Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu kebiasan yang perlu dilakukan sebagaiman menjaga organ tubuh lainnya seperti menjaga paru-paru. Tentu saja, mata merupakan salah satu organ yang paling bermanfaat bagi kita. Namun ternyata, tidak sering disadari sebelum mencegah kita malah harus mengobati. Lantas, bagaimana tips menjaga kesehatan mata untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan mata kita?

Penyakit mata seperti katarak dan gangguan mata lainnya sebenarnya bisa dicegah. Terkecuali ada riwayat penyakit keturunan sehingga terkadang berbagai penyakit atau gangguan kesehatan tidak dapat kita hindari. Ada berbagai tips menjaga kesehatan mata yang perlu Anda lakukan untuk mencegah berbagai gangguan pada mata ini.

Arti Mata Bagi Kita

Tidak bermaksud mengurangi simpati kepada orang yang tidak beruntung, namun siapa saja pasti memahami bahwa mata merupakan salah satu anugerah yang kita miliki untuk bisa melihat berbagai hal di dunia ini. Sehingga tips menjaga kesehatan mata harus menjadi kebiasan bagi kita agar anugerah yang kita miliki ini tetap baik terjaga.

Mata mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi, mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya. Kemudian mengatur intensitasnya melalui diafragma dan memfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar.

Mata, sumber Science
Mata, sumber Science

Selanjutnya mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik dan mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak.

Itulah mekanismenya sehingga akhirnya kita bisa mengenal berbagai hal melalui organ penglihatan ini. Namun untuk beberapa makhluk hidup lainnya mata bisa lebih dari sekedar penglihatan. Termasuk juga mata bisa saja hanya sekedar bentuk yang dapat mengelebaui dari sisi anatomis makhluk hidup sebagai bentuk dari adaptasi atau perlindungan.

Tentu saja masih banyak lagi manfaat dan fakta seputar mata yang mungkin belum bisa dijabarkan satu per satu. Apapun itu, semuanya menunjukkan betapa organ tubuh yang satu ini begitu penting bagi kita. Karena itu, salsah satu bagian tubuh yang perlu kita jaga adalah mata.

Tips Menjaga Mata

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan mata? Terganggunya organ yang satu ini tentu bisa menjadi kendala dalam aktivitas kita sehari-hari. Meskipun begitu, kita tetap perlu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Nah, berikut tips menjaga kesehatan mata untuk Anda yang dilansir dari Alodokter.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Menatap Layar Elektronik, sumber Business Insider
Menatap Layar Elektronik, sumber Business Insider

2. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

3. Memakai Kacamata Hitam

Tidak hanya kulit yang perlu dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet matahari, mata juga perlu. Mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet dapat mengalami katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan bahkan kanker mata. Oleh karena itu, pakailah kacamata hitam yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB, serta kenakan topi ketika berjalan-jalan di siang hari.

4. Tidak Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok juga bisa menyebabkan penimbunan plak di pembuluh darah dan melemahkan arteri, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

5. Membuang Makeup Lama

Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Buang dan ganti makeup Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan makeup dari dan kepada orang lain. Serta pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai makeup. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata ketika mengenakan makeup, hapus riasan dan segera periksakan diri ke dokter.

6. Rajin Olahraga

Penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Menggunakan Kacamata Hitam, sumber Little Guest
Menggunakan Kacamata Hitam, sumber Little Guest

7. Menjaga Kebersihan Mata

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Lebih dari itu semua, jika Anda merasakan terdapat gangguan, periksakan dan sampaikan keluhan mata Anda kepada ahli kesehatan di sekitar Anda. Selain itu, sebenarnya meskipun kita merasa sehat, namun ada jadwal untuk memerisakan mata. Tujuannya tentu saja untuk mencegah jika ada kemungkinan gangguan mata.

Itu dia tips menjaga organ mata yang praktis untuk dilakukan. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi kecil untuk tetap hidup sehat. Simak berbagai ulasan seputar obat dan kesehatan lainnya di ipphoright.com.

Open chat
Konsultasi via WA?