Makan sudah menjadi asupan nutrisi dan sumber tenaga bagi tubuh yang wajib dipenuhi. Tentunya Anda sudah tahu alasannya yaitu, agar dapat bertahan hidup. Memiliki menu makanan sehat setiap hari adalah perencanaan yang sangat baik. Apalagi jika dikonsumsi secara teratur, dampak positifnya kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

Namun, ada yang harus Anda perhatikan bahwa menu makanan sehat setiap hari harus dibarengi dengan olahraga. Dua hal tersebut harus bisa dikerjakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semua ini merupakan bentuk dari pola hidup sehat yang seharusnya bisa diterapkan oleh semua orang.

Ada berbagai menu makan sehat yang bisa diolah sendiri atau membelinya. Jika Anda membuatnya sendiri berbagai bahan seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan lainnya. Mudah ditemukan dan didapatkan di supermarket dan pasar tradisional. Bila Anda tidak sempat mengolahnya sendiri bisa membelinya di tempat makan yang menyediakan menu makan sehat.

Berikut ini Anda bisa simak penjelasan dari menu makanan sehat setiap hari yang mudah untuk dibuat.

Menu Makan Pagi (Sarapan)

Sebelum memulai aktivitas harian sarapan merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Karena dengan sarapan tubuh akan memiliki energi dan tidak mudah merasa lemas. Jenis makanan yang dikonsumsi disarankan memiliki protein, vitamin, dan mineral. Hindari menu sarapan yang terlalu berlebihan atau tinggi karbonhidart. Ada beberapa makanan sehat yang cocok untuk Anda konsumsi sebagai menu sarapan diantaranya:

1. Smoothies

smoothies
Aneka jenis smoothies, sumber: yummytoddlerfood.com

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan smoothies yang merupakan makanan sehat untuk sarapan. Bahan untuk membuatnya pun sangat sederhana dan mudah dibuat oleh siapa saja. Terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, dan susu yang diolah sesuai keinginanan.

Dengan menjadikan smoothies menjadi salah satu menu sarapan Anda asupan gizi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi. Biasanya untuk mendapatkan nutrisi lebih smoothies dibuat dengan perpaduan buah dan sayuran. Tapi, jika Anda lebih suka buah saja bisa tambahkan biji-bijian seperti alamond sebagai campurannya.

2. Oatmeal

Oatmeal tambahan toping buah, sumber: alodokter.com

Jenis sarapan yang terbuat dari gandum dan diolah dengan cara digiling. Menjadi menu makanan sehat setiap hari Anda sebagai pengganti karbohidrat dari nasi. Tak perlu repot-repot untuk membuatnya karena oatmeal sudah tersedia dalam bentuk produk. Anda hanya perlu memanaskannya kembali sampai lembut untuk dapat diikonsumsi.

Supaya oatmeal Anda semakin kaya akan nutrisi dan gizi bisa ditambahkan varian buah segar dan susu skim (rendah lemak). Satu porsi oatmeal mengandung 60 gram karbohidarat, 16 gram protein, dan 10 gram serat. Kandungan yang terdapat dalam oatmeal sudah bisa memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Olahan Roti

sandwich
Sandwich, sumber: detik.com

Roti menjadi menu makan sehat yang hampir dikonsumsi setiap harinya. Pendamping dari roti biasanya seperti susu, kopi, teh, dan minuman lainnya. Namun, paling cocok jika mengkonsumsi roti dengan susu. Untuk olahan roti bisa Anda sesuaikan dengan keinginanan dan ketersedian bahan yang dimiliki.

Jenis olah roti yang paling umum dibuat seperti roti panggang dengan tambahan toping telur (omlet/orak-arik). Jika mau yang lebih simple sandwich dan roti dengan tambahan selai bisa dicoba. Agar kaya akan nutrisi Anda bisa menambahkan variasi jenis buah atau sayuran tergantung olahan roti yang dibuat.

Menu Makan Siang

Makanan yang dikonsumsi untuk menu makan siang disarankan yang memiliki kandungan karbohidrat. Perlu diingat bahwa dalam mengkonumsi makanan karbohidrat jangan terlalu berlebihan. Walaupun Anda membutuhkan sumber energi untuk melanjutkan aktivitas. Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi pada saat makan siang secukupnya saja.

Berikut ini menu makan sehat yang bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk makan siang diantaranya:

1. Salad Ayam

salad ayam
Salad ayam komplit, sumber: lemonilo.com

Bagi Anda yang sedang diet atau membatasi mengkonsumsi nasi putih. Salad ayanm bisa menjadi menu makan siang yang bisa dicoba. Terdiri dari bahan yang sangat sederhana yaitu, sayuran kol, brokoli, telur, dan dada ayam. Semua bahan tersebut direbus dan diberi bumbu secukupnya untuk memberikan rasa pada salad ayam.

Tak perlu khawatir Anda tetap bisa merasakan kenyang atau rasa lapar akan hilang, ketika mengkonsumsi salad ayam. Anda hanya perlu menyesuaikan porsi salad ayam sesuai dengan kebutuhan saat makan siang.

2. Tuna Grill

tuna grill
Tuna grill dan nasi, sumber: cafishgrill.com

Hidangan laut yang sangat populer dengan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tuna menjadi salah satu jenis ikan yang banyak dikonumsi untuk makan siang. Nasi putih dan jenis sayuran hijau biasanya menjadi makanan pedamping untuk menyantap ikan tuna. Anda bisa mencoba tuna grill sebagai menu makan siang.

Bumbu yang digunakan pun sangat sederhana dalam membuatnya. Anda hanya perlu memberikan tambahan bawang, garam, merica, dan bumbu penyedap lainnya. Tuna grill sampai setengah matang (medium) dengan api yang sedang. Anda bisa menambahkan bebrapa toping tambahan seperti mayonnaise dan daus adas kering.

3. Pasta Udang dan Bayam

pasta udang dan ayam
Pasta dengan tambahan udang dan bayam, sumber: cookindo.web

Hampir seperti mie pada umumnya namun, pasta sedikit berbeda dari segi tekturnya. Pasta lebih tebal dan panjang biasanya dikonsumsi sebagai pengganti karbohidarat dari nasi. Agar pasta semakin sehat dan benutrisi tambahankan udang dan bayam. Gunakan penyedap rasa seckupnya agar cita rasa pasta gurih dan nikmat.

Untuk mengolahnya terbilang cukup mudah Anda perlu merebus pasta, udang, dan sayur bayam. Setalah itu tinggal dicampurkan dalam satu wadah (piring atau mangkung). Pasta udang dan bayam pun siap untuk Anda konsumsi sebagai menu makan siang.

Menu Makan Malam

Pada malam hari tubuh hanya memerlukan sedikit asupan sebelum istirahat atau tidur. Sehingga jenis makan yang dikonsumsi tak perlu terlalu berat atau yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Cukup dengan makanan ringan yang sehat dan bergizi untuk menjadi menu makan malam Anda. Berikut ini menu makan malam yang bisa dicoba dianatranya:

1. Sop Sayur Bening

sop sayur bening
Sop dengan tambahan ayam, sumber: detik.com

Menu makan malam yang sangat nikmat walaupun terlihat sederhana. Dimana hanya terdiri dari sayuran hijau dan tambahan umbi-umbian seperti wortel dan kentang. Kadungan dari sop sayur bening sudah bisa menjadi asupan nutrisi yang cukup sebelum beristirahat.

Agar sop sayur bening semakin menarik dan bergizi Anda bisa menambahkan beberapa bahan tambahan. Seperti ayam, telur, daun bawang, jagung, buncis, dan yang lainnya. Sehingga akan terasa lebih nikmat jika disantap menggunakan nasi hangat.

2. Salad Buah dan sayur

salad buah dan sayur
Salad buah, sumber: elevenia.co.id

Kaya akan nutrisi dan sumber gizi menjadikan salad buah dan sayur menjadi menu makan malam yang sehat. Terdiri dari berbagai macam jenis sayur dan buah, bisa Anda sesuaikan dengan selera. Untuk salad sayur bisa dijadikan sebagai makanan utama dan salad buah menjadi hidangan pencuci muut.

Jenis buah yang sering digunakan seperti jeruk, apel, alpukat, anggur, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk sayur baya, seledri, brokoli, kubis, dan jenis sayuran lainnya. konsumsilah salad buah dan sayur sesuai dengan porsi yang dibutuhkan agar terasa kenyang.

3. Nasi Kembang Kol

nasi kembang kol
Olahan nasi kembang kol, sumber: sehatq.com

Jika Anda membutuhkan asupan nasi sebagai menu makan malam bisa mencoba nasi kembang kol. Agar nasi kembang kol yang dikomsumsi lebih menarik dan bergizi Anda bisa tambahkan beberapa toping. Seperti jagung, irisan ayam/daging, telur, dan sayuran hijau yang bisa dijadikan satu saat mengolahnya.

Anda akan lebih lama merasa lapar dan tidur pun akan terasa lebih nyaman. Karena mengandung nasi disarankan untuk mengkonsumsinya dengan porsi yang secukupnya dan tidak berlebihan.

Ituah menu makanan sehat setiap hari yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran dan stamina tubuh. Perlu adanya suplemen tambahan seperti British Propolis untuk memenuhinya. Untuk manfaat yang diberikan tentunya sudah tak perlu diragukan lagi.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Tetap selalu jaga kesehatan, agar hari-hari yang dilalui terasa lebih menyenangkan.

Open chat
Konsultasi via WA?