Propolis diyakini sebagai bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu produk yang dikenal adalah British Propolis Ippho Santosa yang saat ini telah memiliki banyak sekali reseller di seluruh Indonesia. Namun apakah kita sudah mengetahui betul apa sebenarnya bahan alami yang didapat dari lebah ini?

Biasanya, yang dimanfaatkan dari lebah adalah madu. Madu dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh manusia. Karenanya, banyak diantara kita yang mengkonsumsi madu secara rutin dan merasakan manfaatnya. Namun ternyata terdapat zat lain yang diproduksi oleh kerja lebah yang juga diyakini manfaatnya yaitu propolis.

Informasi Seputar Propolis

Keberadaan propolis ternyata bukan baru-baru ini saja. Meskipun produk British Propolis Ippho Santosa memiliki tampilan yang modern. Namun ternyata bahan alami yang didapat dari lebah ini sudah ada sejak masa yang lampau. Bagaiaman sejarahnya?

Dilansir dari wikipedia, Awalnya, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan mengawetkan mumi. Dalam dunia kedokteran Arab, propolis diidentifikasi oleh Ibnu Sina sebagai malam yang berwarna gelap, sebagai sisa kotoran dari sarang. Sementara malam yang berwarna bening dikenali sebagai bahan untuk membuat sarang.

Malam yang berwarna gelap ini diketahui memiliki sifat membersihkan. Namun tertulis juga dalam catatan Ibnu Sina, jika dicium akan menyebabkan bersin. Bangsa Asiria kuno mempercayai propolis sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor. Sementara Bangsa Yunani menggunakannya untuk mengobati bisul.

Lebah Madu, sumber : The Hallucinareal
Lebah Madu, sumber : The Hallucinareal

Dalam pengobatan tradisional Georgia, ditemukan salep yang mengandung propolis untuk mengobati beberapa penyakit. Propolis digunakan untuk bayi yang baru lahir atau diusapkan kepada mainannya. Propolis juga digunakan untuk mengobati kutil, jika terjadi gangguan pernapasan, dan juga dalam kasus luka bakar dan angina. Manfaat propolis bisa ditelusuri dari sifat antimikrobanya.

Begitu banyak klaim pengobatan tradisional yang menggunakan propolis, namun khasiatnya di era modern belum bisa sepenuhnya dibuktikan. Karena itu, jika berminat dan ingin mengkonsumsi bahan alami dari lebah ini secara rutin, ikuti terus perkembangan informasinya dari sumber yang terpercaya.

Kandungan dalam Propolis

Propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia. Kandungan terbanyak adalah senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan dan penyakit di dalam tubuh manusia. Salah satu senyawa polifenol ialah flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Namun, komposisi propolis tidak selalu sama di seluruh dunia. Sebab, kandungan propolis sangat ditentukan oleh lokasi lebah, serta jenis pohon dan tumbuhan di suatu negara. Alasan inilah yang membuat para ahli cukup kesulitan dalam menyimpulkan manfaat propolis bagi kesehatan.

Sebagai contoh adalah British Propolis Ippho Santosa. Dilihat dari namanya, propolis ini berasal dari lebah yang hidup di Negara Inggris. Sehingga segala kandungan alaminya berasal dari bermacam tumbuhan dan makhluk lainnya yang dimanfaatkan oleh lebah. Selain dari Inggris, banyak propolis yang juga bersumber dari peternakan lebah yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Manfaat Untuk Kesehatan

Propolis mendapatkan karakter kesehatannya dari kemampuannya menekan pertumbuhan bakteri, virus dan fungi, serta kemampuannya meredakan inflamasi (radang). Beberapa percobaan terhadap tikus memperlihatkan propolis mampu memperbaiki pemulihan luka bakar, luka kecil, infeksi, peradangan, sakit gigi, dan herpes kelamin. Namun hasil penelitian ini masih mentah karena beberapa penelitian masih dalam skala kecil.

Ilustrasi Berbagai Produk Lebah, sumber Tribunnews
Ilustrasi Berbagai Produk Lebah, sumber Tribunnews

Menurut situs U.S. National Library of Medicine, pengobatan yang mungkin bisa efektif dengan propolis adalah herpes di mulut, herpes kelamin, dan mempercepat penyembuhan serta mengurangi radang dan rasa sakit setelah operasi mulut. Sementara untuk manfaat lainnya seperti seriawan, TBC, infeksi, kanker mulut dan tenggorokan, memperbaiki imunitas, borok, penyakit perut dan pencernaan, common cold, luka, radang, dan kondisi lainnya, masih terlalu sedikit bukti yang didapatkan.

Menurut situs alodokter, Beberapa kondisi yang kemungkinan dapat diatasi dengan propolis:

1. Luka melepuh di sekitar bibir (cold sore)

Luka melepuh di sekitar bibir ini disebut juga cold sore, diduga bisa diobati dengan propolis. Mengoleskan propolis pada lepuh tersebut diperkirakan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

2. Herpes Genital

Propolis juga diduga dapat membantu penyembuhan luka herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensional seperti obat oles acyclovir. Tapi, pernyataan ini masih perlu diuji ulang untuk pembuktian lebih lanjut.

3. Obat Kumur

Mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dan peradangan setelah operasi mulut.

Efek Samping Penggunaan Propolis

British Propolis Reguler
British Propolis Reguler, sumber Ippho.com

Sebaiknya berhati-hati menggunakan propolis apalagi jika Anda menderita asma. Beberapa ahli percaya bahwa sejumlah bahan kimia dalam propolis dapat membuat asma makin memburuk. Demikian juga bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk lebah, sebaiknya hindari propolis.

Untuk Anda yang memiliki penyakit atau gangguan perdarahan, sebaiknya juga berhati-hati menggunakan propolis. Sebab senyawa dalam propolis kemungkinan memperlambat proses pembekuan darah. Dengan alasan yang sama, propolis sebaiknya tidak dikonsumsi sekitar dua minggu sebelum tindakan operasi. Bagi ibu hamil dan menyusui, lebih baik menghindari penggunaan propolis, karena belum terbukti keamanannya.

Propolis memang memiliki kemungkinan mengatasi beberapa macam penyakit. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi propolis, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan atau penyakit tertentu.

Semoga informasi ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memilih produk British Propolis Ippho Santosa. Disamping adanya bukti manfaat, namun pasti tetap ada efek sampingnya. Itulah yang dapat membuat kita bijak dalam memilih produk untuk kita konsumsi. Terima kasih sudah menyimak!

Open chat
Konsultasi via WA?