Tubuh tentu tidak selamanya dalam kondisi sehat dan bugar umur. Ditambah dengan terus bertambahnya usia yang akan mempengaruhi kekuatan dari sistem imun tubuh. Dengan kata lain tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit dan akan meganggu kesehatan. Apakah Anda sudah mengetahui jenis penyakit kronis?

Jika mendengar kata kronis tentu yang terbayang dipikiran Anda adalah jenis penyakit berbahaya. Apa yang dipikirkan itu benar adanya karena, jenis penyakit kronis membutuhkan pengobatan dan peyembuhan yang cukup lama. Maka, dari itu teruslah untuk menjaga pola hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit terutama penyakit kronis.

Perlu untuk Anda ketahui juga bahwa penyakit kronis terkadang tidak menimbulkan gejala. Sehingga kebanyakan dari mereka yang terkena penyakit kronis baru mengetahuinya ketika kondisinya mulai memburuk. Ini menjadi salah sastu catatan penting untuk selalu mengechek kondisi tubuh ke dokter jika sistem imun tubuh mulai menurun.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja sih? jenis penyakit kronis yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Berikut ini beberapa penyakit kronis yang bisa disimak penjelasannya diantaranya:

1. Gagal Jantung

gagal jantung
Gejala dari gagal jantung, sumber: tribunnews.com

Heart failure atau gagal jantung adalah kondisi saat kinerja jantung melemah. Sehingga tidak bisa memompa darah secara baik atau normal ke seluruh tubuh. Jenis penyakit kronis ini disebabkan oleh hipertensi, anemia, dan penyakit jantung.

Dampak yang akan dirasakan oleh tubuh ketika mulai terkena peyakit gagal jantung adalah sesak napas. Berbeda dengan penyakit pernafasan asma diamana, sesak nafas yang dirasakan disertai dengan rasa nyeri pada dada.

Jika telah terkena dampak dari penyakit gagal jantung tubuh akan mudah merasa lelah. Serta ditambah dengan adanya pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki. Sayangnya hal ini semua terjadi secara tiba-tiba atau tidak adanya gejala awal yang akan dirasakan. Sehingga perlu adanya antisipasi lebih awal jika sudah merasa kesehatan tubuh sudah mulai tidak normal.

2. Kanker

Simbol kanker, sumber: detik.com

Jenis penyakit kronis yang mempunyai catatan tingkat kematian yang tinggi. Inilah penyakit kanker muncul secara tiba-tiba tanpa adanya gejala dan biasanya baru diketahui ketika sudah mencapai stadium lanjut. Untuk penyebab utamanya kanker disebabkan oleh perubahan (mutasi) genetik pada sel di dalam tubuh.

Kanker pada umumnya memiliki beberapa jenis sesuai dengan tempat tumbuh dan berkembangnya. Salah satunya adalah kanker payudara yang terjadi pada sekitar area payudara wanita. Penyakit tersebut juga menjadi penyakit kanker yang banyak diderita oleh kebanyakan wanita.

Gejala yang akan dialami ketika sudah terkena kanker bervariasai. Tetapi pada umumnya gejala yang dialami pada penderitanya sama. Untuk gejala yang akan dirasakan diantaranya: nyeri pada salah satu anggota tubuh, penurunan berat badan yang drastis, deman yang berulang, dan muncul bejolan.

Jadi, jika sudah mulai mengalami gejala kanker segera untuk ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Hal ini juga bertujuan agar kanker yang sudah dialami tidak cepat berkembang. Sehingga untuk proses penyembuhan bisa lebih cepat dan tidak menganggu sistem kesehatan tubuh lainnya.

3. Hipertensi

hipertensi
Tensi darah, sumber: heilpraxisnet.de

Tekanan darah tinggi atau dalam dunia medis disebut dengan hipertensi. Penyakit ini terjadi akibat meningkatnya tekanan darah di dalam tubuh. untuk mengetahui terjadinya penyakit hipertensi tekanan darah di atas angka 130/80 mmHg. Ketika tekanan darah diukur dan menunjukan angka tersebut maka, segera untuk melakukan perawatan dan pengobatan.

Jika tidak tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit kronis lainnya. Bisa juga sampai mengancam nyawa sehingga, jangan anggap remeh bila sudah tekena penyakit hipertensi. Karena penkait tekanan darah juga dikenal dengan sebutan silent killer atau penyakit yang membunuh secara diam-diam.

Ada dua jenis penyakit hipertensi yaitu, primer dan sekunder. Untuk hipertensi primer belum diketahui penyebabnya dengan pasti. Sedangkan untuk hipertensi sekunder disebabkan oleh adanya penyakit ginjal, sleep apnea, dan kecanduan alcohol.

Untuk mencegah dari penyakit hipertensi rutimlah ke dokter atau pelayanan kesehatan untuk mengechek tekanan darah. Dengan rutin melakukan pengechekan akan membantu mencegah terkena dari penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. Diabetes

diabetes
Pengechekan kadar gula darah, sumber: unair.co.id

Penyakit yang hampir diderita oleh kebanyakan orang di Indonesia. Diabetes juga termasuk kedalam jenis penyakit kronis karena, gejalanya akan terjadi secara tiba-tiba. Seperti yang sudah diketahui bahwa diabetes diakibatkan dari tingginya kadar gula di dalam darah.

Tingginya kandungan glukosa dalam darah dikarenakan sel tubuh tidak dapat menyerap dengan baik. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh. Salah satu dampak yang akan jelas terlihat dan dirasakan adalah adanya luka pada bagian tubuh akibat terjadinya infeksi kulit.

Penyakit diabetes terbagi dalam dua jenis yaitu, tipe 1 dan tipe 2. Untuk tipe 1 diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh meyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin. Sedangkan untuk tipe 2 diakibatkan dari sel-sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin.

Mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi. Karena gula dalam darah meningkat diakibatkan kinerja dari insulin yang tidak berfungsi secara normal. Kini telah banyak produk makanan dan minuman yang rendah gula yang bisa menjadi pilihan untuk hidup sehat.

5. Stroke

stroke
Dampak dari stroke, sumber: hellosehat.com

Terakhir ada penyakit stroke yang disebabkan adanya kerusakan pada jaringan otak. Hal ini diakibatkan terputusnya aliran darah sehingga, berkurangnya suplai darah ke otak. Jaringan otak dapat bekerja dengan baik karena adanya suplai oksigen dan nutrisi yang dibawah oleh darah.

Jika telah terjadi penyakit stroke dampak yang akan ditimbulkan adalah ketidakmampuan menggerakan tubuh. Selain itu juga akan terjad mati rasa pada area wajah yang berdampak pada kesuitan berbicara. Bisa dikatakan stroke menjadi penyakit yang lumayan lama dalam proses peyembuhannya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadi penyakit stroke. Salah satu caranya adalah dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi jenis makan sehat. Dengan melakukan cara tersebut tubuh bukan hanya sehat dan bugar tetapi, juga akan terhindar dari berbagai serangan penyakit seperti stroke dan lainnya.

Rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat tidaklah cukup untuk menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit. Perlu adanya suplemen nutrisi tambahan seperti mengkonsumsi British Propolis. Manfaat yang diberikan sangatlah beragam bukan hanya sebagai suplemen tapi, bisa membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita.

Itulah beberapa jenis penyakit kronis yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan penjelasan yang telah diberikan dapat bermanfaat dan berguna untuk menambah pengetahuan Anda.

Open chat
Konsultasi via WA?