Di tengah masyarakat, kegunaan madu asli dikenal sebagai obat tradisional maupun modern. Secara modern, kegunaan madu asli diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli. Namun uniknya, secara tradisional meskipun tanpa adanya penelitian secara khusus orang-orang sudah mengetahui berbagai manfaat madu.

Kegunaan Madu Asli

Lantas, apa kegunaan madu asli yang dikenal luas oleh masyarakat baik secara modern maupun tradisional? Menarik untuk mengetahuinya karena tidak disangka-sangka, manfaat madu ini banyak sekali dan hal ini sudah diketahui sejak masa lampau. Bahkan, madu juga dengan mudah dibeli di toko herbal online.

1. Luka terbakar

Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Madu akan mendinginkan, menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhan tanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan anti biotika, bakteri tidak dapat hidup dalam madu.

2. Mengurangi Kebiasaan Ngompol

Inilah salah satu kegunaan madu secara tradisional yang sempat dipraktikkan oleh orang-orang tua di masa dulu. Yaitu untuk mencegah agar anak tidak lagi mengompol saat tidur. Satu sendok teh madu sebelum tidur membantu mengurangi ngompol pada anak.

Madu Asli, sumber Diadona
Madu Asli, sumber Diadona

3. Kurang Tidur

Jika Anda merasa sulit untuk tidur, ternyata madu bisa menjadi solusinya. Satu sendok makan madu dimasukkan dalam satu cangkir susu panas akan membantu Anda tidur dengan mudah. Namun tentu saja, jika masalah tidur Anda sudah kronis, konsultasikan kepada ahli kesehatan.

4. Kerja keras

Kegunaan madu asli lainnya adalah dapat membangkitkan semangat. Madu sarat dengan berbagai vitamin, mineral, asam amino dan sebagainya. Ganti semua penggunaan gula pasir dengan madu. Gula pasir kurang mengandung zat gizi lainnya selain kalori.

5. Hidung tersumbat

Kegunaan madu asli selanjutnya adalah mengobati hidung tersumbat. Taruh satu sendok makan madu dalam suatu baskom yang berisi air panas dan hirup uapnya setelah anda menutup kepala anda dengan handuk di atas baskom. Sangat efektif.

6. Luka atau Lecet

Yang satu ini juga merupakan kegunaan madu asli yang dikenal secara tradisional. Madu asli digunakan untuk menyembuhkan luka atau lecet. Caranya adalah dengan menutup luka dengan madu dan perban.

7. Kelelahan (Fatigue)

Larutkan satu sendok makan madu dalam air suam-suam kuku atau seperempat bagian madu berbanding satu bagian air dalam suatu tempat kemudian masukkan dalam kulkas. Madu terutama terdiri dari fruktosa dan glukosa dengan demikian akan diserap dengan cepat oleh sistem pencernaan. Para Atlet Yunani kuno menggunakan madu untuk stamina sebelum bertanding dan sebagai penyegar kembali setelah pertandingan.

8. Pembersih Muka

Campurkan madu dan oatmeal kira-kira sama perbandingannya, ratakan dan gunakan sebagai masker. Biarkan setengah jam kemudian cuci. Bagus sebagai penghilang jerawat dan lain-lain.

9. Gangguan Pencernaan

Campur madu dengan cuka jus apple kira-kira 50:50 dan larutkan dengan air. Ini akan membantu pencernaan. (Juga sangat baik untuk tulang-tulang persendian)

Menambah Semangat Kerja, sumber Merdeka
Menambah Semangat Kerja, sumber Merdeka

10. Penyubur Rambut

Campur madu sejumlah yang sama dengan minyak zaitun lalu olesi pada rambut serta kulit kepala dan tutup kepala dengan handuk hangat untuk setengah jam kemudian shampoo bersih. Madu dapat memberi nutrisi bagi rambut dan kulit kepala. Rambut takkan pernah kelihatan atau merasa lebih baik.

11. Sakit (Radang) Tenggorokan

Tuangkan satu sendok teh madu dan taruh dibagian belakang mulut dan telan melalui tenggorokan. Madu sangat efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

12. Untuk Stress

Madu dalam air adalah suatu stabilisator dapat menenangkan pikiran yang tegang dan mendukung pikiran ketika sedang rileks. Gunakan kira-kira duapuluh lima persen madu dalam air.

13. Anemia (Kurang darah)

Madu adalah penambah darah yang meningkatkan kandungan sel-sel darah. Makin hitam madu makin banyak mengandung mineral.

14. Pengawet Makanan

Kue-kue dengan menggunakan madu sebagai pengganti gula pasir akan lebih lama segarnya karena mengandung antibiotik alamiah. Kurangi cairan kira-kira seperlima untuk membiarkan kelembaban madu.

15. Pasien Jantung

Para penderita penyakit jantung lebih dianjurkan mengganti gula pasir yang mengandung sucrosa, dengan madu yang mengandung fruktosa dan glukosa alamiah.

16. Botol Bayi

Empat sendok teh madu masukkan ke dalam botol bayi yang berisi air, Hal ini adalah dot sekaligus penambah multivitamin yang sangat baik bagi bayi. Jika minuman bayi keluarnya terlalu encer kemudian kurangi dengan setengah sendok teh ; jika terlalu kental tambah dengan setengah sendok teh.

17. Pertumbuhan gigi bayi

Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenang dan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.

Minuman Madu, sumber Lifestyle Kompas
Minuman Madu, sumber Lifestyle Kompas

18. Osteoporosis (Tulang keropos)

Penelitian di Inggeris menunjukan bahwa satu sendok teh madu tiap hari akan membantu penggunaan kalsium dan mencegah tulang keropos. Penting untuk usia 50 tahun ke atas.

19. Umur Panjang

Suatu fakta yang sudah umum di seluruh dunia adalah bahwa orang-orang yang paling panjang umurnya selalu mengkonsumsi madu secara teratur. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar dari kanker dan penyempitan pembuluh darah daripada jenis pekerja lainnya di dunia.

20. Migraine (sakit kepala)

Gunakan satu sendok makan madu yang dilarutkan dalam setengah gelas air hangat. Hisaplah sedikit demi sedikit pada saat awal serangan migraine. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali. Selalu efektif (sesuai dengan tip penyembuhan) untuk migraine yang berhubungan dengan stress.

Itu dia berbagai kegunaan madu asli baik dikenal secara modern maupun tradisional sejak dulu. Apakah Anda sering menggunakan produk lebah yang satu ini? Jika Anda ingin mencoba british propolis, kunjungi halaman kontak kami atau hubungi langsung melalui nomor yang tersedia.

Open chat
Konsultasi via WA?