Sakit maag ternyata merupakan salah satu masalah kesehatan yang banyak terjadi pada penduduk Indonesia. Jika Anda salah satunya, Anda harus mengetahui cara menyembuhkan penyakit maag. Namun apa ya kira-kira alasannya penduduk Indonesia banyak yang mengalami masalah pada lambung ini?

Ada banyak penyakit yang merupakan masalah pada lambung. Penyakit maag adalah salah satunya. Sebelum mengetahui cara menyembuhkan penyakit maag, kenali terlebih dahulu berbagai informasi seputar salah satu masalah pada lambung ini agar dapat ditangani dengan tepat.

Seputar Sakit Maag

Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami rasa nyeri pada lambung Anda? Nah, ketahui cara menyembuhkan penyakit maag. Karena sangat mungkin masalah lambung yang Anda alami adalah penyakit maag.

Biasanya, orang-orang yang masih berusia muda lebih cenderung mengabaikan rasa nyeri pada lambung ini. Karena jika benar merupakan penyakit atau gejala maag, solusi yang biasa ditempuh adalah dengan cara makan makanan. Secara umum masyarakat memahami bahwa maag disebabkan oleh perut yang kosong dalam waktu yang lama.

Makanan Pedas, sumber Tirto.id
Makanan Pedas, sumber Tirto.id

Namun akan berbeda jika rasa nyeri ini dialami oleh orang-orang yang sudah berusia lanjut. Karena bisa saja mereka tidak mampu menahannya sehingga langsung menemui dokter. Karena itu, kenali informasi seputar kondisi ini dan cari tahu cara menyembuhkan penyakit maag.

Menurut beberapa situs yang berisi informasi seputar kesehatan, memang benar bahwa banyak orang yang cenderung mengabaikan rasa nyeri pada lambung yang terindikasi penyakit maag. Namun jika muncul gejala-gejala lanjutan, maka akan membahayakan dan harus segera ditangani dengan tindakan oleh ahlinya.

Menurut situs alodokter, gejala bahwa penyakit maag sudah harus diperiksakan ke dokter adalah :

  • Muntah
  • Sulit menelan
  • Nyeri ulu hati
  • Berat badan turun tanpa sebab.

Gejala-gejala di atas akan tambah parah apabila disertai stress. Hal ini juga berlaku untuk sebagian penyakit lainnya, dimana akan semakin parah jika kondisi mental dalam keadaan stress.

Menurut terminologi kedokteran, definisi penyakit maag adalah, sakit maag atau dispepsia adalah gejala penyakit berupa rasa nyeri dan panas pada lambung yang terjadi akibat sejumlah kondisi. Di antaranya adalah luka terbuka pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

Sehingga dari terminologi ini, ternyata maag itu bukanlah penyakit. Maag merupakan gejala yang dapat menimbulkan penyakit pada lambung. Kata maag itu sendiri ternyata merupakan serapan dari bahasa Belanda yang bermakna lambung.

Sakit pada lambung atau maag juga bisa menyebabkan komplikasi. Berikut ini 3 komplikasi yang berkaitan dengan penyakit maag:

Ilustrasi Sakit Maag, sumber Klik Dokter
Ilustrasi Sakit Maag, sumber Klik Dokter

Esofagus barret

Esofagus barret disebabkan oleh paparan asam lambung di kerongkongan secara terus-menerus, yang menyebabkan perubahan pada sel-sel di lapisan bagian bawah kerongkongan menjadi sel kanker.

Stenosis pilorus

Komplikasi ini terjadi ketika asam lambung menyebabkan iritasi jangka panjang pada lapisan sistem pencernaan. Piloris adalah jalur antara lambung dan usus kecil. Pada kasus stenosis pilorik, pilorus menjadi parut dan menyempit. Akibatnya, makanan tidak bisa dicerna dengan baik.

Penyempitan Esofagus

Penyempitan esofagus terjadi bila seseorang mengalami sakit maag berulang akibat refluks asam. Gejala yang muncul biasanya berupa sulit menelan dan nyeri pada bagian dada.

Untuk membantu dokter mendiagnosis sakit maag, seseorang perlu menjelaskan secara detail gejala yang dialami, termasuk lokasi munculnya rasa nyeri di perut. Dokter juga akan mencari tahu tentang riwayat kesehatan kamu dan memeriksa bagian perut dengan cara menekan area perut yang berbeda untuk mengetahui apakah ada area perut yang sensitif, nyeri saat ditekan, atau nyeri di bawah tekanan.

Bila dokter mencurigai adanya kondisi medis tertentu sebagai penyebab sakit maag, maka dokter bisa menganjurkan tes diagnostik, sepertu tes darah, endoskopi, tes untuk mendiagnosis infeksi bakteri H pylori, tes fungsi hati, dan sinar X.

Cegah Sakit Maag

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Nah, jika Anda termasuk salah satu yang masih belum mengalami penyakit akibat maag, ada cara untuk mencegah sakit maag. Simak tips berikut ini sebelum melihat cara menyembuhkan penyakit maag.

Pola Hidup Sehat, sumber Pikiran Rakyat
Pola Hidup Sehat, sumber Pikiran Rakyat

Hindari makanan yang mengiritasi perut. Jika hal tersebut dapat mengganggu perut kamu setelah memakannya, sebaiknya dihindari. Setiap orang berbeda, tetapi makanan pedas, buah jeruk, dan makanan berlemak dapat menyebabkan iritasi umum.

1. Berhentilah merokok. Perokok berat lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit maag daripada yang bukan perokok.

2. Hindarilah konsumsi alkohol. Konsumsi alkohol dalam jumlah besar telah terbukti berkontribusi pada pengembangan bisul di dalam lambung, jadi pertahankan asupan alkohol kamu seminimal mungkin.

3. Kelola stres dengan baik. Latihan teratur dan teknik relaksasi antara pikiran dan tubuh umumnya membantu untuk mengurangi penyakit maag kambuh.

4. Makanlah dalam porsi kecil. Porsi besar membuat perut harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Sebaiknya makanlah dalam porsi kecil, secara perlahan, dan jangan berbaring setelah makan.

5. Jangan tidur atau berolahraga dengan perut penuh. Bila ingin berolahraga, lakukan setidaknya satu jam setelah makan (bukan porsi besar). Sementara itu, tunggulah tiga jam setelah makan sebelum tidur.

6. Hindari menggunakan celana atau pakaian ketat. Kondisi ini bisa menekan perut, dan membuat makanan naik ke kerongkongan.

Cara Menyembuhkan Penyakit Maag

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan penyakit maag? Untuk melakukan cara-caranya, Anda perlu didiagnosa terlebih dahulu. Jika Anda termasuk orang yang masih ringan belum mengalami sakit, maka cara yang perlu dilakukan akan berbeda dengan orang yang sudah sakit akibat maag.

Jika belum menjadi penyakit pada lambung Anda, untuk mencegah terjadinya maag, lakukan pencegahan dengan cara :

  • Kurangi makanan berlemak dan pedas
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein
  • Tidur setidaknya selama 7 jam setiap malam juga bisa membantu meredakan sakit maag ringan
  • Berolahraga secara teratur dan berhenti merokok

Jika sudah didiagnosa oleh dokter dan ternyata Anda sakit akibat maag, dokter bisa meresepkan obat, seperti obat golongan antasida, antagonis reseptor H-2, dan inhibitor pompa proton (PPI).

Itu dia informasi seputar sakit maag yang bisa menjadi referensi kecil bagi Anda. Jika Anda membutuhkan informasi seputar kolesterol, kunjungi halaman artikel lainnya di website British Propolis. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Open chat
Konsultasi via WA?