Asam lambung atau sering disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa seperti terbakar di dada yang diakibatkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung ini biasanya muncul minimal 2 kali dalam seminggu. Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki gejala penyakit ini, maka simaklah pembahasan mengenai tips mengatasi asam lambung di bawah ini.

Asam lambung yang naik atau penyakit asam lambung ini bisa dialami oleh semua golongan usia, dari orang dewasa maupun anak-anak sekalipun. Gejala dari asam lambung ini sering diduga sebagai awal mula serangan jantung atau penyakit jantung koroner, karena gejalanya yang dinilai hampir sama dengan nyeri dada. Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, namun penyakit asam lambung ini perlu ditangani dengan benar agar tidak menimbulkan komplikasi.

Gejala utama yang sering dirasakan ketika asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di bagian dada atau biasa disebut dengan heartburn. Apalagi gejala ini terasa bertambah parah setelah selesai makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan lain sepert gangguan pencernaan misalnya sering bersendawa, mual dan muntah, diare, dan sesak napas. Penyakit asam lambung ini juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Tips mengatasi asam lambung, Sumber : cermati.com
Tips mengatasi asam lambung, Sumber : cermati.com

Cara-Cara Mengatasi Asam Lambung

Ada berbagai tips mengatasi asam lambung yang dapat anda lakukan untuk menanggulangi asam lambung. Jika ditangani dengan cara yang benar, maka penyakit asam lambung ini tidak akan menimbulkan komplikasi serius pada kesehatan tubuh anda. Di bawah ini British Propolis telah merangkumkan cara-cara mengatasinya untuk anda.

1. Menurunkan Berat Badan

Bila anda memiliki terlalu banyak lemak perut yang mengendap, maka dapat mengakibatkan tekanan di perut anda bisa menjadi sangat tinggi. Hal tersebut dapat membuat sfingter esofagus (kerongkongan) bagian bawah terdorong naik ke atas, menjauhi penyangga diafragma. Kondisi tersebut dikenal dengan nama hernia hiatus. Diafragma merupakan otot yang terletak di bagian atas perut anda.

Secara umum untuk orang sehat, diafragma ini secara alami akan memperkuat sfingter esofagus bagian bawah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, otot tersebut dapat mencegah asam lambung yang berlebihan bocor masuk ke kerongkongan. Maka dari itu dengan menurunkan berat badan, dapat membantu mengatasi masalah asam lambung ini. Anda dapat mengurangi lemak di perut dengan cara olahraga yang rutin, dan menghindari makanan berlemak.

Ilustrasi menurunkan berat badan, Sumber : alodokter.com
Ilustrasi menurunkan berat badan, Sumber : alodokter.com

2. Hindari Makan Berlebihan

Asam lambung dapat terjadi apabila terjadi banyak tekanan pada bagian otot, yang menyebabkan asam masuk melalui lubang. Oleh sebab itu tidak mengherankan apabila sebagian besar gejala dari asam lambung terjadi setelah anda makan. Selain itu makan dalam jumlah besar yang berlebihan juga dapat memperburuk gejala asam lambung ini. Maka dari itu, salah satu langkah pencegahan yang dapat membantu meminimalisir asam lambung ini ialah menghindari makan dalam jumlah besar yang berlebihan.

Tidak hanya menghindari makan yang berlebihan, anda juga harus makan dengan cara perlahan dan tidak terburu-buru. Makan dengan perlahan juga dapat membantu mengurangi gejala yang diakibatkan dari asam lambung ini. Akan lebih baiknya anda makan sedikit namun sering, sehingga dapat membantu anda untuk menghindari makan berlebih.

Ilustrasi makan berlebihan, Sumber : idntimes.com
Ilustrasi makan berlebihan, Sumber : idntimes.com

3. Hindari Minum Jus Jeruk Terlalu Banyak

Buah jeruk mempunyai kadar keasaman yang sangat tinggi sehingga dapat mengiritasi dinding lambung. Karena kadar asam yang tinggi pada jeruk bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit seperti nyeri atau rasa terbakar di bagian ulu hati, mual, dan perut kembung, terutama bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Tetapi Keasaman dari buah jeruk nampaknya bukanlah satu-satunya faktor yang berkontribusi terhadap gejala asam lambung ini.

Jus jeruk dengan pH yang netral juga dapat memperburuk gejala. Karena jus jeruk tidak dapat melemahkan sfingter esofagus bagian bawah, namun ada beberapa kemungkinan dapat mengiritasi lapisan esofagus. Walaupun kemungkinan jus jeruk kecil untuk menyebabkan asam lambung, namun minuman tersebut dapat memperparah rasa seperti terbakar di bagian dada atau heartburn.

Jus jeruk, Sumber : lifestyle.kompas.com
Jus jeruk, Sumber : lifestyle.kompas.com

4. Membatasi Mengonsumsi Minuman Karbonasi

Saat berada dalam cuaca panas yang terik, biasanya akan merasakan haus dan terpikir ingin meminum minuman dingin yang menyegarkan. Mungkin salah satu pilihan yang terlintas adalah minuman karbonasi. Namun di balik rasa segar dari minuman berkarbonasi ini, terdapat dampak yang buruk bagi tubuh anda. Salah satu dampak buruknya ialah membuat asam lambung naik.

Mengonsumsi minuman karbonasi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan asam fosfat bahan utama soda ini dapat merusak lambung dan lapisan kerongkongan. Untuk kerusakan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit esofagus, bahkan kanker. Jadi akan lebih baiknya anda membatasi minum minuman karbonasi ini atau malah menghindarinya, demi kesehatan tubuh anda.

Minuman karbonasi, Sumber : sehatq.com
Minuman karbonasi, Sumber : sehatq.com

5. Hindari Minum Kopi Berlebihan

Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam serta peradangan pada lambung. Selain itu, kafein juga dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah. Sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD). 

Tidak hanya kafein pada kopi biasa, bahkan kopi dekafein (mengandung tingkat kafein yang rendah) sekalipun, terbukti dapat merangsang produksi asam. Apalagi mengonsumsi kopi ketika perut sedang kosong, hal tersebut dapat meningkatkan keasaman pada perut. Pada akhirnya akan menyebabkan perut terasa mulas serta terjadi gangguan pada pencernaan. 

Minum kopi, Sumber : majalah.ottencoffee.co.id
Minum kopi, Sumber : majalah.ottencoffee.co.id

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengatasi asam lambung. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda yang sedang mengalami masalah asam lambung. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips diet yang sehat atau informasi lainnya, yang dapat anda temukan pada laman website kami.

Open chat
Konsultasi via WA?