Batu ginjal termasuk salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Karena penyebabnya sering terlewatkan sedangkan akibat yang dirasakan pada tubuh bisa sampai pada taraf membahayakan. Namun sebelumnya, apa penyebab batu ginjal dan kemungkinan apa yang terjadi jika terdapat batu ginjal di dalam tubuh?

Sebelum membahas berbagai informasi seputar batu ginjal, ippho right merupakan salah satu website yang berisi informasi seputar kesehatan dan pengobatan termasuk produk british propolis. Apakah Anda termasuk salah satu konsumen dari British Propolis atau tertarik dengan produk yang satu ini? Silahkan kunjungi halaman utama ipphoright.com untuk memesan produknya.

Apa itu Batu Ginjal?

Sebelum mengetahui apa penyebab batu ginjal, mungkin Anda sering mendengar istilah yang satu ini. Namun, bagaimana mungkin ada batu yang terdapat di dalam organ tubuh manusia? Apakah karena manusia mengkonsumsi benda keras ini? Nah, ketahui dulu apa itu batu ginjal.

Dilansir dari situs Alodokter, batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal.

Ilustrasi Organ Ginjal, sumber Gaya Tempo
Ilustrasi Organ Ginjal, sumber Gaya Tempo

Contoh zat kimia yang dapat membentuk batu ginjal adalah kalsium dan asam oksalat. Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai bentuk batu. Zat-zat kimia inilah yang seringkali tidak disadari saat dikonsumsi namun ternyata berdampak pada pembentukan batu ginjal didalam tubuh kita.

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dapat terbagi menjadi:

1. Batu kalsium

Batu ginjal yang terbentuk akibat tingginya kadar kalsium di dalam darah merupakan jenis batu ginjal yang paling sering terjadi. Selain diproduksi secara alami oleh hati, kalsium juga bisa didapat dari asupan makanan, seperti sayur, buah, kacang, atau cokelat.

Selain terkait dengan pola makan yang sarat kandungan kalsium oksalat, kadar vitamin D yang terlalu tinggi serta efek samping operasi juga dapat memicu terbentuknya batu kalsium. Selain itu konsumsi obat migrain atau obat antikejang juga berkaitan dengan pembentukan batu kalsium.

2. Batu asam urat

Batu ini terbentuk akibat tingginya kadar asam urat di dalam darah, yang disebabkan oleh makanan yang mengandung tinggi purin, kurang asupan cairan, serta riwayat penyakit asam urat.

3. Batu struvit

Ini merupakan jenis batu ginjal yang dapat terbentuk dan membesar secara cepat, dan penyebabnya adalah infeksi yang berlangsung lama, seperti infeksi saluran kemih. Jenis batu stuvit lebih sering ditemukan pada wanita dibandingkan laki-laki.

4. Batu sistin

Batu ginjal ini termasuk jenis yang paling jarang terjadi, dan penyebabnya adalah sistinuria. Penyakit keturunan ini membuat ginjal mengeluarkan terlalu banyak asam amino.

Ilustrasi Minum Air, sumber Wahdah
Ilustrasi Minum Air, sumber Wahdah

Penyebab Batu Ginjal?

Apa penyebab batu ginjal? Sebagaimana yang sudah diketahui, keberadaan benda ini di dalam organ tubuh manusia ternyata tidak menyehatkan. Bahkan bisa menyebabkan gangguan pada tubuh. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab batu ginjal? Berikut seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Kurang minum air Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari amatlah penting. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan mineral mudah mengkristal. Untuk itu, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuhan air minum atau cairan.

Konsumsi garam berlebih. Makanan yang tinggi garam atau sodium dapat menjadi biang batu ginjal. Oleh karenanya, kurangi penggunaan garam berlebihan dalam asupan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan kalengan, roti, dan makanan yang diawetkan. Makanan bergaram tinggi dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium di ginjal.

Terlalu banyak protein hewani. Daging merah dan kerang merupakan dua jenis makanan yang tinggi protein hewani. Keduanya mampu meningkatkan asam urat, menurunkan kandungan sitrat, serta menambah kadar keasaman pada air seni. Peningkatan asam urat tidak hanya dapat mengakibatkan gangguan asam urat di persendian, tetapi juga menyebabkan batu ginjal.

Konsumsi oksalat yang tinggi. Batu ginjal dapat dibedakan berdasarkan dengan jenis mineral yang membentuknya. Jenis batu ginjal yang paling sering ditemui adalah padatan campuran kalsium dan oksalat yang menyatu ketika ginjal memproduksi air seni. Batu ginjal jenis ini disebabkan konsumsi senyawa oksalat yang berlebih.

Ilustrasi Batu Ginjal, sumber SehatQ
Ilustrasi Batu Ginjal, sumber SehatQ

Makanan tinggi oksalat biasanya dapat ditemui di makanan sehat dan sayur-mayur, seperti bayam, buah bit, belimbing, kacang-kacangan dan sebagainya. Saat mengonsumsi makanan tinggi oksalat, coba nikmati bersama dengan makanan tinggi kalsium. Kalsium dapat membantu tubuh memproses oksalat dan mengikatnya bersama kalsium di pencernaan, dan tidak mengendap di organ ginjal.

Masalah pada pencernaan. Batu ginjal juga biasanya ditemukan pada penderita gangguan pencernaan, seperti penyakit Crohn, penyakit peradangan usus besar, dan kolitis ulseratif. Gangguan pada pencernaan dapat menimbulkan diare dan mengurangi frekuensi buang air kecil. Saat Anda tidak mengeluarkan urine sebanyak biasanya, tubuh dapat menyerap lebih banyak oksalat dari usus yang akan tercampur bersama air seni.

Kondisi medis tertentu. Selain gangguan pada pencernaan, kondisi medis tertentu dapat menjadi penyebab batu ginjal. Penyakit diabetes tipe 2, hiperparatiroidisme, dan asam urat dapat menjadi pemicu batu ginjal.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu. Selain kondisi medis tertentu, mengonsumsi obat-obatan tertentu berupa obat diuretik, antibiotik, obat untuk HIV, dan sebagainya juga berpotensi menjadi penyebab batu ginjal.

Itu dia berbagai penyebab batu ginjal di dalam tubuh. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Konsultasikan kepada ahli kesehatan di sekitar Anda. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

Open chat
Konsultasi via WA?