Mengkonsumsi minuman sehat merupakan salah satu bentuk menjaga kesehatan tubuh. Karena mengkonsumsi makan sehat saja tidak cukup untuk memenuhi gizi seimbang. Perlu ada asupan lain yang juga sama-sama sehat jika dikonsumsi oleh tubuh. macam-macam minuman sehat bisa menjadi asupan yang sangat tepat untuk dikonusmsi.

Banyak manfaat yang akan diperoleh ketika rutin mengkonsumsi minuman sehat. Air putih juga merupakan salah satu minuman sehat, namun kini telah tersedia macam-macam minuman sehat yang dapat disesuaikan dengan selera.

Dengan adanya beragam minuman sehat tentu akan membuat Anda mudah untuk mengkonsumsinya. Tidak ada masalah bila dikonsumsi setiap harinya, karena minuman sehat tidak menimbulkan efek samping. Bisa menjadi minuman sehari-hari yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini bisa disimak macam-macam minuman sehat yang bisa menjadi minuman pilihan untuk dikonsumsi diantaranya:

1. Susu

susu sapi
Susu sapi, sumber: detik.com

Minuman sehat yang sangat sering dikonsumsi setiap pagi sebagai pedamping sarapan. Susu sapi merupakan minuman sehat yang kaya akan nutrisi dan kalsium. Manfaatnya untuk membantu dalam pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan yang paling tinggi adalah elektrolit, seperti garam, kalsium dan vitamin D serta kalium.

Susu juga dapat mengatasi dehidrasi akibat dari kekurangan cairan pada tubuh. jadi, bila Anda yang gampang terkena dehidrasi mengkomsumsi susu bisa menjadi salah satu minuman yang tepat setalah air putih. Ada beberapa jenis susu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Susu yang biasanya dikonsumsi secara umum ada full cream, rendah lemak (skim), dan susu dengan aneka varian rasa.

Jika Anda alergi dengan susu sapi (hewani) ada jenis susu alternaif yang bisa dikonsumsi yaitu, susu nabati. Berasal dari buah dan biji-bijian seperti kacang kedelai. Untuk manfaat yang dibrikan pada kesehatan tubuh tetap sama yaitu, bisa menggantikan cairan elektrolit yang hilang.

2. Teh Hijau

teh hijau herbal
Teh hijau, sumber: alodokter.com

Mengawali hari dengan secangkir teh hijau bisa menjadi minuman sehat yang dapat menyegarkan mod. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi akan membantu dalam menjaga metabolisme tubuh. Manfaat yang luar biasanya lagi adalah teh hijau dapat membantu dalam proses pembakaran lemak berlebih pada tubuh.

Jadi, ketika mengkonsumsi teh hijau secara rutin bisa menjadi salah satu kebiasan yang baik. Sehatnya dapat tubuh pun dapat beraktivitas dengan maksimal dan hati yang ceria.

3. Sari Jahe

sari jahe alami
Sari jahe, sumber:  shutterstock.com

Menjadi minuman yang sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan tubuh. Sehingga sari jahe banyak dimanfaatkan untuk menjadi minuman sehat bagi tubuh. Sari jahe sering dikonsumsi dalam kondisi hangat, dimana akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Banyak juga yang mengkonsumsi sari jahe sebagai obat alami untuk mengataasi mual saat perjalanan. Disamping itu juga bisa membantu untuk mencegah dehidarasi. Jika ingin mendapatkan rasa yang manis tambahkan madu sebagai pemanisnya dan hindari menggunakan gula. Karena bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

5. Air Kelapa

air kelapa murni
Air kelapa, sumber: thuocthaomoc.net

Kandungan nutrisi, antioksidan, dan mineral menjadikan air kelapa menjadi minuman sehat yang baik jika dikonsumsi secara ruitn. Manfaat mengkonsumsi air kelapa untuk menlancarkan metabolisme dan memenuhi zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Air kelapa yang dikonsumsi disarankan adalah yang murni tanpa bahan pemanis tambahan dan lainnya.

Menemukan air kelapa tidaklah sulit banyak dijual di pasar tradisional dan supermarket. Jadi, bila Anda ingin mengkonsumsinya secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan tubuh bisa menemukannya secara mudah.

6. Air Cuka Apel

air cuka dan apel
Air cuka dan apel, sumber: pinterest.com

Jarang yang mengetahui bawa air cuka apel juga merupakan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang diberikan jika mengkonsumsinya adalah membantu mempelancar buang air besar, dapat menurunkan tekanan gula darah, dan menurunkan berat badan.

Bahan yang untuk membuat minuman sehat ini adalah 2 sendol makan cuka, potongan/irisan apel, dan air hangat atau dingin. Sangat dianjurkan bila rutin dikonsumsi pada pagi hari untuk memperlancar saluran pencernaan tubuh.

7. Jus Sayuran dan Buah

jus buah dan sayur
Jus buah dan sayur, sumber: alodokter

Minuman sehat yang satu ini tentunya sudah sangat mudah dijumpai dan mudah untuk membuatnya. Sayuran dan buah kini bukan hanya dijadikan sebagai pelengkap pada saat menyantap makan. Namun, juga bisa diolah menjadi minuman sehat menjadi jus.

Hampir semua jenis sayuran dan buah bisa diolah menjadi jus. Jadi, Anda bisa menyesuaikan sayuran dan buah tertentu sesuai dengan selera. Bisa disajikan secara murni atau ingin menambahkan madu, air kelapa, susu, dan lainnya. untuk menambahkan kelezatan dan kandungan gizi pada jus.

8. Teh jahe

teh jahe
Teh dengan kandungan jahe, sumber: kompas.com

Bila sebelumnya ada sari jahe, minuman sehat yang satu ini merupakan perpaduan anatara teh dan jahe. Memiliki manfaat hampir sama dengan sari jahe biasa (murni) yaitu, melancarkan pencernaan tubuh. Manfaatnya menjadi bertambah ketika dipadukan dengan teh adalah dapat membantu meredahkan sakit dan masalah pada perut.

Disajikan dalam kondisi hangat akan membuat tubuh terasa lebih rileks. Bisa juga ditambahkan madu sebagai pemanis tambahan dan irisan lemon. Sangat pas bila diminum sambil dinikmati dimana, akan lebih tersa manfaat dari teh jahe.

9. Kaldu

air kaldu ayam
Kaldu ayam, sumber: halosehat.com

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa kaldu juga tergolong  macam-macam minuman sehat. Kaldu dihasilkan dari proses perebusan ayam atau daging hingga kandungan minyaknya keluar. Banyak digunakan sebagai penyedap tambahan pada makanan. Namun, bisa juga dikonsumsi secara murni untuk memenuhi nutrsi untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat di dalam kaldu antara lain  magnesium, potasium, dan kalsium. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara berkala sebagai sumber energi pada tubuh. Mengapa dikonsumsi secara berkala karena, kaldu tidaklah seperti minuman lain yang nyaman jika dikomsumsi setiap hari.

10. Cokelat

minuman cokelat murni
Cokelay murni, sumber: bp-guide.id

Jangan salah bahwa cokelat juga bisa dijadikan minuman dan dapat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi sehingga, sangat  baik untuk kesehatan tulang. Jenis cokelat yang dikonsumsi adalah yang murni tanpa campuran apapun.

Jika menginginkan adanya rasa manis pada minuman cokelat. Anda bisa menambahkan pemanis alami yang sehat seperti madu atau susu almond. Hindari penggunaan pemanis buatan seperti gula dan sejenisnya.

Itulah macam-macam minuman sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih untuk kesehatan tubuh Anda juga bisa barengi dengan mengkonsumsi British Propolis. Kandungan propolis lebah yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan stamina disaat lelah dan bisa juga menyembuhkan berbagai penyakit.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar hari-harimu selalu menyenangkan.

Open chat
Konsultasi via WA?