Manfaat kunyit sudah dikenal sejak masa lampau sebagaimana jamu kunyit yang sudah dikonsumsi sebelum obat-obatan modern seperti obat kimia yang marak dikonsumsi. Para orang tua zaman dulu juga sering memberikan jamu kunyit untuk berbagai gangguan kesehatan di tengah keluarganya. Benarkah kunyit memiliki manfaat yang sedemikian rupa?

Sudahkah Anda mengenal rempah dan tanaman herbal yang banyak dikonsumsi di wilayah Asia Tenggara ini? Jika belum, berikut berbagai ulasan seputar tanaman, kandungan, serta manfaat kunyit untuk Anda. Simak sampai selesai ya!

Seputar Kunyit

Di Indonesia, kunyit merupakan bahan untuk pewarna kuning alami dan digunakan pada banyak masakan sebagai bumbu. Mengapa manfaat kunyit sebagai tanaman herbal ini menjadi khas? Berikut berbagai informasi seputar tanaman yang satu ini.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), kony√®’ (Madura), Kunyir (Komering).

Kunyit, sumber Akurat
Kunyit, sumber Akurat

Kunyit adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit indonesia mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5%. Terdapat pula zat-zat bermanfaat seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kandungan nutrisi pada kunyit yaitu Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat kunyit sebenarnya bukan hanya untuk kesehatan, namun juga untuk cita rasa makanan, minuman serta bahan baku untuk pewarna alami. Berikut ini berbagai informasi seputar kunyit yang digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

1. Meringankan Sakit Saat Menstruasi

Manfaat kunyit satu ini hanya untuk wanita. Pasti Anda sering melihat iklan minuman yang mengandung kunyit dan diklaim bisa mengatasi rasa sakit akibat menstruasi. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi suplemen kunyit bisa meringankan rasa sakit tersebut. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

Ilustrasi Lambung, sumber Klik Dokter
Ilustrasi Lambung, sumber Klik Dokter

2. Mencegah Kanker

Seputar manfaat kunyit untuk mencegah kanker, menurut beberapa penelitian, kurkumin pada kunyit dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker.

3. Osteoarthritis

Manfaat kunyit lainnya adalah dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri pada penderita osteoarthritis, yaitu sebuah kondisi yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya. Sebuah penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi osteoarthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat osteoarthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

4. Masalah Lambung

Manfaat kunyit juga dipercaya untuk meringankan tukak lambung serta penyakit maag. Zat yang terdapat pada kunyit bisa menekan gas di dalam lambung untuk keluar atau mengurangi gas tersebut. Namun perlu ada penelitian lebih lanjut.

5. Masalah Kulit

Berdasarkan sebuah penelitian, kulit gatal akibat penyakit ginjal kronis bisa diatasi dengan mengonsumsi kombinasi produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam atau cabe jamu (long pepper). Selain itu, manfaat kunyit juga bisa untuk mengobati iritasi kulit akibat liken planus.

6. Masalah lainnya

Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, antioksidan, anti mikrob, anti kolesterol, anti HIV, Diabetes melitus, Tifus, Usus buntu, Disentri, Sakit keputihan; Amandel, Berak lendir, Morbili, Cangkrang (Waterproken). Namun untuk pengkonsumsiannya, perlu dilakukan konsultasi kepada ahlinya (dokter) terlebih dahulu.

Jamu Kunyit, sumber Sweetrip
Jamu Kunyit, sumber Sweetrip

Cara Mengkonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat kunyit secara langsung, tidak bisa hanya sekedar menjadikan kunyit sebagai bumbu masakan atau campuran minuman. Sejak dulu, meskipun hanya sekedar racikan minuman jamu, perlu cara-cara khusus untuk mengkonsumsinya sehingga dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Berikut contoh cara menggunakannya sebagai obat.

Mengatasi haid tidak lancar

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ikuti langkah berikut: Siapkan 2 buah rimpang kunyit berukuran sedang Siapkan juga setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh biji pala, dan setengah genggam daun sri gading Semua bahan tersebut ditumbuh hingga halur Masukkan bahan ke dalam panci dan tambahkan 1 liter air Rebuslah hingga mendidih Saring airnya terlebih dahulu sebelum diminum sebanyak satu gelas sehari.

Mengobati disentri

Langkah-langkah membuat obatnya, yakni: Siapkan 1-2 buah rimpang kunyit Cuci bersih dan rebuslah dengan 2 gelas air Tambahkan sedikit gambir dan kapur sirih Lakukan perebusan hingga airnya tinggal segelas Saring terlebih dahulu sebelum airnya diminum oleh penderita.

Menyembuhkan bengkak karena gigitan serangga atau ulat

Cara membuat ramuan untuk mengatasi masalah kesehatan itu, yakni: Parut 2-3 buah rimpang kunyit segar Tambahkan seperempat sendok makan kapur sirih Campur hingga merata Oleskan bahan tersebut pada bagian tubuh yang bengkak.

Bagaimana, apakah Anda akhirnya mengetahui berbagai fakta seputar kunyit serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Berikan jawaban Anda di kolom komentar yang tersedia. Simak terus berbagai ulasan seputar obat, kesehatan dan produk british propolis di halaman ippho.com. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Open chat
Konsultasi via WA?