Meningkatkan imun tubuh saat ini penting untuk dilakukan. Terlebih dalam situas pandemi yang penularannya terus meningkat dan tidak terkendali. Andalan kita satu satunya adalah imun dengan menjaga aktivitas serta asupan sehat yang memperkuat imun. Nah, bagaimana sebenarnya cara meningkatkan imun tubuh?

Salah satu respon tubuh terkait sistem imun ini adalah amandel. Mungkin Anda pernah mengetahui radang amandel pada anak-anak. Namun amandel jarang ditemukan pada orang dewasa. Selain itu terdapat cara pengobatan alami amandel.

Apa itu Imun?

Untuk urusan kontaminasi terhadap bakteri, virus dan radikal bebas, ternyata tubuh kita mengandalkan imun. Meningkatkan imun tubuh dapat membantu tubuh lebih kuat lagi dalam melawan kontaminasi yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Nah, bagaimana sistem imun tubuh bekerja?

Dilansir dari situs hello sehat, Sistem imun adalah sekelompok sel, protein, jaringan, dan organ khusus yang bekerja sama melawan segala hal yang berbahaya bagi tubuh. Sistem ini terdiri dari banyak komponen, mulai dari sel hingga organ. Salah satu jenis sel yang paling penting dalam jaringan tersebut adalah sel darah putih (leukosit).

Ilustrasi Sistem Imun, sumber Kompas Health
Ilustrasi Sistem Imun, sumber Kompas Health

Leukosit dihasilkan atau disimpan pada berbagai tempat di tubuh. Di antaranya yaitu timus, limpa, dan sumsum tulang, di mana organ-organ ini dikenal sebagai organ limfoid. Kadang leukosit juga disimpan dalam gumpalan jaringan limfoid (kelenjar limpa) yang tersebar di seluruh tubuh.

Leukosit bergerak di seluruh tubuh melalui pembuluh limpatik dan pembuluh darah seperti berpatroli, memantau adanya kemungkinan penyerang yang berbahaya.

Ada dua tipe leukosit utama yang bekerja sama untuk mencari dan membunuh organisme atau zat penyebab penyakit, yaitu:

  • Limfosit adalah sel-sel yang membantu tubuh mengingat dan mengenali penyerbu sebelumnya. Limfosit juga membantu menghancurkan penyerbu tersebut. Ada dua macam limfosit, yaitu limfosit B dan limfosit T. Dihasilkan di sumsum tulang, limfosit akan menetap dan berkembang menjadi sel B, atau berpindah ke kelenjar timus dan berkembang menjadi sel T.
  • Fagosit adalah sel-sel yang memakan penyerbu. Ada berbagai macam sel yang tergolong sebagai fagosit. Setiap jenis fagosit memiliki tugasnya masing-masing. Sebagai contoh, tipe yang paling umum adalah neutrofil, yang bertugas melawan bakteri.

Kerja Sistem Imun

Mikroorganisme dan zat-zat asing yang menyerang tubuh disebut sebagai antigen alias bibit penyakit. Saat antigen terdeteksi, serangkaian respon imun akan terjadi untuk melindungi tubuh dari terinfeksi.

Pada proses tersebut, beberapa macam sel bekerja sama untuk mengenali antigen dan memberikan respon. Sel-sel ini kemudian merangsang limfosit B untuk menghasilkan antibodi. Antibodi adalah protein yang didesain khusus untuk menempel pada antigen tertentu. Setelah itu, sel T mencari antigen yang telah ditumpangi dan menghancurkannya. Sel T juga membantu memberi sinyal pada sel-sel lain (seperti fagosit) untuk melakukan tugasnya.

Begitu dihasilkan, antibodi akan berada dalam tubuh seseorang selama beberapa waktu, sehingga apabila antigen atau bibit penyakit kembali, antibodi sudah tersedia untuk melakukan misinya.

Pola Hidup Sehat, sumber Pikiran Rakyat
Pola Hidup Sehat, sumber Pikiran Rakyat

Antibodi juga dapat menetralkan racun yang dihasilkan oleh organisme dan mengaktifkan sekelompok protein yang disebut komplemen. Komplemen adalah bagian dari sistem imun yang membantu membunuh bakteri, virus atau sel-sel yang terinfeksi.

Bersama, semua sel-sel khusus dan bagian sistem imun menghasilkan perlindungan bagi tubuh terhadap penyakit. Proteksi inilah yang disebut imunitas.

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Situasi pandemi memang mengkhawatirkan dari sisi sebaran penyakitnya. Selain menghindari penyakit dengan melaksanakan protokol kesehatan, meningkatkan imun tubuh juga menjadi lapisan pertahanan untuk menjaga agar tubuh tidak terkena penyakit. Nah, berikut beberapa cara meningkatkan imun tubuh.

Secara umum, untuk meningkatkan imun tubuh diperlukan 2 hal, yaitu pola hidup sehat dan mengkonsumsi suplemen. Namun menerapkan pola hidup sehat saja sebenarnya sudah mencukupi. Bagaimana pola hidup sehat yang dapat meningkatkan sistem imun?

1. Berolahraga Teratur

Olahraga adalah aktivitas yang baik dibandingkan aktivitas lainnya yang kita lakukan setiap hari meskipun sama-sama menguras energi. Olahraga disebut bisa menantang tubuh dan memacu agar metabolisme tubuh dapat normal bahkan lebih cepat. Ini memberikan dampak positif meningkatkan imun tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi, antara lain untuk: membinasakan bakteri yang memasuki tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi dan T Cell.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tubuh yang sehat adalah tubuh yang cukup asupan nutrisi dan gizinya. Termasuk untuk meningkatkan imun tubuh. Diperlukan nutrisi tertentu yang berfungsi untuk itu. Nah, apa saja yang perlu dikonsumi agar tubuh tetap sehat?

Konsumsilah makanan yang tinggi serat serta mengandung anti oksidan tinggi. Selain itu, konsumsi juga berbagai asupan yang tinggi vitamin selain asupan utama yaitu karbohidrat, protein dan lemak. Perhatikan juga kadar makanan yang Anda konsumsi, jangan sampai berlebihan. Karena berlebihan juga tidak baik.

Sistem Imun, sumber SINDONews
Sistem Imun, sumber SINDONews

3. Tidur Cukup

Tidur adalah bagian dimana tubuh Anda melakukan berbagai perbaikan dan memproduksi pertumbuhan. Setelah beraktivitas misalnya bekerja dan berolahraga, maka dengan tidur, energi dapat kembali dan segala dampak aktivitas misalnya olahraga akan terasa. Seberapa banyak waktu tidur yang disarankan?

Menurut beberapa informasi dari ahli kesehatan, tidur yang baik adalah 8 jam dalam sehari. Namun setidaknya tidur 6 jam juga cukup untuk menjadikan tubuh kembali segar dan berenergi. Selain itu, waktu tidur yang baik adalah di malam hari.

4. Hindari Stress

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin tinggi stres, semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh. Dalam berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa stres sangat berhubungan dengan menurunnya kinerja Natural Killer Cell, juga sel darah putih, dan antibodi dalam darah.

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Meskipun tubuh kita sudah diperkaya dengan antibodi atau imun, bukan berarti kita tinggal di tengah tempat yang kotor. Karena tempat yang kotor memungkinkan bakteri dan virus untuk hinggap. Karena itu, jagalah kebersihan diri dan lingkungan Anda.

Itu dia 5 tips untuk meningkatkan imun tubuh serta informasi seputar apa itu imun dan bagaimana kerja sistemnya. Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda? Silahkan kirim jawaban Anda di kolom komentar ya! Simak terus berbagai informasi lainnya seputar kesehatan dan british propolis di website ini.

Open chat
Konsultasi via WA?