Olahraga Sudah menjadi salah satu rutinitas yang wajib untuk dapat dilakukan setiap harinya. Ada beragam jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan ketika berolahraga mulai dari gerakan ringan sampai gerakan kompleks. Manfaat dari olahraga teratur tentunya akan memberikan berbagai dampak kesehatan yang baik untuk tubuh.

Tentunya dengan tubuh yang sehat dan bugar Anda dapat menjalani berbagai aktivitas keseharian dengan maksimal. Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa orang yang menjalankan olahraga secara teratur memiliki fisik dan mental yang sehat.

Definisi olahraga sendiri menurut KKBI adalah gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing. Tentunya semua gerakan yang dilakukan secara sistematik dan membakar kalori tubuh dapat dikatakan sebagai olahraga.

Lalu apa saja manfaat olahraga teratur yang akan didapatkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan?. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai manfaat olahraga teratur yang bisa Anda simak diantaranya:

1. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
Menimbang berat badan, sumber: merdeka.com

Tentu untuk manfaat yang satu ini sudah bukan lagi menjadi sebuah rahasia dari manfaat olahraga teratur. Yup! Benar dengan berolahraga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang berlebih. Terlebih lagi jika Anda menginginkan berat badan yang proporsional.

Bukan hanya itu untuk dapat memahami pengaruh olahraga untuk menurunkan berat tubuh. Anda juga harus mengetahui hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi. Dimana tubuh akan mengeluarkan energi melalui tiga cara yaitu, mencerna makanan, olahraga, dan mempertahankan fungsi tubuh.

Dengan mengetahui hal tersebut tentu akan memberikan pengetahuan pada Anda. Bahwasannya olahraga adalah aktivitas terbaik untuk menurunkan berat badan. Jika menurunkan berat badan dengan cara diet akan membuat metabolisme tubuh menurun. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan kalori yang diserap oleh tubuh, sehingga akan berpengaruh pada kesehatan.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Perlu Anda ketahui bersama bahwasannya olahraga bukanlah aktivitas yang akan membuat tubuh menjadi lemah. Pasti yang terpikirkan oleh Anda, dengan melakukan banyak gerak otot akan membuat tubuh cepat merasa lelah. Studi menemukan 6 minggu berolahraga secara teratur mengurangi rasa lelah bagi 36 orang sehat yang telah melaporkan sering merasakan kelelahan.

Sampai disini tentunya sudah sangat jelas bahwa manfaat olahraga teratur dapat meningkatkan energi tubuh. Jika dilihat memang benar setelah berohlaraga tubuh akan mengalami kelelahan, namun kondisi tersebut hanya sebentar. Tubuh akan kembali fit dan bugar setelah selesai beristirahat. Bukan hanya itu tubuh juga akan mendapatkan tingkatan energi yang lebih setelah berolahraga.

3. Meningkatkan Kualitas Otot dan Tulang

Bagi Anda yang suka bila memiliki tubuh yang proporsional bagaikan atlet olahraga. Inilah manfaat olahraga teratur yang dapat dirasakan pada diri Anda. Akan terlihat dengan jelas meningkatnya kualitas otot dan tulang pada tubuh ketika rutin berolahraga. Dengan melakukan jenis aktivitas fisik seperti olahraga akan mempertahankan kekuatan otot dan tulang.

Jika dibarengi dengan asupan protein yang dikonsumsi akan membantu memaksimalkan kinerja dari otot. Biasanya hal ini banyak dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh dalam waktu yang singkat. Manfaat lainnya yang akan didapatkan ketika meningkatkan otot dan tulang adalah membantu mencegah terjadinya osteoporis (penyakit tulang).

4. Membuat Tubuh Merasa Lebih Bahagia

olahraga lari
Olahraga lari, sumber: muslimgirl.com

Manfaat olahraga teratur ternyata bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja. Ada manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh Anda ketika berolahraga yaitu, tubuh akan terasa lebih bahagia. Dimana suasana hati, pikiran, perasaan, dan lainnya akan lebih terkontrol. Sehingga mudah untuk merasakan kebahagian dan terhidar dari rasa kecemasan, depresi, dan stress.

Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya produksi endorfin yang berfungsi untuk menghasilkan perasaan postif. Sehingga akan membantu otak yang akan mengatur stress dan rasa kecemasan pada tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur bisa menjadi cara bagi Anda untuk membuat tubuh merasa lebih bahagia.

5. Terhindar Dari Serangan Penyakit Kronis

Beralih ke manfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata ada beragam keuntungan yang didapatkan jika berolahraga secara teratur. Dari berbagai penelitian terbukti bahwa olahraga meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh. Disisi lain juga dapat menurunkan tekanan dan kadar lemak darah yang biasanya menjadi sumber dari berbagai penyakit.

Berolahraga secara teratur sangat penting untuk tetap dijaga. Karena jika Anda jarang berolahraga akan menyebabkan peningkatan lemak perut. Tentu hal tersebut tidaklah baik bagi kesehatan tubuh jadi, akan sangat baik jika dapat dicegah. Agar berbagai penyakit kronis dapat dicegah dan tidak mudah berkembang didalam tubuh.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak menjadi pusat dari berbagai tindakan yang dilakukan dimana semua perintah dari sistem dan gerak tubuh diatur. Sehingga menjaga fungsi otak agar daya ingat dan keterampilan tetap berkerja dengan baik. Olahraga secara teratur menjadi aktivitas yang sangat baik untuk meningkat kinerja otak. Dimana akan memicu denyut jantung sehingga, membuat aliran darah dan oksigen dapat mengalir dengan lancar ke otak.

Bukan hanya kinerja otak yang akan meningkat, ada manfaat olahraga tertaur lainnya. Salah satunya dapat mengurangi perubahan pada otak yang akan membuat penyakit  alzheimer dan skizoernia. Otak merupakan bagian vital dari tubuh yang tentunya harus terus dijaga dari berbagai serangan penyakit dan menurun kinerja dari fungsinya.

7. Kesehatan Kulit Tetap Terjaga

kesehatan kulit
Kulit tampak sehat, sumber: dream.co.id

Dengan melakukan olahraga secara teratur akan membantu dalam menjaga kesehatan kulit. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kesehatan dari kulit dipengaruhi oleh antioksidan tubuh. Sehingga bila antioksidan pada tubuh menurun akan membuat radikal bebas dapat merusak struktur kulit dengan mudah.

Tak usah khawatir akan hal tersebut, jika Anda rajin berolahraga akan meningkatkan antioksidan tubuh. Meskipun banyak aktivitas yang dilakukan kulit akan tetatp terjaga dan dapat membantu penuan dini. Dengan beroalahraga dapat merangsang aliran daraah dan menginduksi adaptasi sel kulit dengan baik.

8. Menjamin Kualitas Tidur

Mendapatkan kualitas tidur yang baik tentunya berpengaruh juga terhadap kesehatan. Dengan kualitas tidur yang tetap terjaga akan mencegah berbagai penyakit menyerang tubuh. Terutama penyakit nyeri dan pegal-pegal otot yang biasanya sering dialami pada saat bangun tidur.

Cara kerja dari tubuh sehingga medapatkan kualitas tidur yang baik terjadi pada saat menipisnya energi. Dimana energi tubuh yang menipis diakibatkan dari olahraga akan di recovery pada saat tidur. Disinilah kualitas tidur dengan nyenyak akan didapatkan. Terutama bagi penderita insomnia akan sangat baik jika dapat berolahraga secara teratur.

9. Mengurangi Rasa Sakit

Anda akan bertanya bagaimana caranya olahraga mengurangi rasa sakit pada tubuh yang mengalami penyakit kronis atau lainnya. Sedangkan  olahraga adalah akitivitas gerakan otot untuk mengurangi atau membakar kalori berlebih pada tubuh. Ternyata dari berbagai uji klinis yang telah dilakukan hasil yang didapatkan bahwa olahraga mampu untuk mengurangi rasa sakit. Pada tubuh yang diakibatkan dari sebuah penyakit yang sedang dialami.

Perlu diperhatikan bahwa hanya jenis olahraga dengan gerakan yang ringan untuk meredakan rasa sakit pada tubuh. Jenis olahraga seperti yoga, senam, jalan sehat, dan olahraga ringan lainnya. Jadi, sangat tidak anjurkan jika Anda ingin mengurangi rasa sakit pada tubuh dengan melakukan jenis olahraga dengan gerakan yang kompleks seperti gym.

10. Meningkatkan Kualitas Seks

hubungan suami istri
Hubungan suami istri, sumber: dream.co.id

Kebutuhan akan seksualitas tentu sudah menjadi kebutuhan dari setiap induvidu terutama bagi Anda yang sudah berumah tangga. Manfaat dari olahraga teratur membantu dalam meningkat kualitas dalam berhubungan seks. Dimana akan nada peningkatan pada sistem kardiovaskular, sirkulasi darah, pengencangan otot, dan fleksibilitas.

Akitivitas jika berolahraga terbukti dapat meningkatkan kinerja dan frekuensi dari seksual. Tentu dengan meningkatkanya kualitas seksual akan membantu dalam mejaga kesehatan reproduksi. Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan olahraga dengan tertaur bisa menjadi rekomendasi.

Itulah beberapa manfaat olahraga teratur, disamping itu juga perlua ada vitamin dan protein tambahan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Salah vitamin yang sangat direkomendasikan adalah British Propolis. Produk tersebut tentunya sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya.

Banyak produk vitamin yang dijual dipasaran tapi, tak sama dengan manfaat dari British Propolis. Jadi, jika ingin mendapatkan stamina dan kebugaran yang maksimal. Sehabis olahraga dengan mengkonsumsi produk tambahan seperti vitamin sangat baik untuk dilakukan.

Semoga dengan informasi yang disampaikan mengenai manfaat olahraga teratur dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Selalu tetap jaga kesehatan tubuh, karena kesehatan adalah investasi masa tua Anda.

Open chat
Konsultasi via WA?