Sarapan atau makan pagi merupakan kegiatan mengonsumsi makanan pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 11.00 pagi. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga pilihlah makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah. Ada banyak hal yang berkaitan dengan pentingnya sarapan di pagi hari, salah satunya berkaitan dengan kesehatan tubuh anda.

Banyak dari masyarakat di Indonesia yang melewatkan aktivitas pagi ini dengan alasan terburu-buru untuk bekerja, sekolah, atau bahkan hanya karena malas. Sesibuk apapun aktivitas anda, dianjurkan agar anda tidak melewatkan sarapan hanya karena malas. Dengan sarapan di pagi hari maka anda akan memiliki sumber energi untuk melakukan aktivitas seharian penuh. Sarapan ibaratnya adalah bahan bakar anda untuk mengembalikan energi yang telah terkuras setelah tidur malam yang panjang, dan menyebabkan perut menjadi kosong di pagi hari setelah anda bangun.

Selain sarapan, menjaga stamina dengan olahraga teratur dan mengonsumsi suplemen multivitamin juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Salah satu contohnya anda dapat rutin mengonsumsi British Propolis untuk menambah stamina anda agar semakin prima. Selain itu British Propolis dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang anda alami, misalnya saja seperti diabetes, asam urat, maag, amandel, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Menu sarapan pagi, Sumber : berita.smk-mapen.com
Menu sarapan pagi, Sumber : berita.smk-mapen.com

Manfaat Sarapan Untuk Anda

Untuk sarapan, disarankan bagi anda tidak boleh melewatkannya dan harus selalu menyempatkan setiap harinya. Sebab, sarapan pagi merupakan sumber energi yang dapat melancarkan aktivitas anda seharian penuh. Di bawah ini kami telah merangkumkan beberapa manfaat dari pentingnya sarapan untuk anda ketahui.

1. Menjadi Sumber Energi Harian

Pentingnya sarapan ialah menjadi sumber energi untuk melancarkan berbagai aktivitas anda seharian penuh. Karena, karbohidrat yang anda konsumsi saat sarapan akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Ketika anda tidur di malam hari, kadar glukosa dalam tubuh dapat turun. Tanpa adanya karbohidrat, tubuh tidak bisa mendapatkan asupan glukosa yang cukup, sehingga tubuh anda akan terasa lelah dan melemah. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan, kadar glukosa akan kembali normal dan membuat metabolisme tubuh siap untuk menjalani aktivitas.

Ilustrasi makanan sumber energi, Sumber : hanakobabyshop.com
Ilustrasi makanan sumber energi, Sumber : hanakobabyshop.com

2. Melindungi Tubuh Dari Serangan Penyakit

Menurut sebuah studi, seorang wanita yang memiliki tubuh sehat dan tidak sarapan cenderung memiliki kadar kolesterol jahat (LDL)  lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang sarapan. Ketika anda membiasakan diri untuk sarapan akan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori, jika dibandingkan dengan anda ketika melewatkan sarapan. Manfaat yang bisa anda peroleh dari sarapan pagi tidak hanya itu saja. Selain itu, membiasakan untuk sarapan di pagi hari juga meminimalisir risiko terkenanya penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Ilustrasi seseorang sakit, Sumber : angkaberita.id
Ilustrasi seseorang sakit, Sumber : angkaberita.id

3. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Mengonsumsi sarapan pagi yang sehat dapat membantu tubuh anda untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, misalnya saja seperti folat, kalsium, zat besi, vitamin B, hingga serat. Faktanya, orang-orang yang rutin sarapan pagi akan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dibandingkan dengan mereka yang jarang sarapan. Ketika nutrisi anda dapat terpenuhi secara optimal, maka dapat membantu kerja otak anda agar menjadi lebih fokus dan produktif. Saat anda fokus dan produktif, maka anda akan lebih mudah untuk mengerjakan semua pekerjaan kantor maupun tugas sekolah.

Ilustrasi sumber nutrisi, Sumber : blog.roomme.id
Ilustrasi sumber nutrisi, Sumber : blog.roomme.id

4. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Faktanya sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Sarapan juga baik untuk mendukung program diet yang sedang anda jalani agar dapat dengan cepat kurus. Dengan sarapan, anda tidak akan merasakan lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan pada saat makan siang dapat dihindari. Namun pada saat anda melewatkan sarapan pagi, maka anda akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan yang tinggi kalori tetapi tidak mengenyangkan. Hal tersebut terjadi karena anda merasa lapar.

Selain itu, saat anda rutin sarapan pagi dengan makanan yang sehat akan terhindar dari risiko obesitas. Sebab, sarapan pagi dapat mencegah fluktuasi kadar gula darah besar-besaran dan menghindari rasa lapar yang berlebihan seperti yang telah dibahas sebelumnya. Sarapan pagi juga dipercaya dapat membantu anda menghindari mengonsumsi camilan, yang daopat menyebabkan berat badan anda terus naik.

Ilustrasi menurunkan berat badan, Sumber : sehatq.com
Ilustrasi menurunkan berat badan, Sumber : sehatq.com

Menu Sarapan Sehat Untuk Anda

Menu sarapan dikatakan sehat apabila mengandung biji-bijian utuh seperti sereal gandum utuh, protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda juga dapat mengonsumsi sereal, bubur oatmeal, atau muesli. Namun tetap dipastikan menggunakan campuran topping yang sehat misalnya saja seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi atau ayam, dan buah segar.

Kombinasi dari karbohidrat kompleks, serat, protein, serta sedikit lemak, dapat bermanfaat bagi kesehatan dan membuat anda merasakan kenyang selama berjam-jam. Contoh menu sarapan sehat yang dapat anda konsumsi misalnya saja sebagai berikut:

  • Roti gandum yang dikombinasikan dengan telur mata sapi atau telur ceplok, kemudian tidak ketinggalan ada sayuran, buah-buahan serta susu.
  • Nasi goreng dengan mencampurkan banyak sayuran di dalamnya, serta tambahan telur dadar ataupun telur mata sapi.
  • Bubur ayam, dan jangan lupa menyiapkan buah-buahan misalnya saja pisang.
  • Mie goreng dengan campuran telur, di temani dengan buah-buahan.

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pentingnya sarapan pagi untuk anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda agar tidak melewatkan sarapan pagi. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar obat herbal untuk asam lambung atau informasi lainnya yang dapat anda temukan pada laman website kami.

Open chat
Konsultasi via WA?