Pantangan asam urat seolah menjadi hal yang rumit. Padahal pada prinsipnya hanyalah mengikuti prinsip menu makanan clean eating atau yang biasa dilakukan dengan kegiatan diet. Jika diet mengurangi kalori, clean eating bukan hanya sebatas mengurangi kalori tetapi juga makan makanan yang benar-benar bersih dari pantangan asam urat serta diolah dengan cara yang baik.

Selain pantangan asam urat, pada saat yang sama kebanyakan orang merasa bingung dengan perbedaan asam urat dan rematik. Nah, tunggu apalagi, simak berbagai informasinya yang sudah dirangkum oleh tim Ippho Right berikut ini.

Mengenal Asam Urat dan Rematik

Asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat berlebih akibat mengkonsumsi makanan pantangan asam urat. Sehingga ginjal tidak mampu mengeluarkan kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Selain itu asam urat berlebih ini juga bisa tertimbun di ginjal yang dapat memicu terjadinya batu ginjal.

Pohon Mahkota Dewa, sumber Berita Langitan
Mahkota Dewa Obat Asam Urat, sumber Berita Langitan

Dikutip dari Halodoc, penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama. Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Sedangkan rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh.

Terdapat lebih dari 100 jenis rematik dan Prof Handono menuturkan ada 5 jenis rematik yang umum dijumpai oleh masyarakat yaitu :

  • Rematik yang dijumpai sehari-hari seperti nyeri di bahu, pinggang atau leher
  • Rematik yang terjadi pada orang tua yang kebanyakan akibat pengapuran sendi
  • Rematik yang disebabkan oleh asam urat (gout)
  • Rematik yang terjadi karena adanya infeksi
  • Rematik yang disebabkan oleh autoimun dan termasuk jenis yang paling berat dan bahaya yaitu artritis reumatoid.

Rematik merupakan penyakit yang banyak dijumpai di masyarakat, diperkirakan ada lebih dari 90 penyebab penyakit rematik dan salah satunya adalah akibat penumpukan asam urat berlebih di dalam tubuh.

Perbedaan Asam Urat Dan Rematik

Bagian Sendi, sumber Orthopedic
Bagian Sendi, sumber Career Guide

Orang sering salah paham dan menyangka bahwa asam urat (selanjutnya saya sebut asmurat) sama dengan rematik. Memang asam urat termasuk jenis rematik, tapi rematik belum tentu asam urat. Kemiripan diantara kedua penyakit ini membuat sebagian orang menganggap keduanya merupakan penyakit yang sama, padahal sebetulnya tidak.

Banyak orang yang menganggap kedua penyakit ini sama dan karena anggapan kesamaan itu akan membuat pengobatannya menjadi sama. Orang yang mengidap asmurat berarti besar kemungkinan mengidap penyakit rematik, jika orang tersebut mengidap penyakit rematik belum tentu orang tersebut juga mengidap asam urat.

Dikutip dari halaman Alodokter, Secara klinis, perbedaan antara rematik dan asam urat adalah lokasi peradangan yang terjadi. Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh berlebih dan mengendap di sendi, tulang, serta jaringan tubuh. Nyeri pada asam urat biasanya muncul secara mendadak dan dirasakan pada jari-jari atau persendian kaki, baik di salah satu atau kedua kaki

Sementara itu, rematik atau rheumatoid arthritis yang disebabkan oleh peradangan kronis umumnya menimbulkan nyeri pada sendi di kedua sisi tubuh dan disertai dengan kekakuan sendi. Rematik juga terkadang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, dan sensasi panas pada area tubuh yang nyeri. Namun, gejala tersebut juga bisa ditemukan pada penderita asam urat.

Pantangan Asam Urat

Setelah mengetahui perbedaan kedua jenis penyakit di atas tentunya kita pun harus mengetahui bagaimana cara pencegahan dan pantangan penyakit tersebut. Untuk mengetahui apakah rasa nyeri atau ngilu di sendi akibat asam urat atau tidak biasanya dengan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengukur kadar dalam darahnya.

Orang yang mengalami asmurat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti dalam melinjo serta jeroan hewan. Hal ini karena asmurat merupakan hasil dari proses metabolisme zat purin yang berasal dari makanan. Jika seseorang mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi maka secara otomatis kadar asam urat di dalam tubuhnya juga meningkat.

Penderita Asam Urat sebaiknya mengkonsumsi Obat herbal untuk pengobatan serta dianjurkan melakukan diet (pengaturan pola makan) untuk mempercepat proses penyembuhan. Berikut beberapa pantangan yang kami rangkum dari wikipedia :

Kuliner Lezat, sumber Yukepo
Kuliner Lezat, sumber Yukepo
  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi)
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda
  • Bebek, angsa dan kalkun
  • Burung dan kelelawar
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Nah, itu dia berbagai ulasan seputar definisi asam urat dan rematik serta pantangan asam urat. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi kecil Anda dan jangan lupa untuk tetap bertanya kepada ahli kesehatan di sekitar Anda secara langsung. Simak terus berbagai informasi seputar penyakit, obat dan produk british propolis di iphhoright.com.

Open chat
Konsultasi via WA?