Penyakit setidaknya digolongkan menjadi dua, yaitu penyakit akut dan penyakit kronis. Semuanya merupakan gangguan kesehatan yang harus dicegah. Penyakit kronis apa saja yang mungkin dihadapi oleh banyak orang, harusnya bisa dicegah sejak dini.

Penyakit seolah menjadi hal yang pasti kita rasakan pada satu masa di perjalanan hidup kita. Seolah semua orang sudah menetapkan hal ini, yaitu mereka merasa jika sudah tua nanti akan ada berbagai penyakit yang harus dihadapi. Padahal harusnya tidak demikian. Lantas, apa yang perlu dilakukan dan peyakit kronis apa saja yang sering berpotensi pada kita?

Perbedaan Penyakit Akut dan Kronis

Penyakit kronis apa saja dan penyakit akut sekalipun meskipun berbeda sama-sama membuat masalah pada tubuh kita dan menyulitkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Namun, untuk lebih memahami sebagai bagian dari pencegahan, ketahuilah apa itu perbedaan penyakit akut dan penyakit kronis.

Dikutip dari halaman Alodokter.com, Perbedaan akut dan kronis pada penyakit terdapat pada perjalanan penyakitnya. Penyakit dapat dikatakan akut apabila seseorang menderita suatu penyakit dalam waktu relatif singkat, yaitu kurang dari 6 bulan. Salah satu ciri khas penyakit akut adalah gejalanya muncul secara cepat atau tiba-tiba.

Berolahraga, sumber Klikdokter
Berolahraga Untuk Menjaga Kesehatan, sumber Klikdokter

Sementara itu, istilah penyakit kronis digunakan untuk menggambarkan suatu penyakit yang bisa diderita dalam kurun waktu lama, biasanya lebih dari 6 bulan atau bahkan bertahun-tahun. Berbeda dengan penyakit akut yang gejalanya bisa muncul tiba-tiba, penyakit kronis terkadang tidak menimbulkan gejala pada tahap awal dan gejala baru muncul ketika penyakit tersebut mulai memburuk atau semakin parah.

Berbagai Penyakit Kronis

Sebagaimana yang sudah dibahas, penyakit kronis apa saja itu merupakan penyakit yang membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh. Itupun bergantung dari kedisiplinan dan terus menerus melakukan proses pengobatan. Meskipun begitu, penyakit akut juga bukan sesuatu yang lebih baik. Nah, berikut beberapa penyakit kronis yang berpotensi dan perlu dicegah.

1. Kanker

Kanker adalah jenis penyakit kronis dengan angka kematian yang cukup tinggi. Pasalnya, penyakit ini sering kali tidak menimbukan gejala pada tahap awal, sehingga baru terdeteksi ketika kanker sudah memasuki tahap yang berat atau stadium lanjut.

Gejala kanker yang muncul tergantung pada jenis kanker dan organ tubuh yang terkena. Namun, secara umum, penderita kanker biasanya dapat mengalami beberapa tanda dan gejala berupa:

  • Muncul benjolan di bagian tubuh tertentu
  • Nyeri di salah satu bagian tubuh
  • Penurunan berat badan yang drastis tanpa sebab yang jelas
  • Demam berkepanjangan
  • Lemas dan mudah lelah
  • Batuk kronis
  • Mudah memar atau sering mengalami perdarahan secara spontan, misalnya mimisan atau BAB berdarah

Penyakit kronis ini perlu dideteksi sejak dini dengan pemeriksaan skrining kanker. Jika seseorang terdiagnosis kanker, dokter akan mengobati penyakit tersebut dengan kemoterapi, operasi, dan radioterapi. Penentuan jenis penanganan akan disesuaikan dengan kondisi penderita serta jenis dan stadium kanker.

2. Gagal jantung

Gagal jantung merupakan penyakit kronis pada jantung yang membuat jantung membengkak, sehingga mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah. Gejala utama gagal jantung adalah sesak napas, cepat lelah, serta pembengkakan pada tungkai dan pergelangan kaki. Gejala ini dapat berkembang secara bertahap atau terjadi secara tiba-tiba.

Pengobatan gagal jantung dilakukan untuk meredakan gejala dan meningkatkan kekuatan dan fungsi jantung. Untuk mengobati penyakit kronis ini, dokter dapat menyarankan penderita gagal jantung untuk membatasi aktivitasnya, mengurangi asupan cairan dan garam, serta memberikan obat-obatan.

3. Hipertensi

Ilustrasi Kesehatan Jantung, sumber Klik Dokter
Ilustrasi Kesehatan Jantung, sumber Klik Dokter

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke, jika tidak diobati. Penyakit kronis ini umumnya tidak bergejala. Biasanya, gejala hipertensi baru muncul bila tekanan darah penderitanya sudah sangat tinggi. Gejala yang dapat muncul, yaitu sakit kepala, lemas, gangguan penglihatan, nyeri dada, dada berdebar, dan sesak napas.

Penyakit kronis ini bisa dicegah dan diatasi dengan cara menjalani pola gaya hidup sehat, mengurangi asupan garam, dan konsumsi obat antihipertensi sesuai resep dokter.

4. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Penyakit kronis ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami beberapa gejala berupa sering haus dan lapar, sering buang air kecil (terutama di malam hari), pandangan kabur, luka yang sulit sembuh, sering mengalami infeksi, kulit gatal, dan munculnya sensasi kesemutan, perih, atau mati rasa.

Penyakit ini bisa diobati dengan cara menjalani pola makan sehat, menggunakan obat diabetes, dan mempertahankan berat badan ideal.

5. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap dan menetap. Gagal ginjal disebut kronis jika sudah terjadi dalam waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kondisi ini bisa juga diawali dengan gagal ginjal akut yang tidak tertangani.

Gejala gagal ginjal kronis meliputi pembengkakan pada tungkai, nyeri dada, dan tekanan darah tinggi yang tidak terkendali. Secara umum, pengobatan gagal ginjal kronis meliputi pemberian obat-obatan, cuci darah, dan transplantasi ginjal.

Pola Hidup Sehat dengan Tidak Merokok, sumber Halo Dokter
Pola Hidup Sehat dengan Tidak Merokok, sumber Halo Dokter

Lakukan Pencegahan

Penyakit kronis apa saja yang berpotensi selalu dapat dicegah. Ini bukan hanya sebuah pernyataan namun juga peluang yang harus didapatkan. Nah, berikut beberapa cara untuk mencegahnya.

1. Pola Hidup Sehat

Diperlukan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Tubuh kita mampu mentolerir keadaan yang tidak sehat namun tidak dalam waktu yang lama apalagi sering. Jadi, berusahalah sekuat mungkin untuk mengatur pola hidup agar tetap sehat. Misalnya, berada di lingkungan yang udaranya bersih. Selain itu, pola hidup sehat juga tentu saja dengan berolahraga rutin meskipun tidak dalam waktu yang lama.

2. Pola Makan Sehat

Pola makan sehat adalah cara mencegah berbagai macam penyakit lainnya. Pola makan sehat menjadikan tubuh selalu diberikan modal berupa nutrisi yang bagus. Hal ini dapat memperkuat tubuh dari dalam misalnya sistem imun yang menjaga kita dari berbagai penyakit.

3. Kendalikan Stress dan Cukup Istirahat

Stress adalah salah satu kondisi dimana tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit. Selain itu, waktu istirahat yang tidak cukup juga demikian. Semakin sedikit beristirahat misalnya tidur, semakin tidak seimbang metabolisme tubuh. Karena pertumbuhan termasuk perbaikan tubuh dari sakit menuju sembuh biasanya terjadi saat kita tidur. Karena itu, hindari stress dengan berbagai kegiatan positif dan pastikan waktu istirahat yang cukup.

Itu dia berbagai informasi seputar penyakit kronis dan cara mencegahnya. Semoga ulasan ini bisa memberikan kita referensi tambahan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Simak berbagai informasi seputar obat-obatan, kesehatan dan lainnya di ippho.com.

Open chat
Konsultasi via WA?