Ditengah kondisi yang menantang kesehatan seperti masa pandemi saat ini, banyak orang mencari informasi tentang kesehatan. Terutama informasi tentang nutrisi makanan yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, salah satu nutrisi yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dapat Anda ketahui dari manfaat flavonoid.

Flavonoid bukanlah nama makanan atau masakan tertentu. Bukan juga nama buah dan sayuran yang ada di sekitar kita. Karena itu, mungkin kata ini jarang didengar oleh banyak orang. Namun flavonoid merupakan nutrisi yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran. Nah, apa manfaat flavonoid untuk kesehatan tubuh?

Informasi Seputar Flavonoid

Bagi Anda yang memilih British Propolis sebagai suplemen harian, tentu harusnya sudah familiar dengan kandungan flavonoid di dalamnya. Manfaat flavonoid ini ternyata penting untuk menjaga kebugaran tubuh bahkan saat situasi pandemi seperti yang terjadi sekarang ini. Simak berbagai informasinya berikut ini.

Flavonoid adalah senyama kimia yang bisa didapatkan pada tumbuh-tumbuhan. Terdapat lebih dari 2000 senyawa flavonoid yang berasal dari tumbuhan yang telah terindentifikasi. Inilah definisi flavonoid dilihat dari zatnya. Sedangkan sebagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, pembahasannya berbeda.

Teh Rosella, sumber Bola.net
Teh Rosella, sumber Bola.net

Flavonoid adalah zat yang serupa dengan antioksidan. Jika sudah familiar dengan antioksidan, maka pasti akan memiliki gambaran bahwa zat ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun tentu saja, tetap ada hal negatif yang juga harus dihindari jika mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini karena kondisi tubuh dan takarannya.

Menurut situs alodokter, beberapa manfaat flavonoid yang bisa ditemukan diantaranya :

  • Sebagai bantuan untuk meningkatkan efek vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.
  • Dapat membantu mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.
  • Dapat memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas.
  • Diduga mampu meningkatkan suasana hati Anda yang diakibatkan oleh gangguan mood, mudah marah, dan beberapa hal yang menandai adanya depresi.
  • Berdasarkan data yang ada, mengonsumsi flavonoid diduga dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  • Studi mengenai manfaat flavonoid tersebut sejauh ini masih banyak yang terbatas pada studi terhadap hewan. Data dari penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini kemungkinan dapat mengurangi risiko terkena kanker, penyakit jantung, asma, dan juga stroke. Tetapi data ini masih perlu didukung dengan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Makanan dan Minuman Sumber Flavonoid

Bisa saja Anda langsung mengkonsumsi flavonoid dalam bentuk obat kimia. Namun yang lebih baik adalah mencukupi kebutuhan flavonoid pada tubuh dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan dan manfaat flavonoid di dalamnya. Berikut beberapa diantaranya.

Ekstrak Rosella

Ekstrak rosella dipercaya baik untuk mengobati kolesterol tinggi, hipertensi, dan diabetes tipe 2. Akan tetapi, penggunaan herbal ini sebagai pengobatan masih perlu diteliti lebih lanjut karena belum terdapat studi yang memadai pada manusia untuk menilai keamanan, dosis efektif, dan efek sampingnya bagi kesehatan.

Jus Anggur, sumber Lifestyle Okezone
Jus Anggur, sumber Lifestyle Okezone

Buah Apel

Di dalam buah apel terkandung flavonoid yang bernama quercetin. Kandungan senyawa ini memungkinkan Anda untuk tidak sering berkunjung ke dokter untuk berobat. Quercetin tersebut dikatakan dapat mencegah serangan jantung, mencegah katarak, mengendalikan asma, dan mempercepat penyembuhan kenaikan asam lambung Anda. Namun penelitian ini masih terbatas pada hewan. Efek senyawa quercetin terhadap kesehatan jantung pada manusia belum diteliti dan masih memerlukan studi lebih lanjut.

Jus Anggur merah

Anda dapat memperoleh manfaat flavonoid ini dengan meminum jus anggur yang berwarna ungu. Kandungan flavonoid ini terdapat pada zat warna kulit anggur merah.

Buah Sirsak

Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis ini mengandung antioksidan seperti fenol (sejenis flavonoid), potasium, vitamin C, E. Kandungan ini dikatakan berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit seperti kanker dan hipertensi. Antioksidan pada sirsak juga dapat membantu mengurangi radikal bebas. Meskipun dianggap baik, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan efek pengobatan, dosis efektif, dan efek samping penggunaan suplemen ini pada manusia.

Belimbing wuluh

Buah yang bernama latin Averrhoa Bilimbi ini tinggi Vitamin C, asam oksalat, tannin, asam amino, dan antioksidan seperti flavonoid. Tanaman tradisional ini dipercaya bermanfaat untuk mengobati hipertensi, kolesterol tinggi, kanker, dan diabetes. Namun efek ini masih terbatas pada penelitian pada hewan. Maka dari itu, perlu studi lebih lanjut untuk menentukan dosis efektif dan efek samping penggunaannya pada manusia. Selain itu, buah ini mengandung banyak asam oksalat yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memperberat kondisi gagal ginjal akut.

British Propolis, sumber Ippho.com
British Propolis, sumber Ippho.com

Kacang kedelai

Salah satu sumber flavonoid yang tinggi terdapat pada kacang kedelai. Beberapa penelitian terakhir menyatakan bahwa kacang kedelai diduga memiliki manfaat dalam mencegah kanker payudara, membantu mengurangi kadar gula darah pada diabetes, mengurangi kolesterol, dan membantu mengurangi gejala menopause. Namun fakta ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Nah, itulah berbagai informasi seputar zat dan manfaat flavonoid yang bisa Anda temukan di berbagai buah dan sayuran. Anda juga bisa mendapatkan zat bio flavonoid yang terkandung di dalam British Propolis. Namun, untuk mengkonsumsinya hingga batas maksimal, harap berkonsultasi dengan dokter Anda agar lebih aman.

Untuk berbagai informasi seputar kesehatan dan berbagai bahan alami yang baik bagi tubuh, Anda bisa simak di halaman ippho right. Jika Anda membutuhkan suplemen makanan untuk tubuh, Anda juga bisa memesan produk British Propolis di sini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Open chat
Konsultasi via WA?