Mahkota dewa termasuk salah satu tanaman herbal dengan berbagai khasiatnya. Dilihat dari namanya saja, tanaman ini menarik untuk diperbincangkan. Apalagi khasiat mahkota dewa yang sudah sering dikenal di mana-mana.

Sebagai semangat untuk terus menjaga kesehatan terutama di tengah kondisi yang rentan terkena penyakit seperti sekarang ini, ippho.com memilihkan berbagai informasi bermanfaat seputar obat-obatan, penyakit dan produk british propolis. Nah, berikut salah satu informasi kesehatan seputar mahkota dewa untuk Anda.

Apa itu Mahkota Dewa?

Menariknya, mahkota dewa dikenal juga di Indonesia dengan nama buah simalakama. Belum lagi khasiat mahkota dewa untuk kesehatan, nama simalakama ini saja menarik untuk diperbincangkan. Karena simalakama berasal dari pepatah yang isinya juga menarik.

Mahkota Dewa, sumber Suara
Mahkota Dewa, sumber Suara

Buah simalakama terdapat dalam sebuah pepatah yang mengibaratkan seseorang yang tidak punya pilihan. Karena buah simalakama ini jika dikonsumsi oleh seseorang akan menyebabkan ayahnya mati. Sedangkan jika tidak dikonsumsi akan menyebabkan ibunya yang mati. Begitulah pengibaratan dalam pepatah yang bermakna serba salah ini.

Lantas, bagaimana dengan buah simalakama sebagai tanaman herbal? Saat ini tanaman Mahkota Dewa banyak ditemukan di rumah-rumah. Hal ini karena khasiat Mahkota Dewa yang dikenal dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Sehingga, banyak orang yang menanamnya di halaman rumah mereka. Tanaman ini termasuk salah satu Tanaman Obat Untuk Keluarga (Toga).

Tanaman herbal ini sudah dikenal oleh orang Indonesia dan memiliki nama asli yang berbeda-beda menurut daerah masing-masing. Meskipun awalnya banyak ditemukan di Papua, namun ada juga yang berusaha membudidayakannya sehingga di Jawa dan di daerah lainnya juga dapat ditemukan.

Tanaman mahkota dewa memiliki nama latin Phaleria macrocarpa. Tanaman yang kabarnya berasal dari daratan Papua ini di Jawa Tengah dan Yogyakarta dijuluki makuto dewo, makuto rojo, atau makuto ratu. Orang Banten menyebutnya raja obat, karena khasiatnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sementara, orang-orang dari etnik Cina menamainya pau yang artinya obat pusaka.

Mahkota dewa atau buah simalakama memiliki kandungan senyawa tanin, alkanoid, fenol, lignan, sterol, saponin, juga minyak atsiri di dalamnya. Dengan begitu buah mahkota dewa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda serta dapat membantu Anda mengobati penyakit tertentu.

Umumnya, manfaat buah mahkota dewa ini dapat Anda dapatkan dengan cara meminum air rebusannya, buah kering hingga ekstrak dalam kapsul. Istimewanya, buah yang juga terkenal dengan sebutan simalakama ini mampu menjadi bahan obat komersial seperti obat sakit kepala dan batuk.

Dari seluruh tanaman mahkota dewa, bagian yang paling banyak digunakan untuk pengobatan adalah bagian buahnya. Untuk Anda yang belum familiar, buah mahkota dewa berbentuk bulat dengan warna merah.

Umumnya, buah mahkota dewa diekstraksi dan diolah menjadi kapsul agar mudah dikonsumsi. Namun, ada pula buah mahkota dewa yang diolah menjadi minyak untuk digunakan sebagai pengobatan luar.

Pohon Mahkota Dewa, sumber Berita Langitan
Pohon Mahkota Dewa, sumber Berita Langitan

Khasiat Mahkota Dewa

Selain namanya yang unik, buah tanaman herbal ini memang dikenal karena khasiatnya untuk kesehatan. Namun jangan sampai sembarang memanfaatkan tanaman ini meskipun sifatnya alami. Lantas, bagaimana khasiat mahkota dewa untuk kesehatan tubuh kita?

1. Mengatasi sakit kepala

Kandungan antioksidan yang ada di tumbuhan mahkota dewa ini bisa menjadi analgesik atau sebagai Pereda nyeri.

2. Obat flu dan obat batuk

Kandungan antioksidan yang ada di dalam tumbuhan ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh selain untuk mengurangi rasa sakit atau rasa nyeri. Sehingga proses penyembuhan penyakit flu dan juga batuk dapat menjadi lebih cepat.

3. Menurunkan kolesterol

Mahkota dewa dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol jahat.

4. Mengatasi nyeri haid

Karena kandungan berbagai antioksidan seperti polifenol, tanin, saponin, dan juga flavonoid, mahkota dewa bersifat antiradang. Sifat anti radang pada tumbuhan mahkota dewa ini memiliki potensi untuk mengobati dismenore primer atau nyeri haid.

5. Membantu dalam menurunkan kadar gula darah

Manfaat mahkota dewa yang lainnya adalah dapat menurunkan kadar gula darah atau obat alami bagi penyakit diabetes. Namun, manfaat dari buah mahkota dewa ini tidak dapat berlaku di semua orang. Karena berdasarkan penelitian, hanya 1 dari 4 orang yang kadar gula darahnya menurun setelah 4 minggu mengkonsumsi mahkota dewa ini.

Karena itu, para ahli menyarankan agar mahkota dewa ini tidak menjadi satu-satunya obat yang dikonsumsi untuk mengobati diabetes dan menurunkan kadar gula karena mahkota dewa sebagai obat diabetes belum teruji dan terbukti secara klinis.

6. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak buah mahkota dewa dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Flavonoid yang banyak terkandung di dalam buah mahkota dewa atau buah simalakama ini yang diyakini dapat membantu untuk melemaskan pembuluh darah yang akan berakibat turunnya tekanan darah.

Namun, sama hal nya seperti mahkota dewa untuk menurunkan kadar gula darah, penelitian mahkota dewa sebagai penurun tekanan darah juga masih dilakukan pada penelitian dengan skala yang sangat kecil. Untuk dapat meyakinkan kegunaan atau khasiat ini, perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Sakit Kepala, sumber Harvard Edu
Sakit Kepala, sumber Harvard Edu

7. Mencegah efek samping dari obat kemoterapi

Cisplatin yang merupakan salah satu dari banyaknya obat kemoterapi yang sering kali direkomendasikan dan juga diresepkan oleh dokter memiliki kegunaan untuk menghambat dan juga membunuh sel kanker di dalam tubuh. Namun, cisplatin juga memiliki efek samping dimana jika digunakan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Kandungan flavonoid yang ada di dalam tumbuhan mahkota dewa dapat melindungi ginjal dari efek samping yang diberikan oleh obat cisplatin. Menurut penelitian, suplemen yang mengandung tumbuhan mahkota dewa dapat mengurangi kerusakan ginjal dan juga hati yang diakibatkan oleh kemoterapi, sekaligus juga dapat mengurangi pertumbuhan tumor lebih lanjut.

8. Menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular

Banyaknya kandungan antioksidan yang terdapat pada mahkota dewa dapat membantu kita untuk menurunkan risiko terjangkit penyakit kardiovaskular seperti stroke, jantung koroner, dan juga penyakit lainnya karena dapat melancarkan peredaran darah dan juga mengatasi permasalahan yang akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

9. Mengatasi gejala penyakit asam urat

Jika anda menderita penyakit asam urat, anda akan merasakan sakit yang luar biasa pada titik sendi yang ada di dalam tubuh. Mahkota dewa akan bersifat sebagai analgesik atau obat Pereda nyeri pada sendi.

Itu dia berbagai informasi menarik seputar tanaman dan khasiat tanaman mahkota dewa untuk kesehatan. Apakah Anda mendapatkan referensi yang bagus dari artikel ini? Berikan komentar Anda ya.

Open chat
Konsultasi via WA?