Royal jelly merupakan salah satu produk lebah selain madu yang juga banyak manfaatnya. Jika banyak orang yang hanya mengetahui madu sebagai produk lebah, hewan pekerja yang satu ini juga sebenarnya memiliki produk yang juga dihasilkan bersamaan dengan produksi madunya. Nah, salah satunya adalah royal jelly.

Mungkin Anda pernah mendengar British Propolis yang merupakan merk produk propolis yang berasal dari lebah Inggris. Propolis semacam lem yang juga berasal dari bagian tumbuhan yang dibawa oleh lebah ke sarangnya. Produk propolis dari lebah ini bahkan sudah digunakan lama oleh manusia sejak zaman mesir kuno. Lantas, bagaimana dengan royal jelly?

Apa itu Royal Jelly?

Royal jelly adalah zat yang disekresikan oleh lebah pekerja untuk digunakan sebagai makanan ratu lebah dan larva lebah madu. Zat ini berguna untuk membantu sang ratu lebah dalam proses ‘prokreasi’ dan memberikan makanan kepada larva lebah madu supaya dapat berkembang secara maksimal. Royal jelly memiliki kandungan asam amino, gula, lipid, vitamin, zat besi dan kalsium.

Meskipun semua produk lebah memiliki manfaat untuk kesehatan, namun royal jelly dipercaya memiliki manfaat tersendiri. Karena memang meskipun sama-sama diambil dari tumbuhan, namun produk-produk lebah ini berbeda satu sama lainnya antara madu, bee pollen, propolis dan royal jelly. Perbedaan keempat produk lebah tadi yaitu :

Royal Jelly, sumber Media Indonesia
Royal Jelly, sumber Media Indonesia

Madu

Ketika serbuk sari dan nektar bunga sudah bercampur dengan enzim pencernaan lebah, itu akan menghasilkan madu. Mirip seperti bee pollen, kandungan madu terdiri atas antioksidan, karbohidrat, dan gula alami. Di antara banyaknya produk hasil lebah, madu yang paling populer dan lazim digunakan. Khasiat madu sudah dikenal sejak lama sebagai obat peradangan dan untuk mencegah penyakit, terutama yang berhubungan dengan bakteri dan virus.

Bee Pollen

Bee pollen adalah berbagai serbuk sari dan nektar dari berbagai tanaman yang diangkut oleh lebah untuk diproses sebagai bahan yang nantinya menjadi madu. Sehingga bisa juga dikatakan bee pollen merupakan hasil berburu lebah dari berbagai tanaman yang dijumpainya untuk dibawa pulang ke sarangnya.

Propolis

Propolis terbentuk dari beeswax (lilin lebah), kotoran lebah, dan getah pohon. Propolis biasanya berfungsi sebagai lem atau pelapis ketika lebah membuat sarang. Kendati begitu, bahan alami ini bisa memberikan manfaat buat kesehatan manusia. Sebab, kandungan propolis diperkaya oleh berbagai mineral dan vitamin. Sebanyak 16 asam amino ada di dalamnya. Beberapa penelitian sudah melaporkan bahwa propolis dapat mengatasi herpes dan infeksi saluran pernapasan atas.

Royal Jelly

Royal jelly merupakan sekresi susu yang dihasilkan oleh lebah madu pekerja. Cairan berwarna putih kental itu sebenarnya menjadi makanan utama ratu lebah. Sebanyak 70 persen komposisinya adalah air.

Manfaat Royal Jelly

Lantas, karena berbeda antara madu, bee pollen, propolis dan royal jelly, apa manfaat dari royal jelly. Mungkin informasi seputar ini sudah diketahui sebagian orang, karena royal jelly memang produk herbal yang dijual di pasaran. Untuk lebih akurat, berikut manfaat royal jelly yang dilansir dari situs SehatQ.

1. Menurunkan kadar kolesterol

Penurunan kadar kolesterol dapat berdampak dalam berkurangnya risiko terkena penyakit jantung. Salah satu manfaat royal jelly adalah dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ilustrasi Berbagai Produk Lebah, sumber Tribunnews
Ilustrasi Berbagai Produk Lebah, sumber Tribunnews

2. Mengurangi tekanan darah

Selain melindungi organ jantung melalui kelebihannya dalam menurunkan kadar kolesterol, manfaat royal jelly lainnya adalah mengurangi tekanan darah yang juga menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Protein tertentu yang terkandung dalam royal jelly dipercaya dapat menghaluskan sel otot di pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah.

3. Mengatasi mata kering yang kronis

Manfaat royal jelly dalam mengatasi mata kering bukan dengan cara diteteskan ke mata, melainkan dikonsumsi secara oral. Hal ini karena royal jelly ditemukan dapat meningkatkan pengeluaran air mata dan mencegah mata kering.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat royal jelly bagi kesehatan dikarenakan Kandungan glikoprotein dan asam lemak dalam royal jelly yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko tubuh terserang infeksi bakteri dan virus.

5. Meringankan efek menopause

Saat wanita mengalami menopause, terdapat berbagai dampak dari kondisi tersebut, seperti depresi, kecemasan, gangguan memori, dan sebagainya. Manfaat royal jelly dalam mengatasi menopause adalah meningkatkan memori serta mengurangi kecemasan dan depresi.

6. Mengatur kadar gula darah

Royal jelly dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah dengan mengurangi peradangan dan oksidasi dalam tubuh. Meskipun demikian, manfaat royal jelly dalam mengatur kadar gula darah masih membutuhkan riset lebih lanjut dan karenanya penderita diabetes masih perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi royal jelly.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Royal jelly yang dioleskan pada luka ataupun dikonsumsi secara oral dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi peradangan pada kulit. Lebih menariknya lagi, royal jelly secara ilmiah juga digunakan oleh dokter spesialis bedah plastik untuk menangani kasus luka bakar. Manfaat royal jelly yang satu ini juga disokong dengan kandungan antibakterinya yang dapat mencegah infeksi pada luka.

Royal Jelly, sumber Wanista
Royal Jelly, sumber Wanista

8. Meningkatkan kinerja otak

Studi pada tikus menemukan bahwa royal jelly dapat meningkatkan fungsi otak dengan menurunkan hormon stres, meningkatkan memori, dan mengurangi depresi. Bahkan pada sebuah percobaan royal jelly juga ternyata mampu menghilangkan senyawa dalam otak yang dianggap sebagai pemicu dari penyakit Alzheimer pada kelinci.

9. Mengurangi efek samping dari pengobatan kanker

Manfaat royal jelly yang cukup menjanjikan adalah khasiatnya dalam mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, seperti gangguan pencernaan, risiko peningkatan penyakit jantung, dan sebagainya.

10. Mengatasi premenstrual syndrome (PMS)

Tidak hanya mengurangi dampak dari menopause, manfaat royal jelly lainnya adalah mampu mengatasi gejala dari PMS yang umum muncul sebelum wanita mengalami menstruasi. Meskipun sudah ada riset yang telah mendukung manfaat-manfaat royal jelly yang telah disebutkan di atas, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan khasiat dari royal jelly bagi kesehatan manusia.

Nah, itu dia beberapa manfaat royal jelly yang merupakan salah satu produk dari lebah. Ketahui juga berbagai informasi seputar propolis serta informasi seputar madu di halaman ipphoright.com. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Open chat
Konsultasi via WA?