Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Pemicu terbesar seseorang dapat mengalami kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang tidak sehat. Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah besar dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kolesterol. Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus segera diobati agar tidak semakin parah. Ada beberapa rekomendasi obat herbal kolesterol yang bisa anda coba untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tidak memandang usia, bahkan dari usia anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua dapat dengan mudah mengalami kolesterol tinggi. Anda dapat mengurangi risiko terkena kolesterol dengan mengatur pola makan anda. Kebanyakan orang yang memiliki berat badan berlebih akan lebih rentan terkena kolesterol, karena pola makan yang tidak sehat. Jika anda termasuk orang yang memiliki berat badan yang berlebih, mulai sekarang disarankan anda untuk menurunkan berat badan dengan melakukan diet sehat.

Menghindari makanan yang berminyak juga dapat mengurangi risiko naiknya kadar koleterol dalam darah anda. Ada beberapa tanda-tanda kolesterol tinggi yang harus anda waspadai, misalnya saja seperti mudah lelah, lebih cepat mengantuk, nyeri pada kaki, hingga pada bagian tengkuk leher anda terasa pegal-pegal. Jika anda mengalami gejala tersebut, alangkah lebih baiknya mulai melakukan tes darah untuk mengecek kadar kolesterol anda. Apabila hasil tes menyatakan kolesterol darah anda tinggi, maka harus segera ditangani.

Ilustrasi obat herbal kolesterol, Sumber : reddoorz.com
Ilustrasi obat herbal kolesterol, Sumber : reddoorz.com

Obat Herbal Untuk Mengatasi Koleterol Tinggi

Ada berbagai rekomendasi obat herbal kolesterol yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Dengan mengonsumsi obat herbal secara rutin dapat membantu memulihkan kadar kolesterol anda menjadi normal kembali.

1. Propolis

Propolis merupakan obat herbal yang banyak dikonsumsi masyarakat karena khasiatnya yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu produk propolis yang baik digunakan untuk mengobati kolesterol adalah British Propolis Ippho Santosa. British Propolis merupakan produk yang berstandar Inggris dan sarat dengan kandungan flavonoidsnya.

Ada 2 jenis dari British Propolis ini, yaitu British Propolis Reguler dan British Propolis Green. British Propolis Reguler merupakan propolis dengan kandungan flavonoids 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan propolis biasa. Sedangkan British Propolis Green merupakan propolis yang diperuntukkan untuk anak-anak yang berusia 1 hingga 12 tahun sehingga aman dikonsumsi. Selain itu dilengkapi dengan rasanya yang nikmat sehingga disuka oleh anak-anak. Perhatikan pula cara mengkonsumsi propolis yang tepat, agar propolis dapat bekerja secara optimal.

British Propolis ini selain membantu mengatasi masalah kolesterol, juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, daya tahan/kekebalan tubuh. Selain itu juga mampu membantu mengatasi masalah kesehatan lain, seperti diabetes, asam urat, sakit saat PMS, dan lain sebagainya. Jika anda ingin membeli produk ini, maka ikutilah panduan cara order yang dapat anda temukan pada laman web kami.

British propolis, Sumber : ipphoright.com
British propolis, Sumber : ipphoright.com

2. Sari Cuka Apel

Kandungan serat larut yang terdapat di sari cuka apel ini dapat membantu menyerap kolesterol jahat serta lemak yang mengendap dalam tubuh. Serat larut pada sari cuka apel juga menambahkan massa yang mampu membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga ketika anda mengonsumsi sari cuka apel ini dapat membantu anda untuk mengurangi porsi makan. Sari cuka apel juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantu mengeluarkan dengan sendirinya dari dalam tubuh.

Untuk caara mengonsumsi sari cuka apel ini, anda dapat mencampurkan segelas air dengan satu sendok teh sari cuka apel organik. Aduk hingga larut sampai air tadi menyatu dengan sari cuka apel. Anda dapat mengonsumsi dua hingga tiga kali sehari selama satu bulan secara rutin.

Sari cuka apel, Sumber : lifestyle.kompas.com
Sari cuka apel, Sumber : lifestyle.kompas.com

3. Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya saja membantu tubuh mengendalikan kadar kolesterol. Kadar kolesterol jahat yang tinggi merupakan faktor utama yang menyebabkan risiko terkenanya penyakit jantung. Jenis kolesterol ini menjadi pemicu aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak di arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa madu mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan dapat menekan kolesterol jahat.

Madu, Sumber : klikdokter.com
Madu, Sumber : klikdokter.com

4. Seledri

Daun seledri merupakan salah satu bahan makana yang sering digunakan sebagai campuran makanan khas Indonesia. Seledri diyakini mampu menurunkan hipertensi dan kadar kolesterol pada tubuh. Dikarenakan seledri mengandung ekstrak heksana yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol di dalam seledri dapat membuat sirkulasi darah meningkat, sekaligus mengatasi peradangan yang ada di pembuluh darah. Untuk membantu mengatasi kolesterol yang tinggi, anda dapat mengonsumsi jus seledri setiap harinya sebanyak 1 gelas.

Seledri, Sumber : grid.id
Seledri, Sumber : grid.id

5. Ketumbar

Ketumbar biasanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan dan menambah aroma masakan agar lebih menggoda. Selain itu ternyata ketumbar dapat digunakan sebagai obat penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Di dalam biji ketumbar mengandung beberapa jenis asam yang efektif untuk membantu mencegah pengendapan kolesterol dalam darah. Air ketumbar dapat kita minum untuk membantu menurunkan kolesterol jahat.

Cara mengonsumsi ketumbar ini juga cukup mudah, dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Anda hanya tinggal memasak dua sendok ketumbar dengan air yang mendidih, setelah itu disaring. Konsumsi air ketumbar dua kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Anda juga dapat menambahkannya dengan sedikit madu sebagai pemanis rasa.

Ketumbar, Sumber : guesehat.com
Ketumbar, Sumber : guesehat.com

6. Vitamin C

Obat herbal untuk mengatasi kolesterol juga dapat anda temukan dengan memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin C berperan sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah inflamasi di dalam tubuh. Ada banyak sumber vitamin C yang dapat anda konsumsi. Misalnya saja seperti, jeruk, lemon, anggur, kiwi, nanas, dan lain sebagainya. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, yang dapat anda temukan di pasaran.

Ilustrasi vitamin C alami, Sumber : review.bukalapak.com
Ilustrasi vitamin C alami, Sumber : review.bukalapak.com

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rekomendasi obat herbal kolesterol. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar penyebab batu ginjal atau informasi lainnya yang dapat anda temukan pada laman website kami.

Open chat
Konsultasi via WA?