Manfaat sarang lebah ternyata termasuk salah satu yang dicari banyak orang. Beberapa orang mungkin melihat informasi seputar manfaat sarang lebah untuk menyembuhkan penyakit atau untuk dijadikan bahan makanan. Nah, apakah sebenarnya lebah begitu istimewa hingga sarangnya-pun dapat bermanfaat?

Saat ini di tengah berbagai isu seputar kesehatan serta kebutuhan akan pengobatan, berbagai cara dilakukan termasuk mencari obat-obatan di alam. Begitu juga obat tradisional yang meskipun dianggap ketinggalan zaman tetapi masih dapat dirasakan khasiatnya bagi sebagian orang. Nah, bagaimana manfaat sarang lebah bagi tubuh kita?

Sarang Lebah

Di zaman Mesir Kuno, manfaat sarang lebah telah didayagunakan oleh manusia. Pahatan dinding pada Istana matahari bangsa Mesir di Nyuserre Ini bertanggal 2400 SM menggambarkan pekerja menyemburkan asap ke sarang lebah untuk diambil hasilnya. Tulisan detail mengenai produksi madu ditemukan di makam Pabasa bertanggal 650 SM, menunjukkan bahwa sarang lebah buatan berbentuk silindris, dan madu yang dihasilkan disimpan di dalam suatu wadah tertutup.

Sekitar 30 sarang lebah buatan ditemukan di reruntuhan kota Rehov, tempat tinggal bangsa Israel dan Kanaan pada tahun 900 SM. Hal ini menunjukan bahwa industri madu telah ada sejak kurang lebih 3000 tahun yang lalu. Sarang lebah tersebut terbuat dari jerami dan tanah liat yang tidak dibakar. Dan ternak lebah telah ada sebelum kota kuno tersebut dibangun.

Sarang Lebah, sumber : Fatih Kitchen
Sarang Lebah, sumber : Fatih Kitchen

Itulah petikan sejarah dimana ternyata manusia sudah mengambil manfaat sarang lebah sejak dahulu kala. Karena itu, lebah memang dikenal sebagai salah satu hewan istimewa karena semua yang dihasilkannya berguna untuk manusia. Nah, apa saja yang terkandung di dalam sarang lebah yang bermanfaat bagi tubuh manusia?

Sarang lebah kaya akan karbohidrat dan antioksidan. Juga mengandung sejumlah nutrisi lainnya. Komponen utamanya adalah madu mentah, yang menawarkan sejumlah kecil protein, vitamin, dan mineral serta terdiri dari 95–99% gula dan air. Karena belum diproses, madu mentah mengandung enzim seperti glukosa oksidase, yang memberikan madu sifat antimikroba dan antibakteri. Enzim seperti itu dihancurkan oleh pemanasan dan penyaringan yang digunakan untuk memproses sebagian besar madu komersial.

Selain itu, madu mentah cenderung mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu olahan. Antioksidan adalah senyawa tanaman bermanfaat yang meningkatkan kesehatan, mengurangi peradangan, dan melindungi tubuh dari penyakit. Kadar mereka mungkin hingga 4,3 kali lebih tinggi dalam bahan baku daripada dalam madu olahan.

Saat ini, para peternak lebah membuat apa yang disebut sebagai sarang lebah modern. Sarang lebah modern dibangun berdasarkan ide untuk membuat sarang lebah yang dapat digunakan kembali, yaitu ketika madu diekstraksi, sarang lebah tidak perlu dihancurkan. Wildman pada tahun 1700an membangun balok kayu yang sejajar di atas sarang tipe skep, sehingga lebah membangun sarang hingga menjalar ke susunan balok kayu tersebut.

Lebah Membuat Sarang, sumber: 4muda
Lebah Membuat Sarang, sumber: 4muda

Manfaat Sarang Lebah Untuk Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat sarang lebah bagi tubuh manusia? Nah, mungkin ini yang ditunggu-tunggu. Bisa jadi Anda termasuk salah satu yang membutuhkan khasiatnya. Simak beberapa manfaatnya yang dilansir dari halodoc berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

Munculnya radikal bebas pada tubuh tidak lepas dari proses metabolisme yang terjadi. Sederhananya, radikal bebas terbentuk sebagai akibat dari reaksi oksigen yang membentuk molekul dengan jumlah elektron yang sangat terbatas pada bagian kulit luarnya. Radikal bebas ini sifatnya sangat reaktif dengan menyerang sel-sel tubuh yang normal.

Sarang tawon sendiri kaya akan kandungan vitamin penting yang diperlukan tubuh, seperti vitamin C, E, dan A yang baik untuk antioksidan dan penangkal radikal bebas. Selain itu, sarang tawon juga mengandung beberapa enzim, seperti enzim katalase, gluthation peroxydase (GPS), dan superoxida dismutate (SOD).

2. Sebagai Antivirus, Bakteri, dan Jamur

Tahukah kamu kalau lapisan protein adalah tempat berkembangbiaknya virus? Virus ini tidak akan menimbulkan dampak negatif selama lapisan protein tersebut tidak pecah. Bioflavonoid adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk melindungi lapisan protein dari ancaman virus. Nah, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sarang tawon.

Studi yang telah dilakukan oleh The National Heart and Lung Institute London membuktikan bahwa senyawa Bioflavonoid pada sarang tawon berperan aktif dalam membasmi bakteri yang sifatnya resisten terhadap sisntesis biotik. Kandungan inilah yang membuat sarang tawon bersifat sebagai antivirus, bakteri, dan jamur.

3. Obat Alami Aterosklerosis

Manfaat sarang tawon selanjutnya adalah sebagai obat alami penyakit aterosklerosis atau pengapuran pada pembuluh darah akibat dari kolesterol yang mengalami kontaminasi oleh radikal bebas. Sebagian besar kolesterol sebenarnya akan diangkut oleh jaringan hati dalam bentuk LDL melalui pembuluh darah. Saat terjadi kontaminasi oleh radikal bebas, LDL yang terbawa ini akan berubah menjadi Oksi-LDL yang apabila mengendap pada dinding pembuluh darah akan mengakibatkan aterosklerosis. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan memicu terjadinya penyakit lain, seperti stroke, darah tinggi, dan jantung.

Sistem Imun Tubuh, sumber Tribun Jogja
Sistem Imun Tubuh, sumber Tribun Jogja

4. Meningkatkan Kemampuan Sistem Imun Tubuh

Ketika imunitas tubuh mengalami penurunan, akan terjadi penghancuran limfosit yang menyebabkan infeksi jika tidak segera mendapatkan penanganan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada pengidap AIDS atau kanker. Namun, ini bisa diatasi dengan mengonsumsi sarang tawon. Sarang tawon bersifat sebagai imunostimulator untuk mengaktifkan kembali imunitas tubuh yang rendah dengan meningkatkan respon imunnya.

5. Membantu Regenerasi Sel Hati

Penyakit hati seperti hepatitis memiliki ciri terganggunya regenerasi sel hati. Namun, ini bisa diatasi dengan sarang tawon. Kandungan sarang tawon akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus memakan sel hati yang mati sehingga pembentukan jaringan ikat pun dapat dikurangi.

Itu dia berbagai ulasan seputar manfaat sarang lebah yang berhasil dirangkum tim redaksi Ippho.com. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi yang berguna untuk Anda. Simak terus berbagai artikel terbaru dari situs penjualan produk British Propolis.

Open chat
Konsultasi via WA?