Selama berada di komunitas British Propolis (BP), pernah melihat The Founder mengantuk dan menguap?

Belum ya..😁

Kira-kira, apa ya resep beliau, kok bisa seperti itu?

Saat beliau tampil selalu bersemangat baik offline maupun online. Sama baiknya, sama semangatnya. Ini contoh yang sangat baik untuk ditiru dan diteladani.

Bila saya perhatikan, salah satu resep beliau selalu segar-bugar, sangat berkaitan dengan aktifitas olahraga yang intens. Sehingga kebugaran tubuh sangat prima. Hasilnya, seperti yang kita saksikan. Saat beliau tampil, belum pernah didapati menguap, tampang kuyu, mata sayu. Apalagi tertidur. Beliau selalu bersemangat, wajah cerah + glowing. Tul apa betul?

Dan ternyata, selalu bersemangat termasuk kunci sukses di BP selain fokus. Semangat belajar dan praktik. Dan tentunya, semua bisa berjalan dengan baik bila tubuh kita selalu bugar.

Saat tubuh dalam kondisi bugar, energi bertambah dan mood selalu positif. Sebaliknya, bila tubuh dalam kondisi loyo, maka kurang bertenaga, dan mood cepat berantakan ke arah yang negatif.

Karena itu pastikan tubuh kita siap diajak fight, kuat ‘mengendarai’ dalam mencapai target dan impian.

Kalau boleh menganalogikan, BP seperti kendaraan balap MotoGP. Kita adalah pembalapnya. Seorang pembalap, sebelum terjun membalap, harus dipastikan dalam keadaan fit dan bugar. Karena, dalam perjalanannya akan banyak energi, membutuhkan kefokusan sangat tinggi untuk memenangi perlombaan. Agar target tercapai, bisa memenangi perlombaan, maka penting bagi kita memastikan tubuh dalam keadaan fit dan segar-bugar.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Plasticity, menunjukkan ada perubahan suasana hati ketika seseorang berolahraga dan memiliki kaitan erat dalam penurunan tekanan stres dan emosi negatif.

Olahraga intens dapat memicu otak melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin. Endorfin bertugas “mengirim pesan” kepada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit dan juga mengurangi stres.
Dampak positif pada endorfin pada tubuh ditafsir memiliki efek yang sama dengan morfin. Euforia yang ditimbulkan setelah olahraga membuat tubuh merasa lebih berenergi dan bersemangat.

Artinya, semangat, mood bisa dibangun melalui olahraga yang intens.

Bila selama ini ada diantara teman merasa kurang bergairah, maka segeralah berolahraga..

Sekedar mengingatkan, olahraga sama seperti halnya tidur. Tidak bisa diwakilkan, apalagi diwariskan. 🤔

Hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri. Manfaatnya, juga diri kita yang merasakan.

Tips memilih olahraga yang tepat, pilih olahraga yang membuat diri kita enjoy, tidak beresiko cidera. Dan setelahnya, muncul rasa gembira.

Seperti saya pribadi, memilih trampolin sebagai teman berolahraga dari rumah. Ngga hanya rupiah yang dicetak dari rumah. Olahraga pun, bisa dari rumah. Hehehe.

Kenapa saya pilih trampolin?

Meloncat-loncat di trampolin bukan saja mengembalikan kegembiraan di masa kecil. Olahraga ini mendatangkan manfaat yang sama dengan lari tetapi tak sesulit melakukan olahraga lari. Begitu kata studi baru yang dilakukan American Council on Exercise.

Bahkan, olahraga di trampolin selama 10 menit setara dengan 30 menit berlari. 🤩

Dikutip dari Media Indonesia, olahraga trampolin memiliki banyak manfaat lain yang sudah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Antara lain, memperbaiki sirkulasi baik sirkulasi pembuluh darah maupun jaringan limfatik sehingga dapat berdampak pada peningkatan sistem imun tubuh, menurunkan inflamasi, dan detoksifikasi. Detoksifikasi ialah sistem pengeluaran racun dari tubuh. Organ yang berperan ialah hati, ginjal, kulit, dan kandung empedu. Dalam proses perjalanan proses detoksifikasi ini dibutuhkan sirkulasi pembuluh darah maupun sistem limfatik yang baik.

Manfaat seperti inilah yang kita butuhkan. Makin sehat, happy setelahnya, dan tubuh semakin bugar. Sehingga, saat menjalankan bisnis BP, selalu bersemangat dan berenergi. Mood selalu positif dan terjaga. Sehingga produktifitas bisa meningkat.

Nah, sekarang terbongkar sudah rahasia sukses di BP. Yaitu, selalu bersemangat. Agar semangat terjaga, mood selalu oke, maka harus berolahraga.

Sip ya. Selamat praktik. Semoga bermanfaat.

Salam,

Yoga Swandi.

Open chat
Konsultasi via WA?