Ada banyak cara yang direkomendasikan untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat. Apalagi ditengah kondisi pendemi virus covid-19 yang lebih sering menyerang paru-paru atau saluran pernafasan. Padahal, paru-paru adalah salah satu organ tubuh penting yang hampir tidak dapat digantikan.

Paru-paru yang sehat dapat menjadikan kita leluasa untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Karena itu, menjaga paru-paru harus menjadi kebiasaan kita sebagai salah satu bagian dari aktivitas menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat?

Mengenal Organ Paru-paru

Mudahnya, saat kita bernafas, kita membutuhkan paru-paru yang sehat. Karena itu, menjaga kesehatan paru-paru harus dilakukan, karena pernafasan yang sakit membuat kita mengalami berbagai masalah untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun kenali dulu sedikit informasi seputar organ yang satu ini.

Saat kita menghirup udara melalui saluran pernafasan kita, sebenarnya organ tubuh melakukan kerja agar udara yang kita hirup bersih dan dapat dijadikan sebagai bahan bakar metabolisme tubuh. Itulah paru-paru, organ yang melakukan penyerapan oksigen dan mengedarkannya keseluruh tubuh melalui aliran darah untuk menjadi bahan bakar bagi metabolisme tubuh kita.

Ilustrasi Paru-paru, sumber Magic Mine Shutterstock
Ilustrasi Paru-paru, sumber Magic Mine Shutterstock

Dilansir dari wikipedia, Paru-paru merupakan sepasang organ yang memiliki tekstur kenyal dan berisi udara, dibantu oleh Trakea dalam penghantaran udara. Paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Paru-paru mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel, ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbondioksida dilepaskan melalui aliran darah. Organ paru-paru terlibat dalam sintesis, penyimpanan, transformasi dan degradasi zat.

Ketika proses pernapasan berlangsung, udara masuk melalui mulut dan hidung kemudian melewati trakea untuk bisa sampai ke paru-paru. Sampailah pada bagian bronkus (kanan dan kiri) kemudian masuk pada bagian bronkuiolus yang lebih kecil sampai di alveoli. Bagian alveoli ditutupi oleh pembuluh darah kapiler dan terjadilah pertukaran O2 dan CO2.

Darah yang terdeoksigenasi dari jantung menuju ke paru-paru. Ketika darah melewati kapiler berdinding tipis maka oksigen akan diangkut dari alveoli dan menukarkan dengan CO2. Darah dengan kandungan O2 tinggi dari paru-paru dikirim kembali ke jantung dan dipompa ke seluruh tubuh dan CO2 dikeluarkan dari paru-paru.

Bagian paru terbagi atas dua yaitu pulmo dekster dengan 3 lobus dan pulmo sinister dengan 2 lobus. Paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan paru-paru kanan. Setiap lobus dari paru seperti balon yang diisi dengan spons, udara masuk dan keluar melalui satu jalan. Paru-paru dibungkus oleh selaput yang mengelilingi kedua paru-paru dan memisahkan paru-paru dari dinding dada disebut pleura.

Berolahraga, sumber Klikdokter
Berolahraga, sumber Klikdokter

Paru-paru terletak dibagian rongga dada bagian atas, otot dan rusuk membatasi bagian samping dan diafragma membatasi bagian dibawah paru. Karena itu, waspada terhadap benturan di bagian dada karena merupakan tempat organ baik paru-paru maupun organ lainnya.

Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Lantas, bagaimana menjaga paru-paru tetap sehat? Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Namun tips ini bisa dilakukan selama paru-paru masih sehat dan berfungsi dengan baik. Apabila sudah terdapat gejala, justru tips ini bisa saja memperparah kondisi paru-paru Anda. Jika demikian, pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter yang sesuai dengan bidangnya.

1. Berolahraga

Berolahraga dapat dikatakan sebagai solusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun lebih spesifik untuk menjaga paru-paru, berolahraga bisa menjadi salah satu yang paling efektif. Karena aktivitas ini pasti melibatkan organ pernafasan bahkan hingga menguji sejauh mana kekuatan organ pernafasan kita.

Contoh olahraga yang paling simpel adalah joging. Namun olahraga lainnya sebenarnya juga hampir semuanya melibatkan organ pernafasan. Sehingga Anda relatif bisa memilih jenis olahraga yang Anda sukai.

2. Hirup Udara yang Bersih

Meskipun kemampuan paru-paru adalah menyaring udara, namun bukan berarti kita menghirup udara yang polusi. Bahkan menghirup polusi dapat sangat berbahaya. Karena itu, berusahalah untuk berada di tempat yang berudara bersih dan segar untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Salah satu kebiasaan yang membuat kita menghirup polusi adalah kebiasan merokok. Aktivitas ini memang berupa menghirup asap dari bahan salah satunya adalah tembakau. Selain itu, saat Anda harus berada di daerah yang polusinya tinggi seperti jalanan, Anda dapat memakai masker agar udara yang dihirup mempunyai saringan luar sebelum paru-paru.

Ilustrasi Anti Oksidan, sumber Klidokter
Ilustrasi Anti Oksidan, sumber Klidokter

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang dapat menjaga fungsi imunitas tubuh, mengaktifkan hormon dan menjadikan metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Lebih khusus lagi untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan ini dapat Anda peroleh sebagai kandungan didalam british propolis.

Dengan antioksidan, tubuh kita dapat melawan berbagai benda asing dalam bentuk mikro yang masih kedalam tubuh salah satunya melalui sistem pernafasan. Selain propolis, antioksidan dapat Anda konsumsi dari berbagai sayuran dan buah-buahan.

4. Menjaga Kebersihan

Tempat tinggal kita adalah tempat dimana kita berada paling lama. Seperti saat malam hari di saat tidur. Karena itu, perlu menjaga kebersihan tempat tinggal agar kita bisa terhindar dari berbagai hal yang dapat menganggu kesehatan, khususnya untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Misalnya kelembapan udara di rumah, perlu diatur agar tidak sangat basah termasuk agar tidak terlalu kering. Kondisi tersebut dapat mengganggu sistem pernapasan kita. Selain itu, menjaga kebersihan dapat dilakukan juga dengan mandi teratur dan sering mencuci tangan.

5. Rajin Check-up

Memeriksakan diri ke dokter sangat baik terutama untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang bisa merusak kesehatan tubuh. Namun jika Anda merasa sehat-sehat saja, Anda hanya perlu melakukan check-up setahun sekali. Berbeda apabila sudah terdapat gejala yang menyebabkan masalah kesehatan.

Itu dia berbagai informasi seputar menjaga kesehatan paru-paru dalam bentuk tips praktis yang mudah untuk dilakukan. Semoga informasi ini dapat memberikan ulasan yang bermanfaat untuk Anda. Simak terus berbagai informasi kesehatan lainnya di ippho.com.

Open chat
Konsultasi via WA?