Propolis dikenal manfaatnya untuk sebagian kebutuhan nutrisi dan pengobatan pada tubuh. Bahkan bagi sebagian kalangan, propolis salah satu yang dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Namun bagaimana manfaat propolis untuk ibu hamil? Benarkah propolis berbahaya untuk ibu hamil atau kehamilan?

Produk propolis bukanlah bahan yang baru-baru ini dikonsumsi. Bahkan berdasarkan sejarah, propolis sudah dikenal sejak zaman Mesir kuno. Namun tentu saja, untuk penelitian modern hanya baru-baru ini dilakukan. Mari simak berbagai ulasan seputar propolis termasuk pengaruhnya pada ibu hamil serta cara pakainya.

Sejarah dan Kandungan Propolis

Keberadaan propolis untuk ibu hamil ternyata bukan baru-baru ini saja. Meskipun produk British Propolis Ippho Santosa memiliki tampilan yang modern. Namun ternyata bahan alami yang didapat dari lebah ini sudah ada sejak masa yang lampau. Bagaiamana sejarahnya?

British Propolis, sumber Ippho.com
British Propolis, sumber Ippho.com

Dilansir dari wikipedia, Awalnya, pendeta Mesir kuno menggunakan propolis sebagai salah satu bahan mengawetkan mumi. Dalam dunia kedokteran Arab, propolis diidentifikasi oleh Ibnu Sina sebagai malam yang berwarna gelap, sebagai sisa kotoran dari sarang. Sementara malam yang berwarna bening dikenali sebagai bahan untuk membuat sarang.

Malam yang berwarna gelap ini diketahui memiliki sifat membersihkan. Namun tertulis juga dalam catatan Ibnu Sina, jika dicium akan menyebabkan bersin. Bangsa Asiria kuno mempercayai propolis sebagai obat untuk melawan kanker dan tumor. Sementara Bangsa Yunani menggunakannya untuk mengobati bisul.

Dalam pengobatan tradisional Georgia, ditemukan salep yang mengandung propolis untuk mengobati beberapa penyakit. Propolis digunakan untuk bayi yang baru lahir atau diusapkan kepada mainannya. Propolis juga digunakan untuk mengobati kutil, jika terjadi gangguan pernapasan, dan juga dalam kasus luka bakar dan angina. Manfaat propolis bisa ditelusuri dari sifat antimikrobanya.

Begitu banyak klaim pengobatan tradisional yang menggunakan propolis, namun khasiatnya di era modern belum bisa sepenuhnya dibuktikan. Karena itu, jika berminat dan ingin mengkonsumsi bahan alami dari lebah ini secara rutin, ikuti terus perkembangan informasinya dari sumber yang terpercaya.

Kandungan dalam Propolis

Propolis mengandung lebih dari 300 senyawa kimia. Kandungan terbanyak adalah senyawa polifenol yang bertugas sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan dan penyakit di dalam tubuh manusia. Salah satu senyawa polifenol ialah flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Namun, komposisi propolis tidak selalu sama di seluruh dunia. Sebab, kandungan propolis sangat ditentukan oleh lokasi lebah, serta jenis pohon dan tumbuhan di suatu negara. Alasan inilah yang membuat para ahli cukup kesulitan dalam menyimpulkan manfaat propolis bagi kesehatan.

Ilustrasi Janin, sumber Detik
Ilustrasi Janin, sumber Detik

Sebagai contoh adalah British Propolis Ippho Santosa. Dilihat dari namanya, propolis ini berasal dari lebah yang hidup di Negara Inggris. Sehingga segala kandungan alaminya berasal dari bermacam tumbuhan dan makhluk lainnya yang dimanfaatkan oleh lebah. Selain dari Inggris, banyak propolis yang juga bersumber dari peternakan lebah yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Manfaat Propolis Untuk Ibu Hamil

Dilansir dari halaman Klik Dokter, seputar propolis untuk ibu hamil menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong yang merupakan health educator dan communicator, sampai saat ini, manfaat dari propolis masih simpang siur. Hal ini karena masih sedikitnya akses penelitian terhadap produk lebah yang satu ini.

“Sejauh ini, literatur yang membahas manfaat propolis untuk ibu hamil masih terbatas. Kebanyakan masih penelitian terhadap hewan (tikus), sehingga belum dapat disimpulkan apakah sepenuhnya aman atau tidak untuk ibu hamil,” tegas dr. Sepriani.

Faktanya, selama ini propolis lebih banyak dikaitkan dengan manfaatnya dalam industri kecantikan. Propolis kerap digunakan dalam perawatan kulit untuk mengobati berbagai keluhan. Mulai dari dermatitis, jerawat, hingga meredakan bisul.

Aturan Mengkonsumsi Untuk Ibu Hamil

Mengingat belum ada penelitian sahih yang mengungkap manfaat propolis untuk ibu hamil, konsumsinya mesti diperhatikan. Jika ditanya boleh atau tidak konsumsi propolis saat hamil, jawabannya tergantung dari kondisi tubuh ibu hamil. Selama ibu hamil tidak memiliki keluhan alergi, produk lebah dan madu dianggap aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

British Propolis, sumber Tokopedia
British Propolis, sumber Tokopedia

“Boleh saja kalau mau mengonsumsi (propolis). Tetapi, pastikan tidak ada alergi terhadap madu atau produk lebah lainnya, serta diskusi dulu dengan dokter kandungannya,” ungkap dr. Sepriani.

Penting untuk digaris bawahi, mengonsumsi propolis saat hamil mesti didiskusikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan yang merawat sang ibu. Hal ini untuk memastikan kondisi tubuh, serta menentukan dosis propolis yang sesuai.

Hindari mengonsumsi propolis sembarangan atau secara berlebihan, karena dikhawatirkan akan meningkatkan risiko efek samping yang merugikan kesehatan. Pastikan pula ibu hamil hanya membeli produk propolis yang memiliki label BPOM, agar keamanannya lebih terjamin.

Manfaat propolis untuk ibu hamil masih bersifat abu-abu, alias belum dapat dipastikan secara medis. Namun, tak ada salahnya jika ibu ingin mengonsumsinya, asalkan terlebih dahulu dikonsultasikan kepada dokter.

Nah, itu dia berbagai informasi seputar propolis dan manfaatnya serta aturan pakai propolis untuk ibu hamil. Pastikan agar penggunaan obat dan suplemen apapun agar sesuai dengan kondisi tubuh dan lebih baik lagi jika berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Semoga selalu aman dan menjadikan tubuh semakin sehat.

Untuk Anda yang aman mengkonsumsi propolis dan merasakan manfaatnya secara langsung, cobalah produk British Propolis. Berbagai manfaat dan kegunaannya bisa Anda lihat di halaman ippho.com. Semoga informasi ini bisa memberikan referensi penggunaan obat kepada Anda dan simak terus berbagai informasi menarik seputar kesehatan, produk obat-obatan dan tips kesehatan di halaman ippho.com.

Open chat
Konsultasi via WA?