Kebanyakan orang yang kurang paham dengan bagaimana cara untuk menjaga dirinya agar tetap dalam kondisi sehat, baik sehat fisik atau mental. Padahal pola hidup sehat dan bahagian itu merupakan kunci umur panjang.

Maksudnya adalah, semakin bahagia seseorang, maka semaki besar kemungkinan baginya untuk hidup lebih lama. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda amalkan untuk mendapatkan hidup yang bahagian dan umur yang panjang adalah dengan menerapkan pola hidup yang bagus dan sehat.

Langkah Sederhana Awali Polah Hidup Sehat

Untuk sehat sebenarnya tidak serumit yang kita bayangkan. Sebab, cara untuk itu sangatlah sederhana dan bisa dibilang sepele. Berikut ini kami berikan rangkuman mengenai cara mengawali pola hidup sehat mulai dari sekarang.

1. Hindari Stres

Banyak sebab yang bisa membuat Anda stres. Misalnya, macet di jalan, deadline tugas atau kerjaan yang berat, keuangan yang sekarat, hubungan percintaan yang tidak baik serta berbagai hal lain dalam hidup yang bisa membuat Anda stres.

Ketika Anda mengalami stres, setiap sistem dalam tubuh akan meresponnya dengan respon yang berbeda. Stres yang sifatnya kronis misalnya, bisa berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Untuk sebab itu, Anda harus berusaha sekuat mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari semua hal yang bisa mengarahkan Anda pada kondisi stres. Tentunya Anda lebih tahu hal tersebut dari pada kami bukan!

Kebanyakan orang yang kurang paham dengan bagaimana cara untuk menjaga dirinya agar tetap dalam kondisi sehat, baik sehat fisik atau mental. Padahal pola hidup sehat dan bahagian itu merupakan kunci umur panjang.
Kelola stres, sumber: amp.bernas.id

Anda bisa berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang dilakukan untuk merasa tertekan. Anda juga bisa menepi sebentar jika sedang di jalan. Berusahalah untuk menenangkan diri Anda sambil mengambil nafas dalam-dalam beberapa saat.

Anda perlu melakukan hal tersebut beberapa kali hingga Anda merasa lebih baik atau mulai terasa rileks. Mengambil napas dalam memang telah terbukti bisa membantu menurunkan kadar kortisol yang bisa menstimulasi penurunan stres dan cemas.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivita lain yang Anda senangi. Misalnya makan, main game, membaca novel, bermain dengan hewan peliharaan atau bahkan melakukan hubungan biologis dengan pasangan. Intinya lakukan hal yang menyenangkan.

2. Bijak Memilih Makanan

Tubuh Anda bekerja dengan baik atau tidak, bisa dipengaruhi oleh apa yang Anda makan. Oleh karenanya, penting bagi siapa saja yang ingin mengawali pola hidup sehat untuk memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, apakah sehat atau tidak.

Dan pastikan juga jika makanan tersebut telah memuat prinsip gizi yang seimbang. Di dalamnya sudah ada karbohidrat, serat, protein dan lemak baik. Untuk itu, kami sarankan untuk mengombinasikan jenis makanan dengan jenis pangan lain seperti jagung, ubi, kentang dan lainnya.

Porsi makan perlu juga untuk diperhatikan oleh Anda. Kenapa bagian ini sangat penting? Sebab hal ini bisa mencegah Anda mengalami masalah pada berat badan berlebih atau kegemukan sehingga terserang macam penyakit yang kronis. Sesuatu yang berlebihan pasti hasilnya tidak baik.

Selain selektif dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi, Anda juga harus selektif dalam mengolahnya. Sebisa mungkin hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Sebagai gantinya, bisa Anda rebus, dikukus atau ditumis.

3. Rutin Olahraga

Olahraga itu sebenarnya fleksibel. Olahraga tidak melulu jogging atau pergi ke gym. Anda bisa melakukan aktivitas lain yang dominan menggunakan fisik atau jenis olahraga ringan yang Anda senangi untuk membiasakan diri.

Misalnya membantu istri di rumah, bersepeda, berenang dan lain sebagainya. Apabila Anda lebih menyukai jenis aktivitas yang lebih ringan lagi, maka bisa melakukan jalan santai. Intinya buat tubuh Anda agar tetap aktif setiap hari.

Ketika tubuh aktif bergerak, maka tubuh Anda akan berusaha untuk membakar kalori dan lemak yang mengendap dalam tubuh. Selain itu, hal ini juga bisa membantu dalam mengalirkan lebih banyak oksigen dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Hal tersebut terbukti dengan bugarnya tubuh setelah berolahraga.

Olahraga itu sebenarnya fleksibel. Olahraga tidak melulu jogging atau pergi ke gym. Anda bisa melakukan aktivitas lain yang dominan menggunakan fisik atau jenis olahraga ringan yang Anda senangi untuk membiasakan diri.
Rutin olahraga setiap hari, sumber: klikdokter.com

Untuk Anda yang pekerja kantoran yang tidak sempat untuk berolahraga, jangan khawatir, Anda tetap bisa hidup sehat dengan tetap melakukan aktivitas fisik sederhana untuk memastikan tubuh Anda tetap aktif.

Misalnya, ketika sedang menuju ruangan kantor, cobalah untuk menggunakan tangga manual sekaligus membawa barang bawaan sendiri, untuk menambah beban fisik. Juga bisa meluangkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan naik turun tangga sebelum dan setelah makan siang.

4. Kurangi Konsumsi Gula

Untuk Anda yang suka dengan jenis makanan yang manis, tapi disisi lain ingin melaksanakan pola hidup sehat. Maka, mulai hari ini kami rekomendasikan untuk memulai memanage hal tersebut. Minimal Anda telah memiliki niatan untuk itu.

Kesimpulan ini bukan tanpa sebab. Karena konsumsi gula yang terlalu banyak bisa memicu penyakit diabetes. Dan apabila sudah terkena penyakit ini, Anda akan lebih retan terjangkit penyakit yang lebih kronis lagi di kemudian hari. Misalnya penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu, memang perlu waktu yang lama. Maka, mulailah secara perlahan-lahan, misalnya mulai mengurangi jumlah penggunaan gula pada minuman kopi atau masakan yang biasa Anda konsumsi.

Setelah terbiasa, dalam beberapa saat Anda bisa menghilangkan konsumsi gula tersebut sama sekali dalam apa-apa yang Anda konsumsi dalam hidup Anda. Hindari minuman kemasan, sebaliknya pilihlah buah segar.

Selain sehat, kandungan gula yang ada di dalam buah segar tentu tidak akan sebanyak yang ada dalam minuman kemasan, serta kandungan gula alami pada buah juga tentu berbeda secara diametral dengan gula sintetis yang ada pada produk minuman.

5. Banyak Konsumsi Air Putih

Komposisi tubuh manusia sekitar 60 persennya terdiri dari air. Namun, setiap harinya, cairan tersebut akan terus berkurang melalui keringat, urin atau ketika Anda bernapas. Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya.

Dengan memastikan asupan cairan pada tubuh terpenuhi dengan baik bukan hanya untuk mencegah terjadi dehidrasi, akan tetapi juga menjadi cara yang ampu bagi Anda untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis dari gula.

Komposisi tubuh manusia sekitar 60 persennya terdiri dari air. Namun, setiap harinya, cairan tersebut akan terus berkurang melalui keringat, urin atau ketika Anda bernapas. Itulah mengapa, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan terpenuhi setiap harinya.
Minum cukup banyak air untuk kesehatan, sumber: halodoc.com

Untuk itu Anda bisa membawa botol sendiri ketika beraktivitas di luar rumah. Anda bisa memasukkan botol yang dimaksud ke dalam tas, sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja Anda butuhkan.

6. Tidur yang Cukup

Jika hanya melakukan olahraga rutin dan mengonsumsi makan yang bernutrisi tinggi saja tanpa dibarengi dengan tidur yang cukup. Maka hal tersebut akan menjadi kesia-siaan. Sebab tidur adalah kebutuhan paling dasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur yang cukup adalah sebuah pondasi, di mana tubuh dan pikiran yang sehat dibentuk. Apabila pondasi tersebut goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda. Imun tubuh yang bagus, meningkatnya energi, selera makan, suasana hati sampai berat badan Anda. Durasi tidur idealnya adalah 7-9 jam per malan untuk orang dewasa.

Open chat
Konsultasi via WA?