Orang Indonesia sebenarnya paling mengetahui manfaat daun sirih. Buktinya, dalam sebagian besar tradisi di Indonesia menjadikan tanaman obat ini sebagai bahan utama untuk disajikan dan dikonsumsi. Bahkan tidak jarang, daun sirih dijadikan pengobata luka atau minuman untuk berbagai penyakit.

Namun sebenarnya sirih jarang digunakan bahkan tidak ada di banyak negara-negera lainnya. Nah, benarkah bahwa manfaat daun sirih ini sebenarnya belum teruji? Bahkan ada juga yang menduga penggunaan daun sirih untuk perawatan luka justru membahayakan? Untuk mengetahuinya, simak beberapa informasi berikut ini.

Seputar Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman obat yang sering digunakan di Indonesia. Manfaat daun sirih juga sudah diketahui secara umum. Pengobatan tradisional hingga budaya di Indonesia menjadi daun sirih sebagai bahan utamanya terutama di wilayah Indonesia yang didominasi rumpun melayu.

Daun Sirih Merah, sumber Tanda Seru id
Daun Sirih Merah, sumber Tanda Seru id

Memanfaatkan tanaman obat sebagai pengobatan alami sebenarnya sudah dilakukan bahkan sebelum ada teknologi produksi obat-obatan kimia. Nama bidangnya ada fitofarmaka yang berbeda dengan jenis obat tradisional lainnya seperti jamu. Nah, daun sirih menjadi salah satu bahan untuk jenis obat fitofarmaka.

Tanaman sirih yang tumbuh merambat di berbagai tempat ternyata merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Diantara bagian tanamannya, yang paling dikenal untuk dimanfaatkan atau dikonsumsi adalah daunnya. Sedangkan batang, buah dan akarnya jarang dikenali.

Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi yang menjadi tempat asal daun sirih di Indonesia. Bahkan dalam upacara kebudayaan dan perayaan tradisi lainnya, daun sirih merupakan sesuatu yang wajib ada di sini. Selain itu, sirih juga dikenal sebagai bagian dari tradisi melayu secara keseluruhan.

Tanaman ini awalnya merambat pada pohon lain. Namun seiring dengan inovasi pertanian, tanaman merambat ini bisa tumbuh di berbagi permukaan lainnya. Bahkan terdapat pula tanaman sirih yang dijadikan sebagai penghias ruangan karena tampak indah dan wanginya yang khas.

Dilansir dari wikipedia, Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Panjang tanaman ini sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan.

Daun Sirih Untuk Mimisan, sumber Kompas Lifestyle
Daun Sirih Untuk Mimisan, sumber Kompas Lifestyle

Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan. Meskipun memiliki buah, namun yang paling sering dimanfaatkan di Indonesia adalah daunnya. Daun sirih dikenal memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan dan sebagai obat-obatan.

Manfaat Daun Sirih

Sebelum mengetahui manfaat daun sirih, kenali dulu nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena manfaat daun sirih yang didapat tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan. Nah, apa saja kandungan nutrisi daun sirih?

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Selain itu, kandungan daun sirih lainnya adalah Protein, Iodin, Sodium, Vitamin A; B1: B2 serta Asam Nikotinat. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol. Semua nutrisi ini jika dikonsumsi atau dipakai melalui daun sirih dapat memberikan sejumlah manfaat.

1. Antiseptik

Manfaat daun sirih sebagai antiseptik karena memiliki kandungan polifenol, chavicol yang memiliki perlindungan terhadap jenis kuman.

2. Mengobati Radang

Biasanya daun sirih digunakan dalam mengobati radang sendi dan orkitis.

3. Mengurangi bau badan

Manfaat daun sirih yakni memiliki kandungan estradiol dan klavikula yang dapat mengontrol produksi hormone dan kelenjar keringat. Kandungan tersebut dapat mengurangi bau badan yang berlebih. Cara penggunaannya hanya dengan meminum air rebusan daun sirih secara rutin.

4. Mengobati sakit perut

Daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut karena daun sirih memiliki kandungan terpenoid dan klavikula. Cara untuk mengobati sakit perut tersebut dengan meminum air rebusan 3 kali sehari secara rutin.

5. Obat tekanan darah tinggi

Daun sirih memiliki kandungan minyak esensial dan fenol yang dapat digunakan untuk menstabilkan tekanan darah. Cara penggunaannya dengan mencampur air rebusan daun sirih dengan madu dan minum secara teratur 2 kali sehari.

Daun Sirih, sumber Dara co id
Daun Sirih, sumber Dara co id

6. Mengobati sembelit

Daun sirih dapat membersihkan radikal bebas dari dalam tubuh dan kemudian dapat mengembalikan tingkat PH. Hal ini dapat membantu untuk mengatasi sakit perut dan sembelit. Caranya mengobati sembelit dengan menghancurkan daun sirih kedalam air, biarkan air daun sirih tersebut dan minum air daun sirih saat perut dalam keadaan kosong.

7. Menyembuhkan jerawat

Manfaat daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Cara penggunaaannya dengan menghancurkan daun sirih hingga halus, kemudian ambil airnya dan tempelkan kepada area kulit yang berjerawat

8. Mencegah penyakit jantung koroner

Manfaat daun sirih dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung coroner yakni dengan mencuci bersih daun sirih kemudian mencampurkannya dengan 7 butir cabai, 3 butir bawang merah, dan jintan. Seduh dengan air mendidih hingga seluruh bahan mengendap. Setelah dibiarkan selama beberapa lama, airnya dapat diminum secara teratur.

9. Mengobati tumor

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan terpenoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat mengobati tumor. Sistem kekebalan yang meningkat dapat menghancurkan zat karsinogenik atau tumor yang ada di dalam tubuh.

10. Mengobati bronkitis

Daun sirih memiliki manfaat untuk mengobati bronkitis. Cara penggunaannya hanya dengan merebus daun sirih hingga mendidih kemudian minum air rebusan daun sirih secara teratur.

Itu dia 10 manfaat daun sirih yang menarik untuk diketahui. Simak terus berbagai informasi seputar obat tradisional maupun modern serta seputar kesehatan di situs ippho.com. Untuk Anda yang ingin membeli produk british propolis, Anda juga bisa melihat informasinya di sini. Semoga bermanfaat.

Open chat
Konsultasi via WA?