Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan memberikan perawatan yang tepat dan berbagai makanan yang bisa menjadi nutrisi kulit. Perawatan untuk menjaga kulit dari luar, sedangkan nutrisi kulit berfungsi dari dalam.

Ada banyak bahan makanan terutama dari sayur dan buah-buahan termasuk herbal jamu yang bagus untuk nutrisi kulit. Bahkan beberapa diantaranya juga merupakan obat untuk masalah yang terjadi pada kulit. Simak berbagai informasi seputar kesehatan kulit dan berbagai nutrisi untuk kulit yang kita butuhkan berikut ini.

Nutrisi Untuk Kesehatan Kulit

Dengan memberikan berbagai makanan, buah-buahan maupun bahan alami lainnya yang bagus untuk nutrisi kulit, kesehatan kulit kita akan dapat terjaga. Namun tahukah Anda apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kita? Jangan sampai kita sembarang mengkonsumsi jika ternyata tidak memiliki manfaat bagi kulit. Berikut berbagai nutrisi kulit yang diperlukan yang dilansir dari jovee.id.

Bahan Makanan Nutrisi Kulit, sumber klikdokter
Bahan Makanan Nutrisi Kulit, sumber klikdokter

1. Vitamin E

Karena mengandung antioksidan, vitamin E mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Secara tidak langsung, vitamin ini juga mengurangi risiko penyakit kanker kulit. Tidak heran jika vitamin E disebut sebagai salah satu vitamin kulit yang bagus.

Mikronutrien ini juga bisa membantu mengatasi kulit yang kasar dan kering, menjaga teksturnya, serta mencegah timbulnya flek hitam dan kerutan pada kulit. Tubuh dapat memproduksi vitamin E melalui sebum. Kalau jumlahnya seimbang, sebum tersebut bisa membantu menjaga kulit dari kekeringan. Sejumlah makanan tinggi vitamin E yang bisa Anda konsumsi, yakni bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun.

2. Vitamin A

Meski dikenal dengan perannya dalam menjaga kesehatan mata, vitamin A pun berfungsi memelihara kulit yang sehat. Banyak pula penelitian yang menunjukkan efek positif vitamin A terhadap kulit, seperti:

  • Menghaluskan kulit
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus memelihara jaringan sehat
  • Mengurangi kerutan dan garis-garis halus
  • Membantu mencerahkan wajah
  • Membantu mengendalikan jerawat

Vitamin A bisa ditemukan pada berbagai makanan, termasuk wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua. Tidak sedikit pula produk kecantikan yang memakai vitamin ini sebagai bahannya, terutama retinoid.

Retinoid merupakan turunan vitamin A yang mempercepat regenerasi atau pergantian sel-sel kulit. Inilah sebabnya, kulit Anda terlihat lebih cerah dan bersih setelah menggunakan produk retinoid. Senyawa ini efektif pula untuk meredakan jerawat dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

3. Vitamin B kompleks

Terutama biotin dan niacinamide. Biotin diperlukan tubuh untuk membentuk kuku, kulit, dan sel rambut. Sedangkan, vitamin B3 atau niacinamide banyak digunakan untuk membantu mengurangi dan mengatasi perubahan warna kulit.

Niacinamide menjadi salah satu vitamin kulit terbaik yang sering dijumpai pada sejumlah produk skincare. Selain memakai skincare, penuhi juga asupannya dari makanan alami. Beragam jenis makanan seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang biasanya mengandung semua jenis vitamin B. Tetapi, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks.

Ilustrasi Kulit Kering, sumber Medianesia
Ilustrasi Kulit Kering, sumber Medianesia

4. Vitamin C

Secara alami, vitamin ini banyak ditemukan pada lapisan kulit. Mengandung kolagen, vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit dari dalam. Antioksidannya pun mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Berkat kemampuannya dalam mencegah penuaan dini, vitamin C kerap menjadi salah satu bahan utama dalam produk anti aging.

Manfaat lain vitamin C untuk kulit yaitu membantu proses penyembuhan luka dan menyamarkan noda hitam di wajah. Konsumsilah buah dan sayuran seperti, jeruk, paprika, stroberi, kembang kol, dan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen, pilihlah produk vitamin kulit yang bagus dan aman. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter kulit ataupun ahli gizi sebelum benar-benar mengonsumsinya. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan vitamin sesuai dengan kondisi Anda.

5. Glukosamin

Mungkin Anda sering mendengar nama nutrisi ini pada suplemen kesehatan kulit. Kandungan glukosamin akan membantu kulit terhindar dari kulit kendur dan garis halus. Sebuah penelitian mengungkapkan jika asam amino yang berada di glukosamin mampu menurunkan 34% garis halus serta keriput di wajah. Anda dapat mengonsumsi glukosamin sebanyak 1.500 miligram setiap harinya.

6. Coenzyme Q10

Bagi wanita, keriput merupakan salah satu masalah utama yang sering ditemukan ketika berada di usia 30 tahun. Coenzyme Q10 dapat membantu sel mengurangi kerusakan dengan cepat. CQ10 mempunyai peran yang hampir mirip dengan vitamin C. Dosis yang disarankan sebanyak 200 miligram per harinya.

7. Asam Lemak Esensial

Umumnya letak jerawat pada kulit wajah mengindikasikan gangguan kesehatan yang mungkin dialami oleh seseorang. Asam lemak esensial merupakan salah satu nutrisi yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti minyak sayur dan ikan.

Kalau asupan asam lemak pada tubuh dinyatakan kurang, regenerasi kulit akan terhambat dan kulit menjadi kasar dan kusam. Asam lemak ini pun dikatakan bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Makanan Mengandung Vitamin E, sumber Healthy
Makanan Mengandung Vitamin E, sumber Healthy

8. Bakteri Asam Laktat

Bakteri Asam Laktat merupakan salah satu jenis bakteri yang memiliki fungsi utama pada kebaikan kulit. Biasanya, bakteri ini digunakan sebagai nutrisi penyembuhan penyakit saluran pencernaan. Apabila terdapat gangguan pencernaan, umumnya terdapat indikasi ketidakseimbangan nutrisi yang ada pada kulit.

Bakteri Asam Laktat dapat ditemukan pada beberapa nutrisi Vitamin, salah satunya adalah suplemen. Apabila menginginkan produk dengan kualitas yang baik Anda dapat memilih produk dengan kandungan Bakteri Asam Laktat yang tinggi.

Meskipun bakteri asam laktat merupakan vitamin yang baik bagi kulit, usahakan mencari produk yang benar-benar aman, selain itu tidak ada salahnya melakukan konsultasi pada dokter kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah vitamin asam laktat yang Anda konsumsi tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

9. Equol atau Isoflavon

Equol atau Isoflavon merupakan salah satu sumber nutrisi kulit yang dapat ditemukan pada kacang kedelai. Equol mampu mengatasi kulit bermasalah akibat dari menopause. Di sisi lain, Isoflavon merupakan salah satu sumber nutrisi kulit yang digunakan sebagai penyeimbang kadar mineral pada tubuh manusia. Namun, perlu digarisbawahi pula bahwa nutrisi Isoflavon hanya dapat dikonsumsi menggunakan resep dari dokter.

Itu dia berbagai nutrisi dan senyawa alami yang dibutuhkan oleh kulit kita. Lantas, apakah Anda sudah mengerti makanan dan bahan apa saja yang perlu Anda konsumsi agar kulit tetap sehat terjaga? Semoga ulasan ini bermanfaat.

Open chat
Konsultasi via WA?