Ternyata manfaat lebah bagi lingkungan juga tidak bisa dikatakan sedikit. Hewan yang merupakan spesies serangga ini memiliki peran tertentu terhadap lingkungan yang mungkin tidak bisa ditemukan pada hewan lainnya. Apa manfaat lebah bagi lingkungan yang Anda ketahui selain madu yang dihasilkan oleh hewan yang satu ini?

Lebah memang hewan yang memiliki keistimewaan. Banyak penelitian yang membahas bagaimana menariknya hidup mereka dilihat dari sarangnya. Misalnya bagaimana mereka sebagai hewan giat bekerja dan membutuhkan ratunya untuk menghasilkan sarang. Untuk mengetahui lebih banyak seputar lebah termasuk manfaat lebah bagi lingkungan, simak informasi berikut ini.

Fakta Seputar Lebah

Menurut situs wikipedia, lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena hidupnya berkelompok meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku atau familia Apoidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika. Nah, apa manfaat lebah bagi lingkungan?

Lebah di Sarangnya, sumber Tribun Jogja
Lebah di Sarangnya, sumber Tribun Jogja

Telah diketahui bahwa tidak semua jenis hewan yang satu ini memiliki manfaat. Ada juga yang merupakan hama yang perlu dibasmi bahkan ada yang mengancam nyawa manusia. Namun spesies lebah yang tergolong sebagai hama atau berbahaya hanya beberapa saja diantara banyak spesiesnya. Di Indonesia khususnya, bisa ditemukan setidaknya ratusan spesies hewan yang satu ini.

Hewan ini memiliki cara hidup yang berkarakteristik meskipun satu spesies yang sama. Ada yang disebut soliter dan ada yang sosial. Soliter artinya lebah yang hidup sendiri sedangkan lebah sosial adalah yang hidup berkoloni atau bersama-sama dengan lebah lainnya. Hal ini dapat dilihat dari perilaku lebah betinanya.

Lebah soliter membangun sendiri sarangnya dan mencari makan untuk keturunnya tanpa bantuan lebah lain dan biasanya mati atau meninggalkan sarang pada saat keturunnya belum menjadi lebah dewasa. Kadang kala beberapa spesies lebah soliter memberi makan dan merawat anaknya tanpa memberikan cadangan makanan bagi anaknya, bentuk hubungan seperti ini dikenal dengan istilah subsosial. Sementara pada tahap lebih tinggi, lebah hidup berkelompok dan saling berbagi tugas sesuai dengan bentuk fisik masing-masing.

Untuk lebah sosial, sebagaimana aspek sosial pada manusia, memiliki kasta atau tingkatan sosial tertentu. Paling tidak kasta dalam kehidupan kelompok lebah dibagi menjadi tiga yaitu yang paling tinggi adalah lebah ratu, kemudian lebah betina baru kemudian lebah jantan. Lebah ratu hanya satu ekor pada setiap sarang, sedangkan yang paling dominan berjumlah puluhan ribu adalah betina dan lebah jantan hanya ratusan saja.

Tugas utama ratu lebah adalah bertelur selama hidupnya, berjenis kelamin betina, perkawinan ratu lebah ini hanya sekali seumur hidup, perkawinan dilakukan dengan cara terbang tinggi di angkasa pada cuaca cerah dan pejantan yang bisa mengejarnya akan dapat mengawini sang ratu lebah, pejantan itu tidak lama kemudian akan mati karena testisnya lepas dan tertanam pada ovarium ratu lebah.

Lebah ratu yang aktif mampu menelurkan kira-kira 2.000 butir telur sehari. Makanan ratu merupakan susu lebah (royal jelly), harapan hidup lebah ratu ialah tiga tahun. Tugas lebah pekerja berjenis kelamin betina mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Madu merupakan hasil olah nektar yang dimuntahkan kembali dari dalam tubuh lebah dan disimpan dalam sarang lebah untuk makanan cadangan, makanan madu ini juga untuk larva dan pupa.

Ratu Lebah, sumber Madu Go Id
Ratu Lebah, sumber Madu Go Id

Ada juga lebah betina yang bertugas membersihkan sarang dan merawat telur dan anak-anak lebah. Harapan hidup lebah pekerja ialah tiga bulan atau lebih sedikit. Makanan utama lebah pekerja ini adalah madu. Lebah pekerja betina dari larva hingga akhir hidupnya memakan madu. Sementara itu, ratu lebah dari larva hingga akhir hidupnya memakan susu lebah (royal jelly).

Apabila kesuburan reproduksi telur sudah berkurang atau usia ratu lebah sudah tua, secara naluri lebah pekerja meremajakan koloni baru dan mencari telur-telur yang terbaik. Setelah telur menetas menjadi larva, larva akan diberi makan susu lebah (royal jelly). Dalam satu koloni hanya ada satu ratu lebah, sarangnya paling besar dan paling menonjol daripada sarang lebah pekerja.

Lebah pekerja bisa bertelur dan telurnya dapat menetas jika koloni lebah kehilangan ratunya maka secara alami sesuai naluri lebah betina akan bertelur dan yang lahir dari telur lebah pekerja ini semuanya berjenis kelamin jantan karena dari telur yang tak terbuahi, lebah pekerja tidak pernah dikawini oleh lebah jantan.

Lebah jantan bertugas mengawini lebah ratu muda jika akan membentuk koloni baru dan akan mati setelah kawin. Lebah jantan merupakan lebah dari telur tak terbuahi yang diberi makanan nektar dan madu biasa. Jumlah lebah jantan ini jumlahnya hanya ratusan.

Manfaat Lebah Bagi Lingkungan

Lantas apa manfaat lebah bagi lingkungan? Ternyata sangat signifikan terutama untuk menjadikan buah-buahan dapat tahan lama setelah dipanen. Menurut laporan Program Lingkungan PBB (UNEP) tahun 2011, penyerbukan oleh lebah dan serangga lainnya memberikan kontribusi sekitar 153 miliar euro (US$ 204 miliar) atau 9,5 persen dari nilai global total produksi pangan.

Ilustrasi Berbagai Produk Lebah, sumber Tribunnews
Madu yang Bermanfaat, sumber Tribunnews

Pada penelitian yang dilakukan pada produksi buah stroberi, stroberi yang diserbuki lebah memiliki achene yang jauh lebih fertil dibandingkan buah lainnya karena serangga, dengan ketekunan khas mereka, menyerbuki semua tanaman, bukan hanya sebagian. Achene adalah biji-biji kecil yang menciptakan lekukan-lekukan di bagian luar stroberi itu.

Manusia juga memanfaatkan madu sebagai makanan serta obat. Pemeliharaan lebah untuk diambil madunya telah dilakukan manusia sejak lama. Bahkan sengat lebah juga dimanfaatkan untuk pengobatan dengan metode akupuntur. Selain itu ada juga rekayasa yang menghasilkan racun lebah yang berfungsi untuk dijadikan obat-obatan.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar lebah yang bermanfaat untuk lingkungan. Semoga bisa menjadi pengetahuan yang menarik bagi Anda. Simak terus berbagai informasi menarik lainnya di halaman ippho right British Propolis.

Open chat
Konsultasi via WA?