teh hijau sebagai minumannya. Selain sehat bisa juga membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

5. Menjaga Kualitas Tidur

Tubuh memerlukan istirahat yang berkualitas agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Waktu tidur yang baik adalah minimal 8 jam agar tubuh dapat recovery dari berbagai kegiatan yang dilakukan dalam sehari. Dengan tidur yang berkualitas akan membantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu dalam kondisi sehat.

Jadi, usahakan Anda dapat mengatur waktu tidur dan aktivitas dengan seimbang. Agar tubuh tidak mudah merasa lelah dan terserang penyakit. Kualitas tidur menjadi penting untuk diatur dan dijaga agar tidak mudah capek dan merasa lelah saat beraktivitas.

6. Olahraga Teratur

Berolahraga, sumber: klikdokter.com

Aktivitas tubuh yang satu ini tentu sudah menjadi kebiasan orang dalam menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya tubuh menjadi lebih sehat tapi, juga membau dalam kebugaran. Olahraga yang terarur dapat mencegah dari berbagai serangan penyakit kronis dan peradangan.

Banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih sesuai keinginan atau yang mudah untuk dilakukan. Karena di zaman sekarang olahraga bukan hanya dilakukan diluar rumah. Akan tetapi, di dalam rumah pun Anda masih tetap bisa berolahraga.

7. Menjaga dan Mengelola Stress

Kesehatan tubuh juga dapat disebabkan dari tingkat stress yang tinggi dan tidak terkontrol. Hal ini biasanya terjadi akibat dari stress yang berkepanjangan. Sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi melemah dan mudah terserang penyakit.

Jadi, perlu bagi Anda untuk dapat menjaga dan mengelola stress dengan baik. Jangan sampai strees yang dialami terjadi dalam waktu yang lama. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol tingkat stress salah satunya dengan olahraga yoga.

8. Hindari Makan Junk Food

makanan junk food
Junk food, sumber: nypost.com

Salah satu jenis makanan yang kini telah banyak dikonsumsi sebagai makan sehari-hari. Tentu hal ini boleh saja dilakukan namun, apakah baik bagi kesehatan tubuh?. Jawabannya tentu tidak jika dikonsumsi secara berlebihan dan setiap harinya. Sebab makan junk food memiliki kadar lemak yang tinggi dan minim protein.

Tidak salah jika Anda ingin merasakan makanan junk food. Tapi hal yang perlu diingat adalah jangan dikonsumsi secara berlebihan dan menjadi makanan sehari-hari. Agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

9. Menjaga Kebersihan

Diri dan lingkungan yang bersih akan mencerminkan sebagai bentuk kesehatan yang dirasakan. Dengan menjaga kebersihan tentu kondisi tubuh akan selalu dalam keadaan optimal dan tidak mudah terserang penyakit. Menjadi perilaku dan kebiasan yang baik jika bisa dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk dari menjaga kebersihan. Contohnya seperti bersih-bersih, mencuci tangan, buang sampah pada tempatnya, dan yang lainnya. Karena kebersihan adalah pangkal dari kesehatan.

10. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Menolak minum alkohol, sumber: okezone.com

Sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang berbagai penyakit jika mengkonsumsi alkohol. Hal ini terbukti lewat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam di Journal Clinical and Vaccine Immunology. Dalam jurnal tersebut memberikan informasi bahwa alkohol dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Usahakan Anda jangan sampai kecanduan atau bahkan mengkonsumsi alkohol jika ingin tubuh tetap sehat. Karena kesehatan sejatinya berasal dari sesuatu yang baik dan bersih. Sehingga berbagai penyakit tidak dapat meyerang tubuh dengan mudah.

Itulah cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda dalam memahaminya. Salam sehat

Open chat
Konsultasi via WA?